Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Intip Perjalanan Yamaha RX-King, Raja Jalanan Tahun 80-90an

Sejarah Yamaha RX-King
Yamaha RX-King

Sejarah Yamaha RX-King sebagai motor idola di tahun 1980-1990an tak bisa dilupakan begitu saja oleh pecinta motor jadul yang kini menjadi barang koleksi.

Jakarta, Autos.id  –  Berbicara tentang Yamaha, tidak mungkin lepas dari cerita legendaris sejarah RX-King. Ya, seri RX yang dikenal sebagai motor yang cepat, lincah, dan memiliki suara yang khas. Mungkin Anda hanya familiar dengan RX King Cobra. Wajar saja karena motor ini memang paling fenomenal. Yamaha RX-King pun tetap bisa menjadi kebanggaan pemiliknya, baik yang original maupun yang sudah dimodifikasi. Kemegahan sang raja jalanan pada masanya ini menjangkau komunitas pecinta motor jadul Yamaha sebagai kuda mesin tepercaya. Dan RX-King juga dipercaya sebagai tunggangan yang memiliki nilai prestasi sekaligus gengsi sang pemilik.

Sulit menunjuk model motor Yamaha yang bisa menggeser popularitas RX-King khususnya di kalangan masyarakat Indonesia. Desain RX-King terlihat sangat sederhana dengan striping yang sederhana dibandingkan dengan motor yang rilis bersamaan dengan dia. Berdasarkan perjalanan sejarah Yamaha RX-King, motor ini tidak ada duanya, dia adalah legenda fenomenal di dunia sejarah jalanan.

Sejarah Yamaha RX-King di Indonesia

Sebenarnya seri RX telah mengalami evolusi berkali-kali sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 1977. Hingga mereka pada akhirnya menjadi cikal bakal RX-King yang melegenda ini. Menariknya, desain khas motor ini masih terasa hingga generasi terbarunya. Bentuknya yang ringkas menjadi salah satu daya tariknya dalam sejarah Yamaha RX-King.

Yamaha RX100 (1977)
Tampilan Yamaha RX100

Tampilan Yamaha RX100

Yamaha RX100 adalah sepeda motor pertama dalam keluarga seri RX yang diluncurkan pada tahun 1977. Motor ini memiliki mesin 2-stroke dengan kubikasi hanya 100 cc, tetapi mampu menyemburkan tenaga 11,5 hp dengan kecepatan tertinggi 110 km/jam. Performa yang dihasilkan itulah yang membuatnya menjadi motor yang cukup cepat pada masanya.

Lalu, yang membuat motor ini melegenda, meski bermesin 2-stroke, konsumsi bahan bakarnya terbilang cukup irit. Klaimnya satu liter bensin bisa dibuat untuk menempuh perjalanan hingga 40 km. Sebenarnya sebelum RX100 ada RX125 Twin yang dijual tahun 1976.

Yamaha RX125 (1979)
Tampilan Yamaha RX125

Tampilan Yamaha RX125

Generasi berikutnya, RX125 adalah motor bagian dari sejarah Yamaha RX-King dengan silinder tunggal. Cikal bakal Yamaha RX-King ini memiliki mesin 2-stroke dengan kubikasi asli 123 cc, yang mampu menyemburkan tenaga hingga 13 hp. Seperti RX100, Yamaha RX125 juga masih dibekali sistem transmisi 4 kecepatan.

Yamaha RX-K (1980): Cikal Bakal RX-King
Tampilan Yamaha RX-K

Tampilan Yamaha RX-K

Inilah motor yang memang menjadi cikal bakal RX-King dengan dibekali mesin 135 cc. Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan adalah 17,5 hp dan bisa dijalankan pada kecepatan tinggi hingga 150 km/jam. Dengan begitu, RX-K menjadi sepeda motor yang termasuk dalam kategori ngebut pada masanya. Dalam sejarah Yamaha RX-King, Yamaha RX-K ini merupakan CBU dari Jepang, sehingga memiliki light mask alias bikini fairing. Sayangnya, motor ini tidak laku di pasaran dan hanya bertahan hingga tahun 1983.

Yamaha RX-Special (1983)
Tampilan Yamaha RX-Special

Tampilan Yamaha RX-Special

Ceritanya mirip dengan RX-K yang menjadi RX-King, ternyata RX-Special memang pengembangan dari RX-S. Mesinnya sendiri sama dengan yang digunakan pada RX-S dengan kubikasi 115 cc.

Yamaha RX-King Cobra dengan mesin Y1-Y2 (1983)
Tampilan Yamaha RX-King Cobra

Tampilan Yamaha RX-King Cobra

Akhirnya yang ditunggu-tunggu, bisa dibilang ini adalah motor 2-stroke Yamaha yang paling melegenda. Mesin 2-stroke yang digunakan juga masih buatan Jepang. Hal inilah yang membuat mesin Yamaha RX-King Cobra dengan kode Y1-Y2 menjadi incaran para teknisi dan kolektor. Soal spesifikasi mesin, motor ini dibekali mesin berkubikasi 135 cc dengan tenaga maksimal 18,2 hp dan torsi 15,1 Nm pada 8.000 rpm.

Fakta Singkat Yamaha RX-King

Sejarah Yamaha RX-King

Yamaha RX-King

Yamaha RX-King atau yang juga dikenal dengan nama RX-135 atau RX-K atau hanya RX di Asia Tenggara, khususnya India dan Indonesia adalah sepeda motor dengan mesin 2-stroke yang diproduksi oleh Yamaha sejak tahun 1990-an.

Di Indonesia, Yamaha RX-135 masih diproduksi hingga akhir 2009, tetapi produksinya dihentikan oleh persyaratan regulasi EURO3. Model terakhir RX-135 di Indonesia menggunakan catalytic converter sebagai bagian dari knalpot, yang membuatnya lulus peraturan EURO2. RX-King juga awalnya diperkenalkan sebagai RXG dengan kapasitas mesin yang sama tetapi banyak perubahan pada gearing bottom-end (rasio primer), sprocket dan desain silinder, stiker, sistem pengapian dan tampilan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Komparasi

Segmen motor sport tak lengkap rasanya jika tak membandingkan Honda CBR150R dan Yamaha R15, motor idaman banyak pria Indonesia. Jakarta, Autos.id  –  Honda CBR150R...

Reviews

Setelah hampir dua tahun meramaikan market Tanah Air, kini Yamaha menyuguhkan penyegaran warna dan grafis baru pada motor sport adventure itu. Jakarta, Autos.id  – ...

Motor

Livery ikonik yang penuh dengan jejak sejarah perjalanan balap Yamaha Jakarta, Autos.id  – Yamaha merayakan 6 dekade keikutsertaan di kasta tertinggi ajang kejuaraan balap...

Motor

Yamaha MX King 150 World Grand Prix 60th Anniversary adalah sebuah motor dengan livery spesial untuk menyambut 60 tahun keikutsertaan Yamaha dalam kejuaran dunia...