Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Ducati Monster 2022: Ringan tapi Kokoh

Ducati menciptakan sepeda motor naked kembali pada tahun 1993 dengan peluncuran Monster.

Autos.id  –  Motor sport ini miliki tampilan stripped-back dengan geometri yang lebih tegak dan difokuskan untuk touring di jalanan. Formula itu kurang lebih tidak berubah selama hampir 30 tahun. Tapi dengan diperkenalkannya versi pengerjaan ulang dari Monster, banyak perubahan yang makin baik.

Ducati Monster terbaru dilengkapi mesin L-twin berpendingin Liquid kapasitas 937 cc yang menghasilkan 111 tenaga kuda pada 9.250 rpm dan torsi 69 pon/kaki pada 6.500 rpm. Angka-angka itu tidak meningkat besar dibandingkan dengan Monster 821 yang keluar, tetapi angka kinerjanya ditutupi dengan kelebihannya yang lain.

Pengurangan Berat

Keunggulannya tampak bentuk pengurangan berat. Monster 2022 memiliki bobot 366 pon yang terhitung ringan, pengurangan 32 pon dari pendahulunya. Faktanya, meskipun sistem transisi lebih besar, mesin baru Monster 5,5 pon lebih ringan dari sebelumnya. Peningkatan transisi membantu menurunkan puncak torsi mesin, yang membuatnya lebih mudah untuk dikendarai di perkotaan.

Ducati Monster 2022

Mesin motor dipasangkan dengan transmisi sekuensial six-speed yang menghasilkan kekuatan yang bagus dan solid untuk memindahkan gigi. Fitur khusus Ducati seperti kopling hidrolik, pelat basah yang tidak mudah tergelincir juga ada dalam motor ini. Selain itu, berkat sistem standar Ducati Safety Pack dan quickshifter naik-turun, Anda tidak terlalu sering menggunakan kopling.

Ducati memilih untuk membuang rangka teralis baja klasik pada Monster demi rangka spar aluminium cor yang lebih ringan. Sehingga, ada penurunan berat sekitar 9,9 pon, dan subframe belakang polimer yang diperkuat serat kaca menghemat 4,2 pound tambahan. Penurunan berat badan ini terlihat saat menikung, meskipun rangkanya tetap sangat kaku.

Rem dan Kemudahan

Pengereman ditangani oleh perusahaan Brembo seperti versi Ducati terdahulu. Kualitas tuas rem sangat baik dengan banyak daya henti dan ketahanan. Sistem ini berasal dari sistem rem antilock  sensitif standar Ducati yang didukung oleh pengurangan berat pada roda (3,8 pon).

Versi Monster terbaru juga memiliki beberapa perubahan yang membuatnya menjadi sepeda motor yang lebih nyaman dan mudah diakses daripada pendahulunya. Ini termasuk footpegs yang lebih rendah dan stang yang sedikit lebih tinggi dan lebih dekat ke pengendara. Ducati juga memilih untuk masih menggunakan dudukan sempit yang  lebih mudah digunakan pengendara yang lebih pendek untuk menginjakkan kaki. Sepeda motor ini juga memiliki ketinggian standover hanya 32,3 inci. Dan jika itu tidak cukup rendah, Ducati menawarkan kursi yang lebih rendah dan kit pegas penurun yang menurunkan ketinggian standover sepeda lebih jauh ke 30,5 inci.

Dengan kekuatan dan proporsi yang luar biasa  membuatnya mudah melewati lalu lintas, dan juga kebut-kebutan di jalan sepi. Monster punya mesin yang sama dengan pendahulunya, tetapi itu ditupi dengan bobot yang lebih ringan dan dimensi yang ramah untuk semua orang. Sehingga diharapkan Monster harus menarik lebih banyak pengendara, termasuk yang baru.

Knalpot yang lebih keras dan penyesuaian suspensi yang lebih banyak akan membuatnya nyaris sempurna. Ducati Monster dan Monster Plus 2021 tersedia sekarang, dengan harga masing-masing mulai dari $ 11.995 (Rp 171 juta) dan $ 12.495 (Rp 179 juta).

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Ducati

Agustus tampaknya menjadi bulan yang kurang baik dan tentunya kita juga tidak bisa menyalahkan tentang keadaan tersebut. Autos.id –  Kita tampaknya mengeluh tentang penantian yang...

Ducati

Nantinya Ducati Panigale V4S yang akan dijual setelah digunakan event World Ducati Week akan sama persis yang digunakan ketika balapan “Race Of Champions” termasuk...

Ducati

Ducati Panigale V4 2023 mendapatkan pembaruan terbaru, yakni menghadirkan sistem baru bernama Engine Brake Control (EBC) Evo 2, yang bisa memberikan tingkat daya henti...

Aksesoris

Motor Ducati Monster 937 yang baru membat sebagian orang skeptis, tetapi model ini tentunya tidak diragukan lagi yang lebih baik dibandingkan knalpotnya. Autos.id – Membuat Ducati...