Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Tips Merawat Ban Serep Yang Perlu Anda Ketahui

Tips Merawat Ban Serep Yang Perlu Anda Ketahui

Pada dasarnya, ban serep merupakan salah satu komponen mobil yang juga membutuhkan perawatan berkala dan terartur meskipun jarang di gunakan.

Autos.id – Berbicara mengenai ban serep atau ban cadangan, bisa dibilang merupakan salah satu komponen yang penting. Mayoritas mobil yang beredar sudah di lengkapi dengan ban serep. Meskipun jarang sekali di gunakan, namun nyatanya sekalinya di gunakan, keberadaan ban serep ini menjadi sangat penting terutama di kondisi darurat.

Meskipun jarang pakai, nyatanya ban serep membutuhkan berbagai perawtan rutin agar ketika memang di butuhkan, bisa di gunakan dengan optimal.

Mungkin tidak ada yang tahu kapan ban serep akan benar-benar di gunakan di mobil Anda. Supaya Anda bisa lebih paham, kali ini Autos.id akan memberi Anda beberapa tips merawat ban serep yang perlu Anda ketahui berikut ini.

Tips Merawat Ban Serep Yang Perlu Anda Ketahui

1. Cek Tekanan Angin

Meskipun ban serep tidak terpakai, nyatanya sangat penting untuk rutin mengecek tekanan angin dari bans erep tersebut. Karena ban serep yang tidak pernah di pakai secara tidak langsung akan memiliki tekanan angin yang terus turun.

Menurunnya tekanan angin ini di sebabkan oleh pori-pori permukaan karet ban. Jadi ketika memang ingin menggunakan ban serep, coba untuk mengisi tekanan angin ban serep tersebut setidaknya setiap 1 bulan sekali.

2. Rutin Rotasi Ban

Saat ban serep yang tidak pernah di gunakan, secara otomatis akan membuat elastisitas dari ban serep ini akan berkurang. Akibatnya akan membuat ban menjadi lebih keras dan memberikan bantingan yang cendrung kurang nyaman.

Sehingga sangat penting untuk rutin melakukan rotasi ban dengan menggantinya dengan keempat ban lainnya. Hal ini perlu di lakukan untuk menjaga elastisitas ban bisa lebih terjaga lagi.

3. