Modifikasi

TUSS, Cara Ringkas Meningkatkan Performa Kendaraan

Setelah puluhan tahun hanya melayani roda empat, Provis kini mulai mengembangkan tuning-nya untuk roda dua.

Ciputat, Autos.id  –  Sejak kehadirannya pada tahun 1996, bengkel Provis Autolab terus mengembangkan pelayanannya kepada konsumen. Sebagai salah satu bengkel otomotif yang berpengalaman dalam hal tuning kendaraan roda empat, Provis Autolab kini mulai merambah kendaraan roda dua yang disebutnya Provis 4Bike.

Setelah lama berkecimpung di dunia tuning, Provis kini memiliki produk layanan unggulan terbaru yaitu TUSS (Tune Up Semi Sport) yang awalnya dilakukan pada mobil dengan konfigurasi mesin dengan sistem pembakaran 4 (empat) silinder, baik mesin diesel maupun mesin bensin.

Kini Provis 4Bike mengembangkan TUSS ini untuk sepeda motor, pengerjaan TUSS-nya sama dengan mobil.

Bahkan efek TUSS ini lebih terasa saat diaplikasikan di sepeda motor. Ini disebabkan jarak mesin ke roda cukup dekat, tidak ada sensor-sensor yang sensitif seperti di roda empat, tidak ada gardan, sehingga efek yang dihasilkan lebih terasa.

Keunggulan lain dari TUSS, meningkatkan efisiensi pembakaran mesin, secara mekanikal, tenaga meningkat, terutama di RPM rendah, dengan bukaan throttle sedikit, yang sangat cocok digunakan sebagai kendaraan harian dan mumpuni saat menanjak. Suara mesin lebih halus, hal ini menandakan pembakaran yang lebih baik. Akselerasi lebih ringan dan juga konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat.

Bahkan juga setelah melakukan TUSS, banyak kendaraan mobil atau motor yang melakukan degradasi BBM, seperti awalnya menggunakan Pertamax, kini sudah bisa mengkonsumsi Pertalite. “Bahkan, ada juga yang awalnya memakai Pertalite, kini beralih bahan bakar yang menggunakan Premium. Bisa juga turun 2 (dua) grade, yang awalnya mengkonsumsi Pertamax Turbo, kini beralih memakai Pertalite,” jelas Jasin selaku penggawa dari Provis 4Bike.

Jasin mengaku, dalam melakukan pengerjaan TUSS, tidak melakukan bongkar mesin pabrikan, hingga tidak merusak garansi dari pabrikannya. Jasin juga sudah beberapa kali menerima motor baru yang langsung didatangkan dari dealer untuk dilakukan pengerjaan TUSS.

TUSS hanya dilakukan sekali , setelah itu cukup dilakukan tune up berkala yang bisa dilakukan di mana saja. Faedah lain dari TUSS, pengiritan bahan bakar jumlah tentative tidak bisa diprediksikan secara pasti. “Namun, ada beberapa klien saya yang sudah melakukan TUSS, mengklaim bahan bakar yang digunakannya lebih irit 40% dari biasanya sebelum dilakukan TUSS,” imbuh Jasin.

“Untuk pengerjaan TUSS pada motor, biasanya memakan waktu pengerjaan antara 4-5 hari. Pengerjaannya tidak ada kabel yang dipotong, ECU standar, tampilan mesin juga standar, dan saat di-scan juga masih normal sehingga garansi resmi pabrikan tidak akan hangus. Dan perlu diketahui saat ini kami baru bisa menerima TUSS untuk sepeda motor di bawah dari 250 Cc,” pungkas Jasin.

Untuk ke depannya, Provis 4Bike yang berlokasi di Jalan W R Supratman No 2, Rengas, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten, layanan yang diberikan Provis Probike bukan hanya TUSS saja. Tersedia juga layanan Optik (Optimalisasi Klep), yaitu penyetelan celap klep bagi motor-motor yang menggunakan filter dan juga akan menyediakan layanan tune up chemical.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top