Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Ducati Panigale V4 Dan V4S Model 2022 Resmi Meluncur, Mulai Rp 300 Jutaan

Ducati Panigale V4 Dan V4S Resmi Meluncur, Mulai 300 Jutaan Rupiah

Last updated on 25 Januari, 2022

Ducati Panigale V4 dan V4S model 2022 mengalami beberapa ubahan baik dari segi desain, fitur, serta penambahan performa yang membuat motor ini makin siap digunakan untuk dipakai di sirkuit.

Autos.id –  Dalam event Ducati World Premiere beberapa hari lalu, Ducati baru saja merilis versi terbaru Ducati Panigale V4 dan V4S. Motor yang menjadi basis untuk ajang balap World Superbike ini mendapat beberapa revisi baik dari segi mesin, sasis, teknologi, hingga peningkatan fungsi aerodinamika yang lebih baik dari sebelumnya.

Motor ini kabarnya dibandrol dengan harga 23.945 Dollar Amerika untuk Panigale V4, serta 29.990 Dollar Amerika untuk Panigale V4S. Alias dikisaran 330 hingga 430 jutaan rupiah untuk menebus motor ini.

Hadirnya Beberapa Ubahan

Ubahan pertama Ducati Panigale series ini dimulai dari ubahan eksterior. Motor ini melakukan revisi pada komponen winglet yang dibuat lebih tipis tapi diklaim mampu menahan beban hingga 36 kg dikecepatan 186 km/jam. Perubahan winglet tersebut juga berpengaruh terhadap fungsi aerodinamika yang jauh lebih baik dan berpengaruh terhadap performa yang maksimal.

Baca juga: Daftar Harga Motor Ducati Januari 2022

Ducati Panigale V4 Dan V4S Resmi Meluncur, Mulai 300 Jutaan Rupiah

Ducati Panigale V4

Perubahan berikutnya adalah motor ini dilengkapi dengan ventilasi dibagian fairing body yang berfungsi memaksimalkan sektor pendinganan mesin. Nah dibagian tangki bbm juga mengalami perubahan dengan penggunaan desain yang direvisi agar lebih presisi ketika dijepit oleh rider saat berkendara. Selain merubah tangki bbm, dibelakang sadel telah diratakan dan diberi lapisan yang berbeda dengan tujuan agar rider bisa lebih nyaman ketika berkendara.

Lalu bila melihat secara buritan secara luas, motor ini tidak memgalami perubahan yang cukup signifikan, terlebih dibagian belakang. Karena ciri khas Panigale dibagian belakang dengan desain eksotis dan agresif masih dipertahankan dengan desain yang pastinya memanjakan setiap mata.

Beberapa Fitur Baru

Ducati Panigale Series, baik V4 dan V4S juga hadir dengan beberapa fitur baru yang belum pernah ada di Panigale sebelumnya. Mulai dari dari penggunaan panel instrument full TFT berawarna yang menampilkan beberapa informasi penting seperti speedometer, konsumsi bbm, serta pengaturan fitur safety yang akan dijelaskan nanti. Dan tidak ketinggalan hadirnya track evo yang menempatkan tachometer pada strip horizontal.

Berbicara mengenai fitur safety, motor ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur yang cukup mumpuni seperti DTC, DWC, DSC, dan EC. Dimana keempat fitur safety ini juga akan berkedip dibagian instrument cluster motor ini. Tidak ketinggalan ada juga fitur stopwatch, dan penghitung putaran lap dimana motor ini sudah sangat ready untuk dipakai track day atau balapan di sirkuit.

Baca juga: Ducati Monster 2022: Ringan Tapi Kokoh

Ducati Panigale V4 Dan V4S Resmi Meluncur, Mulai 300 Jutaan Rupiah

Berbicara mengenai suspensi, antara Panigale V4 dan V4S memiliki perbedaan dibagian yang satu ini. Untuk Panigale V4 standar dilengkapi dengan suspensi model upside down buatan Showa dengan tipe Big Piston Fork serta suspensi belakang merek Sach yang bisa anda sesuaikan. Sedangkan di Panigale V4S menggunakan suspensi dari Ohlines NPX 25/30 dimana supsensi ini bisa diatur secara elektronik.

Kemudian kedua motor ini juga dilengkapi titik pivot swing arm belakang yang dinaikan sebesar 0,2 inci yang berpengaruh dengan kenyamanan. Untuk velg dan kaki-kaki, Panigale V4 menggunakan velg alumunium dengan 5 palang sedangkan Panigale V4S menggunakan alumunium 3 palang.

Mesin Lebih Bertenaga

Berbicara soal mesin, Ducati Panigale V4 Series ini mengalami upgrade dari segi tenaga dan performa. Baik V4 dan V4S menggunakan mesin 1.103 cc, 4 silinder dengan tenaga hingga 215,5 Hp atau naik sekitar 3 Hp dari versi sebelumnya di rpm 13.000. Torsi maksimal motor ini mencapai 123 Nm dimana bisa didapatkan di 10.000 rpm.

Basis mesin dari Ducati Panigale V4 dan V4S ini berasal dari Desmoseducu Stradale 90. Dimana tenaga dan torsi yang sudah disebutkan disalurkan melalui transmisi manual 6 speed dengan bantuan teknologi Quick Shifter. Teknologi yang membuat perpindahan gigi menjadi sigap serta mendongkrak performa menjadi luar biasa dan siap digunakan di sirkuit.

Baca juga: Ducati V21L MotoE Prototype Uji Coba Di Trek

Ducati Panigale V4 Dan V4S Resmi Meluncur, Mulai 300 Jutaan Rupiah

Rencananya, Ducati Panigale V4 dan V4S ini akan dikirimkan ke konsumen paling cepat dibulan Februari 2022 dipasar Eropa. Menarik untuk ditunggu apakah motor ini akan masuk Indonesia atau tidak, kita tunggu saja.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Reviews

Ducati menciptakan sepeda motor naked kembali pada tahun 1993 dengan peluncuran Monster. Autos.id  –  Motor sport ini miliki tampilan stripped-back dengan geometri yang lebih...

Daftar Harga Motor

Harga Motor Ducati bulan Januari 2022 dengan semua jenis merek sudah tersedia secara lengkap di artikel ini, bahkan ada merek Ducati yang di bawah...

Ducati

Sebagai suplier satu-satunya untuk 2023 FIM Enel MotoE World Cup, Ducati akhirnya menurunkan motornya untuk uji coba trek. Ducati V21L MotoE menjalankan uji coba...

Ducati

Ducati akhirnya menepati janjinya pada tahun 2019 untuk membawa konsep Desert X dalam produksi. Ducati DesertX 2022 masih memiliki desain yang mirip dengan 2...