Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ducati

Ducati Panigale V4SP, Motor Sport Para Sultan

Ducati Panigale New V4 SP
Ducati Panigale V4 SP

Last updated on 20 November, 2021

Sudah hampir setahun dipasarkan, Ducati Panigale V4SP masih menjadi varian Ducati termahal yang pernah ada di Indonesia. Berikut spesifikasi lengkapnya.

Autos.id  –  Terhitung sejak akhir 2020 lalu, Ducati memperluas keluarga Panigale V4 dengan memperkenalkan versi baru Panigale V4 SP. Varian Panigale V4 terbaru ini menandai kembalinya Sport Production yang telah lama ditunggu-tunggu untuk fairing motor supersport Ducati. Diperkenalkan untuk pertama kalinya pada Ducati 851, varian Sport Production mengidentifikasi versi-versi yang berfungsi sebagai dasar pengembangan motor balap yang digunakan dalam Sport Production Championship.

Ducati masih menggunakan singkatan ‘SP’ untuk mengidentifikasi motor yang diproduksi dengan peralatan teknis tertentu untuk performa lebih cepat di lintasan. Ducati Panigale V4 SP adalah motor yang ideal bagi para amatir yang ingin memasuki lintasan dengan kecepatan maksimal.

Disinyalir motor ini mudah dikendarai terlepas dari keterampilan berkendara sang biker. Alhasil mereka akan membutuhkan lebih sedikit usaha fisik untuk bisa melintasi jalanan kota. Panigale V4 SP tidak menggantikan Panigale V4 R sebagai superbike dengan spesifikasi homologasi. Panigale V4 SP pada dasarnya adalah perpaduan Panigale S (dalam hal mesin dan sasis), elemen Panigale V4 R, dan Superleggera.

Baca Juga: Harga Motor Ducati Indonesia Oktober 2021

Mesin

Ducati Panigale V4 SP menggunakan mesin Desmosedici Stradale 1.103cc terstandar Euro 5 sebagai basis Panigale V4 dan model S. Motor ini juga didukung dengan sistem transmisi manual 6-speed. Dengan mesin tersebut, motor supersport ini menghasilkan tenaga maksimal 214 hp pada 13.000 rpm dan torsi 124 Nm pada 9.500 rpm.

Sama seperti V4 R dan Superleggera, Panigale V4 SP memiliki kopling kering tipe STM EVO-SBK. Selain itu, varian Panigale ini sudah bersistem electronic fuel injection dengan twin-injector per silinder mesin.

Mesin Ducati Panigale

Mesin Desmosedici Stradale 1.103cc terstandar Euro 5 Ducati Panigale

Sasis dan Suspensi

Seperti yang sudah sempat disebutkan di atas, sasis Panigale V4 SP dilengkapi dengan konten teknis mutakhir yang berasal dari Ducati Superleggera V4. Frame sasis yang dimiliki pun sudah menggunakan velg aluminium dengan optimized stiffness. Komponen-komponen ini meliputi roda karbon, kaliper rem depan Brembo Stylema R, dan master silinder radial Brembo MCS dengan perangkat “remote adjusting”.

Baca juga: Ducati Multistrada V4 Pikes Peak, Bisa Untuk Touring Dan Sirkuit

Kaliper rem Brembo Ducati Panigale V4 SP

Kaliper rem Brembo Ducati Panigale V4 SP

Panigale V4 SP mendapat unsur velg berserat karbon agar bisa mengurangi momen inersia untuk berkendara yang lebih cepat. Selain itu juga terdapat winglet dan spatbor depan berbahan serat karbon. Motor supersport ini juga mewarisi suspensi depan Öhlins NIX 30, suspensi belakang TTX 36, dan peredam kemudi elektronik. Keberadaan suspensi semi-aktif mengisyaratkan bahwa Ducati Panigale V4 SP utamanya tidak dirancang untuk pengendara profesional.

Mode Berkendara

Mode Berkendara memungkinkan Anda memilih di antara empat gaya berkendara yang tersedia. Menawarkan performa berkendara Panigale V4 yang dapat disesuaikan secara sempurna dengan pengendara, jenis trek, dan kondisi lingkungan. Setiap mode (Race A, Race B, Sport, dan Street) diprogram secara instan mengubah karakter mesin, parameter kontrol elektronik, dan pengaturan suspensi. Pengendara bebas untuk menyesuaikan gaya berkendara khusus mereka dan kemudian mengembalikannya ke parameter standar dari Ducati.

