Connect with us

Hi, what are you looking for?

Modifikasi

Mengenal Perbedaan Bore Up dan Stroke Up pada Motor

Ilustrasi Bore Up dan Stroke Up.
Ilustrasi Bore Up dan Stroke Up. (Sumber; Pixabay)

Bagi para pemilik motor, mungkin masih banyak yang bingung apa perbedaan antara Bore Up dan Stroke Up.

Autos.id – Pengembangan performa motor adalah salah satu hal yang sering menjadi perhatian para pecinta otomotif. Dalam dunia modifikasi, dua istilah yang sering muncul adalah “Bore Up” dan “Stroke Up”.

Keduanya merupakan metode modifikasi yang berfokus pada mesin motor, namun memiliki pendekatan yang berbeda. Dalam artikel kali ini, terdapat penjelasan tentang perbedaan antara Bore Up dan Stroke Up, serta dampak-dampak yang mungkin timbul akibat menerapkan modifikasi ini pada mesin motor.

 

Pengertian Bore Up dan Stroke Up

Perbedaan Bore Up dan Stroke Up.

Perbedaan Bore Up dan Stroke Up. (Sumber; YouTube)

Membahas perbedaan tentang Bore Up dan Stroke Up, tentu perlu mengetahui definisinya. Simak di bawah ini:

Bore Up

Bore Up merujuk pada peningkatan diameter silinder dalam mesin motor. Dengan meningkatkan ukuran bore, volume total ruang bakar dalam silinder meningkat. Ini berarti lebih banyak campuran bahan bakar dan udara dapat masuk ke dalam silinder, yang pada akhirnya dapat meningkatkan daya mesin. Bore Up biasanya dilakukan dengan mengganti silinder atau piston dengan yang memiliki diameter lebih besar.

Stroke Up

Stroke Up, di sisi lain, fokus pada peningkatan panjang langkah piston dalam silinder. Langkah piston adalah jarak yang ditempuh piston dari titik atas (TDC – Top Dead Center) hingga titik bawah (BDC – Bottom Dead Center). Dengan meningkatkan langkah piston, volume ruang bakar juga dapat meningkat, menghasilkan efek serupa dengan Bore Up. Stroke Up umumnya dilakukan dengan mengganti crankshaft atau piston dengan yang memiliki langkah lebih panjang.

Baca juga: Jangan Sembarangan Modifikasi Kartel Mangkok CVT, Begini Risikonya

Dampak Bore Up dan Stroke Up Terhadap Performa Mesin

Membahas Bore Up dan Stroke Up, tentu perlu diketahui juga dampaknya terhadap performa mesin. Diantaranya adalah:

Dampak Bore Up

  • Peningkatan Daya: Bore Up dapat meningkatkan daya mesin karena peningkatan volume ruang bakar.
  • Penurunan Torsi: Meskipun daya meningkat, Bore Up dapat menyebabkan penurunan torsi pada putaran mesin rendah karena perubahan karakteristik aliran udara dan pembakaran.
  • Perubahan Responsifitas: Responsifitas gas mungkin berubah karena perubahan karakteristik mesin.

Dampak Stroke Up

  • Peningkatan Torsi: Stroke Up biasanya meningkatkan torsi pada putaran mesin rendah, membuat motor lebih bertenaga di kecepatan rendah.
  • Peningkatan Efisiensi Bahan Bakar: Stroke Up dapat meningkatkan efisiensi pembakaran, menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih baik.
  • Potensial Peningkatan Daya: Meskipun umumnya tidak sebesar Bore Up, Stroke Up juga dapat memberikan peningkatan daya.

Baca juga: 7 Langkah Modifikasi Motor Yang Tidak Melanggar Hukum

Kombinasi Bore Up dan Stroke Up

Paket untuk Bore Up dan Stroke Up.

Paket untuk Bore Up dan Stroke Up. (Sumber; Bukalapak)

Beberapa penggemar modifikasi memilih untuk menggabungkan Bore Up dan Stroke Up untuk mencapai keseimbangan optimal antara daya dan torsi. Namun, perlu dicatat bahwa setiap modifikasi membawa risiko dan memerlukan pemahaman mendalam tentang bagaimana mesin bekerja.

 

Risiko dan Pertimbangan

Sebelum memutuskan untuk Bore Up atau Stroke Up, perlu pertimbangan matang. Hal itu karena risiko berikut:

1. Overheating

Peningkatan volume ruang bakar dapat meningkatkan suhu mesin. Oleh karena itu, sistem pendingin perlu diperhatikan agar tidak terjadi overheating.

2. Kompresi

Perubahan dimensi dalam mesin dapat mempengaruhi rasio kompresi. Kompresi yang terlalu tinggi dapat menyebabkan detonasi dan merusak mesin.

3. Pemilihan Komponen

Pemilihan komponen yang tepat sangat penting. Piston, silinder, crankshaft, dan komponen lainnya harus sesuai dengan karakteristik modifikasi yang diinginkan.

 

Kesimpulan

Sebelum memutuskan untuk melakukan Bore Up atau Stroke Up, pemilik motor perlu mempertimbangkan dengan matang. Memahami karakteristik mesin, risiko modifikasi, dan dampak yang diinginkan adalah langkah awal untuk menghasilkan hasil modifikasi yang optimal. Dalam dunia otomotif, setiap modifikasi membawa risiko, dan keseimbangan antara daya, torsi, dan kehandalan harus dipertimbangkan dengan cermat.

Baca juga: Apa Saja Komponen Kelistrikan Motor?

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.

Baca Juga

Berita Otomotif

Last updated on 12 Januari, 2024 Salah satu bagian penting pada sepeda motor adalah kelistrikan, dimana ini mempengaruhi kinerja motor. Autos.id – Sepeda motor...

Tips

Last updated on 12 Januari, 2024 Salah satu bagian penting pada sepeda motor adalah karburator, lalu apa saja komponen kaburator? Bagaimana tips perawatannya? Autos.id...

Berita Otomotif

Last updated on 14 September, 2023 Masih ingat Belalang Tempur, motor andalan Kotaro Minami? Inilah 5 motor yang ada di film Ksatria Baja Hitam...

Daftar Harga Motor

Last updated on 21 Februari, 2024 Autos.id – Suzuki merupakan salah satu produsen sepeda motor yang cukup populer di Indonesia. Di Tanah Air, Suzuki...

error: Content is protected !!