Modifikasi

Ini Dia All New Innova Tercepat Di Indonesia

Anda berminat meng-upgrade All New Toyota Innova menjadi lebih cepat dan tetap aman digunakan untuk harian? Ini Solusinya!

Surabaya, Autos.id  –  Akhir pekan lalu, INNOVA COMMUNITY RACING TEAM (ICRT) beraksi di lintasan sirkuit International Gelora Bung Tomo dalam ajang DRAG SERIES di Surabaya. Menurunkan 3 pembalap : Chiang, Hendra Wijaya dan H. George. ICRT berhasil mendapatkan juara 5 di bracket waktu 10 detik dengan waktu 10.337 detik atas nama H. George.

Untuk Hendra wijaya, walaupun tidak mendapatkan juara karena break out, tapi berhasil memecahkan record All New Innova tercepat di lintasan 201m dalam ajang drag resmi di Indonesia dengan waktu 9.923 detik. “Dan catatan waktu merupakan yang tercepat saat ini di Indonesia,” tukas Chiang, tuner ICRT dari Garage Autowerk, Bandung.

Tertarik mau buat Innova, terutama pemilik All New Kijang Innova (ANKI) bisa secepat Innova ICRT? Ternyata tidak mudah! “Karena Innova ini termasuk masih baru, masih sulit untuk mendapatkan performance part-nya, dan masih harus trial and error part mana yang cocok,” papar Chiang yang mengaku biaya yang dibutuhkan bisa mencapai Rp 60-75 juta dan memakan waktu 6 bulan.

Gubahan awal dimulai dari sektor mesin,  turbo VNT standar di ganti dengan turbo RHF4 untuk menghasilkan boost lebih besar sekitar 2.2 bar dari sebelumnya 1.2 bar. Header custom equal length buatan Garage Autowerks untuk mengakomodasi turbo yang sudah diganti.

Tidak ketinggalan air filter diganti dengan aftermarket berbahan cotton dari K&N dan box filter diganti dengan box custom berbahan alumunium. Lanjut dengan penambahan intercooler dengan custom piping untuk mendinginkan udara bertekanan tinggi yang dihasilkan turbo. Terakhir di sektor mesin, pemasangan custom fuel system dari Garage Autowerks.

Setelah sektor mekanikal sudah selesai, tidak lupa fine tune di bagian eletronikal atau ECU dengan cara remap dan pemasangan piggyabck monstermax dari ECU shop sehingga mesin bisa bekerja lebih baik menyesuaikan dengan modifikasi yang telah di lakukan.

Untuk mengimbangi modifikasi di sektor mesin, supaya mobil lebih mudah di kontrol dan dikendarai. Per standar diganti merk Eibach, shock IMB 2 way adjuster, velg ROTA grip ukuran 8.5 – 9.5 dengan ban bagian depan 235/50/18 dan bagian belakang 275/40/18 TOYO T1s.

“Bila ingin menaikan tenaga yang lebih besar lagi, jangan lupa pasang beberapa info meter untuk mengetahui kondisi mesin, agar mesin tetap terjaga dan kita bisa antisipasi kemungkinan mesin jebol,” imbuh Chiang.

Chiang juga memasang Bost meter, EGT meter, Oil Pressure meter dan Oil temperature meter, semua keluaran autometer pada tunggangannya. Tidak ketinggalan juga pemasangan turbo timer dari Portman.

Di sisi Exterior, agar penampilan mendukung performa mesin yang sudah meningkat. Kap mesin diganti dengan carbon hood custom buatan Garage Autowerks. Selain tampilan terlihat lebih “racing look”, bobot mobil juga berkurang karena penggunaan kap mesin berbahan serat karbon.

Dari semua modifikasi diatas, tenaga yang dihasilkan dari pengujian di mesin Dyno, sebesar 238.5HP di 4000 Rpm dan torsi 580 NM.. Innova ini sehari-hari masih sanggup menggunakan Bio diesel dengan konsumsi 1:12. Di sini ICRT ingin membangun mobil yang bisa untuk balap tetapi juga aman untuk digunakan harian.

Chiang bersama tunggangannya saat bersiap-siap turun di lintasan drag

Sumber: berbagai sumber

Foto: berbagai sumber

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top