Connect with us

Hi, what are you looking for?

Honda

10 Tipe Honda Astrea yang Beredar di Indonesia

Logo Honda Astrea.
Logo Honda Astrea. (Sumber: Lazada)

Last updated on 8 September, 2023

Merupakan salah satu sepeda motor legendaris di Indonesia, Honda Astrea memiliki banyak tipe.

Autos.id – Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1980-an, ada banyak varian motor Honda Astrea yang telah beredar di Indonesia. Dan saat ini, pamor motor bebek lawas tersebut kembali mendapatkan penggemar baru di kalangan anak muda, yang membuat popularitas Honda Astrea kembali meningkat.

Pada awal kemunculannya, Honda Astrea dirancang sebagai motor bebek dengan desain yang sederhana namun handal dan tahan lama. Motor ini menawarkan performa yang baik serta efisiensi bahan bakar yang tinggi, sehingga sangat cocok untuk kebutuhan sehari-hari.

Seiring berjalannya waktu, Honda Astrea mengalami beberapa pembaru

an dan pengembangan. Varian-varian Astrea yang berbeda diluncurkan dengan desain yang diperbarui dan fitur-fitur yang lebih modern. Meskipun demikian, motor ini tetap mempertahankan karakteristiknya sebagai motor bebek yang andal dan mudah dirawat.

Keberhasilan Honda Astrea tidak hanya terletak pada performanya, tetapi juga pada popularitasnya di kalangan masyarakat Indonesia. Motor ini menjadi simbol kehandalan, ketahanan, dan kesederhanaan, serta menjadi pilihan favorit bagi banyak pengendara di berbagai daerah.

Meskipun produksinya telah dihentikan, warisan Honda Astrea masih terasa hingga saat ini. Banyak penggemar motor klasik yang masih menghargai dan mencari model Astrea bekas untuk dikoleksi atau dikendarai. Honda Astrea menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah industri sepeda motor di Indonesia dan terus dikenang sebagai motor bebek legendaris yang memberikan pengaruh yang signifikan.

Berikut adalah 10 tipe Honda Astrea yang dipasarkan di Indonesia:

1. Honda Astrea 700

Honda Astrea 700.

Honda Astrea 700. (Sumber: Spot19 Megapolitan)

Astrea 700 adalah versi pertama sepeda motor bebek yang diberi nama Astrea oleh Honda. Motor ini diproduksi oleh Federal Motor (sekarang dikenal sebagai Astra Honda Motor) sekitar tahun 1981-1983.

Astrea 700 memiliki mesin berkapasitas 70 cc. Dengan transmisi tiga percepatan, pada awalnya Astrea 700 dapat mencapai kecepatan maksimum hingga 80 Km/jam.

2. Honda Astrea 800

astrea

Honda Astrea 800

Astrea 800 dapat dengan jelas dikenali sebagai versi upgrade dari Astrea 700 berdasarkan namanya. Selain peningkatan kapasitas mesin menjadi 86 cc, terjadi juga perubahan pada desainnya.

Salah satu perubahan yang paling mencolok terletak pada stoplampnya. Perubahan bentuk stoplamp ini juga menggabungkan lampu sein yang sebelumnya terpisah pada generasi sebelumnya. Astrea 800 tetap dilengkapi dengan transmisi tiga percepatan, namun pengapian motor ini sudah menggunakan sistem CDI.

Baca juga: Siapa Sangka 7 Vespa Klasik Ini Jadi Buruan Kolektor?

3. Honda Astrea Star

Honda Astrea Star.

Honda Astrea Star. (Sumber: Kompas)

Dalam hal spesifikasi, sebenarnya tidak banyak perubahan dari generasi sebelumnya. Namun, secara tampilan, Astrea Star mulai menunjukkan arah yang lebih modern. Meskipun masih menggunakan sokbreker depan konvensional dan belum menggunakan suspensi teleskopik.

4. Honda Astrea Prima

Honda Astrea Prima.

Honda Astrea Prima. (Sumber: YouTube)

Astrea Prima memiliki peningkatan kapasitas mesin dari generasi sebelumnya, yaitu menjadi 95 cc. Selain itu, transmisinya juga telah ditingkatkan menjadi empat percepatan, sehingga performanya menjadi lebih baik. Berbeda dengan pendahulunya, Astrea Prima telah mengadopsi suspensi teleskopik pada sokbreker depannya.

Baca juga: Honda Cross Cub 110, Begini Spesifikasi dan Harganya

5. Honda Astrea Grand

Honda Astrea Grand.

Honda Astrea Grand. (Sumber: Orapada)

Dalam hal penampilan, Astrea Grand sudah menunjukkan modernisasi yang lebih nyata. Selain menggunakan sokbreker teleskopik, Astrea Grand juga telah menghilangkan ‘cepitan buku’ yang sebelumnya selalu ada di atas sepatbor depan. Dengan menghilangkan cepitan buku tersebut, Astrea Grand terlihat lebih muda dan tidak terlihat ketinggalan zaman.

6. Honda Astrea Supra

Honda Astrea Supra.

Honda Astrea Supra. (Sumber: Oto)

Nama Supra sudah cukup dikenal oleh banyak orang. Saat ini, Supra sering disebut sebagai motor yang banyak digunakan oleh para bapak-bapak. Mungkin hal ini disebabkan karena banyak bapak-bapak yang memilih Supra sebagai motor pilihannya.

Mulai diluncurkan pada tahun 1997, desain Astrea Supra telah mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan dengan era Astrea Grand. Bentuknya lebih aerodinamis dan ukurannya juga lebih besar, sehingga memberikan kemampuan akomodasi yang lebih baik.

7. Honda Astrea Impressa

Honda Astrea Impressa.

Honda Astrea Impressa. (Sumber: Carousell)

Meskipun lahir pada tahun yang sama, yaitu tahun 1997, desain Astrea Impressa masih mempertahankan gaya desain dari era Astrea Grand. Mungkin saat itu Honda merancang Astrea Impressa untuk orang-orang yang belum siap untuk mengikuti perubahan desain dari Astrea Grand.

Terlepas dari itu, pada saat itu, Astrea Grand dan keluarganya sudah menjadi legenda, jadi mungkin Honda memilih untuk tetap menghadirkan Impressa sebagai alternatif jika Supra dengan tema desain modern tidak berhasil dalam pasar.

8. Honda Astrea Supra X

Honda Astrea Supra X.

Honda Astrea Supra X. (Sumber: Ridertua)

Diperkenalkan pada tahun 2001, Astrea Supra X memiliki perbedaan yang mencolok dengan Supra pada sistem pengereman depan yang sudah menggunakan rem cakram. Astrea Supra X sendiri memiliki beberapa varian, antara lain Supra V dan Supra XX, keduanya dilengkapi dengan kopling manual. Perbedaannya terletak pada sistem pengereman, di mana Supra V menggunakan rem tromol sedangkan Supra XX menggunakan rem cakram untuk bagian depan.

9. Honda Astrea Legenda 1

Honda Astrea Legenda 1.

Honda Astrea Legenda 1. (Sumber: Ridertua)

Honda nampaknya memiliki niat untuk membagi varian Astrea ke dalam dua segmen, yaitu satu untuk Astrea dengan gaya desain era Grand, dan yang lainnya dengan gaya desain Supra. Astrea Legenda 1, yang diperkenalkan pada tahun 2001, memiliki desain yang kembali mirip dengan Astrea Grand dan Astrea Impressa.

Dapat dikatakan bahwa Astrea Legenda 1 sebenarnya merupakan versi baru dari Astrea Impressa. Sementara itu, Supra merupakan segmen baru yang dicoba Honda untuk bersaing dengan kompetitor, dengan desain yang lebih modern.

10. Honda Astrea Legenda 2

Honda Astrea Legenda 2.

Honda Astrea Legenda 2. (Sumber: Carousell)

Setelah kehadiran Legenda 1, kini Legenda 2 hadir untuk menyapa masyarakat. Terlihat lebih jelas bahwa Legenda 2 bukanlah penerus dari Supra, melainkan hadir dalam segmen yang berbeda dengan mesin berkapasitas 97 cc, sama seperti Astrea Grand.

Baca juga: Harga Motor Honda Tahun 2023 Lengkap!

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 25 Mei, 2024 Autos.id – Dengan bangga, Honda kembali mengeluarkan produk terbarunya, yakni Honda BR-V N7X Edition. Terdapat 3 varian tipe...

Mobil

Last updated on 3 Mei, 2024 Autos.id – Setelah sukses merancang konsep bersama dengan pabrikan otomotif asal Tiongkok, Dongfeng, Honda luncurkan produk terbaru mereka,...

Mobil

Autos.id – Di tengah merebaknya kendaraan elektrik, Honda turut memperkenalkan mobil listrik keluaran terbaru mereka. Tak tanggung-tanggung, pabrikan asal Jepang itu langsung mengeluarkan tiga...

Mobil

Last updated on 2 Mei, 2024 Autos.id – Di tengah gempuran mobil listrik kompak dengan harga terjangkau, Honda menghadirkan produk baru dengan harga yang...

error: Content is protected !!