Baca juga: Ducati Scrambler 1100 Tribute Pro & Scrambler 800 Urban Motard

Fitur keselamatan Engine Brake Ducati

Teknologi

Ducati Panigale V4 SP memasang layar TFT 5-inch definisi tinggi dengan grafis modern dan menarik. Layar dasbor TFT ini didominasi oleh speedometer Desmosedici Stradale yang ditampilkan menurut skala 1000-15.000 rpm menggunakan pengukur jarum. Selain menawarkan menu klasik yang terdiri dari:

  • Total jarak tempuh
  • Trip 1 dan Trip 2
  • Konsumsi Bahan Bakar Perjalanan
  • Waktu Perjalanan
  • Kecepatan rata-rata
  • Suhu udara
  • Lap On/Off (hanya dalam mode “Track”),
  • Player On /Off (hanya dalam mode “Road”)

Dasbor Panigale V4 juga memiliki menu lain di kanan bawah yang dapat melakukan dua fungsi. Secara khusus, menu ini dapat menampilkan/menunjukkan parameter yang terkait dengan Mode Riding yang ditetapkan atau memungkinkan modifikasi cepat parameter DTC, DWC, EBC, dan DSC.

Baca juga: Ducati Multistrada V2 Dan V2 S, Moge Adventure Untuk Pemula

Layar Dasbor TFT 5-inch Ducati Panigale V4 SP

Layar Dasbor TFT 5-inch Ducati Panigale V4 SP

Terakhir, indikator Panigale V4 bertipe ‘auto off’ mengindikasikan indikator tersebut mati secara otomatis setelah menyelesaikan belokan. Atau ketika motor secara tidak sengaja mati setelah menempuh jalur lurus untuk jarak tertentu (dari 200 ke 2000 meter tergantung seberapa cepat sepeda melaju saat indikator dinyalakan).

Fitur Keselamatan

Ducati berkomitmen menjamin menghadirkan motor canggih dengan tingkat keselamatan aktif tertinggi. Maka dari itu, hadirlah Ducati Panigale V4 SP. Sistem keselamatan ini memungkinkan motor memiliki performa maksimal dengan keamanan total. Berikut ini adalah fitur keselamatan yang dimiliki Panigale V4 SP.

  • Sistem ABS Cornering EVO untuk mengatur setiap fase pengereman, bahkan saat sepeda dimiringkan.
  • Engine Brake Control EVO untuk mengatur torsi pengereman
  • Traction Control EVO
  • Wheelie Control
  • Slide Control

Baca juga: Ducati 1299 Superleggera Motor Gahar Rasa Lamborghini

Mode Berkendara Race A, Race B, Sport, dan Street Ducati

Kesimpulan

Ducati Panigale dikenal sebagai sepeda yang aman, bahkan untuk pengendara pemula. Meskipun motor ini menawarkan performa powerful, kenyamanan, dan kemudahan berkendara, Panigale V4 SP ideal untuk semua kemampuan pengendara. Di samping motor supersport ini kuat dan cepat, tapi ia akan menjamin memenuhi kebutuhan pengendara berpengalaman yang suka melakukan zoom di sekitar trek balap.

Motor ini juga menawarkan bantuan pengendara, seperti ABS dan kontrol anti-wheelie, yang akan membuat pengendara baru merasa dan berkendara dengan aman di jalan. Menurut kami, Ducati Panigale adalah motor yang cukup cerdas. Tidak peduli seberapa berpengalaman Anda sebagai pengendara sepeda motor, Panigale pasti akan memenuhi kebutuhan Anda. Walaupun beberapa spesifikasi di atas hampir mirip dengan para pesaingnya, kinerja mesinnya membuat Panigale menonjol.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Daftar Harga Motor

Ducati merupakan perusahaan motor yang berasal dari Italia. Untuk salah satu motor yang sangat populer adalah merek Multistrada, Panigale V4 dan Monster. Jakarta, Autos.id – Pada...

Daftar Harga Motor

Bulan April 2022 untuk harga semua merek motor Ducati tidak ada yang mengalami penurunan dan kenaikan. Jakarta, Autos.id – Ducati adalah perusahaan motor terkemuk asal Bologna,...

Daftar Harga Motor

Semua harga motor Ducati untuk Maret 2022 tidak ada yang mengalami kenaikan dan penurunan. Jakarta, Autos.id  –  Pada Maret 2022, Ducati juga tidak mengeluarkan...

Daftar Harga Motor

Last updated on 17 Februari, 2022 Pada Februari 2022 harga motor Ducati tidak ada yang mengalami kenaikan. Bahkan di bulan Februari 2022 tidak ada merek...