Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Inilah Tanda-Tanda Oli Shock Depan Sepeda Motor Anda Harus Segera Diganti

Inilah Tanda-Tanda Oli Shock Depan Sepeda Motor Anda Harus Segera Diganti

Apakah motor Anda terasa sudah kurang nyaman? Mungkin saja oli shock depan motor Anda perlu diganti.

Autos.id – Dalam mengendalikan dan mengarahkan sepeda motor, peran dari stang sangat penting saat berkendara. Sebagai pusat kendali dari sepeda motor, peran stang juga didukung oleh beberapa komponen lainnya seperti suspensi atau shock yang berfungsi meredam gerakan naik turun yang dihasilkan roda depan saat melintasi permukaan jalan. Namun seiring dengan waktu pemakaian, tentu stang tidak bekerja secara optimal karena oli pada shock depan motor yang sudah melewati batas.

Kali ini Autos.id akan memberikan beberapa tanda-tanda yang perlu Anda ketahui ketika oli shock depan motor Anda perlu diganti.

Inilah Tanda-Tanda Oli Shock Depan Sepeda Motor Anda Harus Segera Diganti

1. Menekan Stang Motor Kebawah

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah dengan menekah stang motor Anda kebawah. Coba perhatikan apabila stang kembali ke atas dengan cepat, artinya shock sudah mati atau rusak. Sehingga selain mengganti oli shock, Anda juga harus menggantinya dengan shock depan yang baru. Lalu apabila stang motor anda kembali secara perlahan, maka kondisi shock depan beserta stang motor Anda masih dalam kondisi normal.

2. Memperhatikan Seal Shock Depan

Langkah berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah melihat bagian seal shock depan motor Anda. Apabila terjadi rembesan, artinya shock motor anda harus diganti. Karena apabila dibiarkan, maka pantulan dari shock depan akan jauh lebih keras karena oli schock yang ada di tabung shock sudah jauh berkurang.

3. Jalankan Ke Jalan yang Bergelombang

Berikutnya yang perlu dilakukan adalah dengan Anda membawanya langsung ke jalanan bergelombang atau tidak rata. Ketika dijalankan Anda merasakan banyaknya pantulan, maka Anda harus mengganti shock beserta olinya karena sudah rusak. Karena tidak hanya berpengaruh terhadap performa, tetapi juga kenyamanan yang akan jauh berkurang dan justru memberikan efek samping bagi Anda ataupun yang ikut berboncengan dengan Anda.

4. Memilih Produk Oli Shock Yang Berkualitas

Ketika sudah merasakan gejala-gejala tersebut, tentunya Anda akan menggunakan produk oli shock depan motor yang berkualitas. Biasanya di bengkel resmi banyak menyediakan berbagai produk oli shock motor yang memang sudah disesuaikan dengan standar pabrik. Serta keaslian dan garansi yang diberikan juga jauh lebih terjamin apabila membeli dan mengganti oli Shock motor Anda di bengkel resmi.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga