Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Wiper Fluid vs Air Biasa, Mana Yang Ampuh Saat Berkendara Di Musim Penghujan

Wiper Fluid vs Air Biasa, Mana Yang Ampuh Saat Berkendara Di Musim Penghujan

Manakah yang lebih untuk penggunaan air wiper saat berkendara di musim hujan, apakah dengan wiper fluid atau dengan air biasa, berikut adalah ulasan lengkapnya.

Autos.id – Salah satu komponen yang akan selalu terpakai, terlebih saat berkendara dengan mobil di musim penghujan adalah wiper. Penggunaannya untuk menyapu air yang menempel di kaca agar pandangan ke depan bisa terlihat. Selain itu air wiper atau yang juga disebut wiper fluid juga sangat berperan penting saat berkendara.

Nah, bagaimana apabila wiper fluid sudah habis dan anda menggantinya dengan air biasa, apakah ampuh?

Wiper Fluid vs Air Biasa, Mana Yang Ampuh Saat Berkendara Di Musim Penghujan

Wiper Fluid vs Air Biasa

Berbicara mengenai wiper, salah satu komponen pendukung dari wiper itu sendiri adalah wiper fluid yang memiliki tabung reservoir washer. Fungsi dari wiper fluid ini sendiri adalah agar membantu kinerja wiper agar bisa lebih optimal menyemprot ke kaca yang sudah tertempel dengan air hujan tersebut. Wiper fluid ini keluar dari nozzle yang biasanya dilekatakan di dekat kap mesin dan disemprotkan ke kaca.

Nah, pastinya seiring dengan penggunaan, akan ada waktunya cairan wiper atau wiper fluid ini habis. Dan biasanya wiper fluid ini menggunakan bahan cairan khusus yang biasanya menyerupai sebuah sabun. Namun apakah saat wiper fluid ini habis apakah ampuh apabila diganti dengan air biasa? Jawabannya tentu tidak akan seampuh apabila menggunakan cairan khusus seperti wiper fluid ini.

Penggunaan wiper fluid ini memang dirancang khusus untuk membersihkan kotoran pada kaca depan dan belakang mobil, baik itu air hujan maupun kotoran lainnya. Wiper Fluid sendiri memiliki kandungan konstrat yang memang membutuhkan campuran air biasa untuk bisa menghasilkan kaca yang jauh lebih bersih dan tidak menggangu pandangan pengemudi.

Wiper Fluid vs Air Biasa, Mana Yang Ampuh Saat Berkendara Di Musim Penghujan

Lalu bagaimana apabila hanya menggunakan air biasa sebagai pengganti wiper fluid ini? Nantinya akan menimbulkan lumut pada bagian tabung reservoir wiper fluid tersebut yang berakibat pada washer wiper akan menjadi tersumbat. Terlebih biasanya air biasa memiliki pH yang sangat berbeda, yang apabila terlalu tinggi pH-nya akan membuat karet wiper menjadi tidak elastis dan menyebabkan jamur di kaca mobil anda.

Nah lalu bagaimana apabila air biasa ini dicampur dengan shampoo atau sabun? Sebenarnya masih bisa dilakukan asal tidak menggunakan shampoo rambut atau sabun mandi. Karena kedua benda tersebut memiliki kandungan yang tidak sesuai dan menyebabkan busa yang berlebihan yang justru akan menggangu saat berkendara. Sehingga kembali lagi penggunaan shampoo atau sabun khusus wiper seperti wiper fluid tetap yang terbaik untuk penggunaan di kondisi hujan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga