Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Miliki Mesin yang Sama, Begini Perbedaan Yamaha Grand Filano dengan Fazzio

Yamaha Grand Filano.
Yamaha Grand Filano. (Sumber: Yamaha)

Last updated on 18 Maret, 2024

Kehadiran Yamaha Grand Filano di Indonesia cukup membuat pertanyaan mengingat mesinnya serupa dengan Yamaha Fazzio.

Autos.id – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing secara resmi meluncurkan produk terbarunya yang termasuk dalam kelas Classy Yamaha, yaitu Yamaha Grand Filano. Motor ini akan menjadi pendamping dari Yamaha Fazzio yang sudah ada sebelumnya.

Yamaha Grand Filano hadir dengan dua pilihan tipe, yaitu tipe Lux yang dihargai Rp27,5 juta (OTR Jakarta) dan tipe Neo dengan harga Rp27 juta (OTR Jakarta).

Desain bodi premium dari motor ini dikombinasikan dengan mesin berkapasitas 125cc. Mesin yang digunakan sama seperti pada Yamaha Fazzio, yaitu mesin 125cc Blue Core generasi terbaru.

Yamaha Grand Filano dan Yamaha Fazzio.

Yamaha Grand Filano dan Yamaha Fazzio. (Sumber: Yamaha)

Mesin 125 cc Hybrid

Konfigurasi mesin Yamaha Grand Filano menggunakan sistem overstroke dengan penggunaan panjang langkah 57,9 mm dan diameter piston 52,4 mm. Hal ini menyebabkan kapasitas mesin menjadi 124,86 cc. Pistonnya menghasilkan perbandingan kompresi 11:1 dan mesin ini dilengkapi dengan sistem pendinginan menggunakan angin dari kipas yang terpasang pada magnet.

Motor ini menggunakan sistem injeksi bahan bakar dan memiliki 2 katup di kepala silinder untuk in dan ex. Tenaga maksimal yang dihasilkan mesin ini sebesar 8,29 ps pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 10,4 Nm pada 5.000 rpm.

Sama seperti Yamaha Fazzio, Grand Filano juga dilengkapi dengan teknologi hybrid. Teknologi ini menyediakan arus pada SMG (Smart Motor Generator) dari aki untuk membantu putaran kruk as ketika motor baru mulai berjalan dari keadaan berhenti. Ketika sistem hybrid berhenti, motor generator atau magnet kembali beralih fungsi menjadi penghasil daya listrik. Baik Fazzio maupun Grand Filano tetap menggunakan aki biasa untuk sistem hybrid, tidak memiliki aki atau baterai khusus.

Dengan demikian, mesin berteknologi hybrid memiliki kelebihan tersendiri seperti akselerasi yang lebih terasa dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dibandingkan mesin tanpa hybrid.

Mesin Yamaha Grand Filano.

Mesin Yamaha Grand Filano. (Sumber: Yamaha)

Beda Tenaga Antara Yamaha Grand Filano dan Fazzio

Meskipun mesin Yamaha Grand Filano dan Yamaha Fazzio memiliki basic yang sama, keduanya memiliki klaim tenaga dan torsi yang berbeda. Menurut data spesifikasi, Fazzio memiliki tenaga dan torsi yang sedikit lebih besar dibanding Grand Filano.

Fazzio diklaim memiliki tenaga maksimal 8,42 ps pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 10,6 Nm di 4.500 rpm, sedangkan Grand Filano diklaim memiliki tenaga maksimal 8,29 ps pada 6.500 rpm dengan torsi maksimal 10,4 Nm pada 5.000 rpm.

Selain itu, Grand Filano juga membutuhkan putaran mesin 500 rpm lebih tinggi untuk mencapai torsi maksimalnya.

Dengan spesifikasi tersebut, Grand Filano dan Fazzio memiliki perbedaan dalam hal karakter mesin. Selain itu, bobot Grand Filano lebih berat 5 kg dibanding Fazzio, yang tentunya berpengaruh pada power to weight ratio.

Baca juga: Komparasi Yamaha Grand Filano vs Honda Scoopy

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motor

Last updated on 4 April, 2024 Autos.id – Perlu diketahui bahwa di beberapa daerah di Indonesia memang pada saat ini tengah mendapatkan intensitas cuaca...

Motor

Autos.id – Bagi pasaran roda dua di Indonesia, motor dengan tipe matic merupakan salah satu model yang menjadi pilihan untuk masyarakat Indonesia. Selain mudah...

Motor

Last updated on 19 Maret, 2024 Autos.id – Segmen motor untuk desain vintage atau retro memang menjadi salah satu jenis model yang memiliki pangsa...

Yamaha

Salah satu sepeda motor legendaris besutan Yamaha dan sering digunakan di ajang balap adalah Yamaha 125Z. Seperti apa spesifikasi dan harganya? Autos.id – Yamaha...

error: Content is protected !!