Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Setelah Dipamerkan, Yamaha E01 Akan Masuk ke Segmen ‘Mid Range’

Yamaha E01.
Yamaha E01. (Sumber: Autofun)

Setelah dipamerkan di acara IIMS Hybrid 2022 beberapa waktu lalu, Yamaha E01 rencananya masuk ke segmen ‘mid range’.

Autos.id – Pihak Yamaha kabarnya akan melakukan uji coba motor listrik Yamaha E01 tahun ini di Indonesia, dimana untuk memantau keunggulannya dan memastikan apakah sesuai dengan pasar Tanah Air.

Pihak PT Yamaha Indonesia Motor Mfg yang diwakili oleh Antonius Widiantoro selaku Asst General Manager Marketing – Public Relation, motor listrik Yamaha terbagi tiga kategori:

Yamaha E01 diperkenalkan ke publik.

Yamaha E01 diperkenalkan ke publik. (Sumber: Yamaha-Motor.co.id)

  • short range
  • mid range
  • long range

Dimana tiga kategori yang disebutkan di atas memiliki perbedaan atas dasar jarak tempuh, dengan Yamaha E01 masuk kategori ‘mid range’ karena dalam sekali pengisian daya mampu menempuh jarak hingga 104 kilometer (dalam kondisi ideal).

Dengan demikian, maka perlu pengujian lebih lanjut untuk mengetahui apakah kondisi cuaca, suhu dan juga lingkungan di Indonesia akan mempengaruhi jarak tempuh untuk sekali pengisian daya.

Kemudian dikutip dari berbagai sumber, Yamaha 01 memiliki tiga mode berkendara dengan penjelasan sebagai berikut:

  • Mode Power: Dapat mengeluarkan tenaga secara maksimal dan juga torsinya, yaitu sebesar 8,1 kW dan torsi 30,2 Nm. Kecepatannya juga bisa menyentuh 100 kpj.
  • Mode Standar: memiliki tenaga maksimal seperti mode Power dengan torsi berkurang menjadi 24,5 Nm. Akan tetapi kecepatan maksimal setara dengan mode Power.
  • Mode Eco: Tenaga maksimal 5,4 kW dan torsi mencapai 21,4 Nm.

Pengisian daya Yamaha E01.

Pengisian daya Yamaha E01. (Sumber: Jawapos)

Diluar tiga mode di atas, Yamaha 01 memiliki mode Reverse atau mundur, dimana mode ini hanya dapat melaju 1 kpj karena memang fungsinya untuk memundurkan kendaraan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Yamaha sedang mengembangkan teknologi yang membuat motor tidak akan jatuh saat melaju. Autos.id – Salah satu produsen otomotif ternama asal Jepang, Yamaha, kabarnya sedang...

Berita Otomotif

Dalam acara EICMA bulan November ini, Kymco memamerkan motor sport listrik baru yang desainnya membuat merinding. Autos.id – Kymco membuat gebrakan di acara otomotif...

Berita Otomotif

Benelli luncurkan motor terbaru dengan nama TRK 800 yang bisa jadi penantang sejumlah merek terkenal. Autos.id – Benelli akhirnya meluncurkan TRK 800 yang akan...

Berita Otomotif

Dragster 500GP adalah motor listrik ‘buas’ terbaru yang dipamerkan oleh Italjet. Autos.id – Saat acara otomotif internasional EICMA 2022 di kota Milan, Italia, Italjet...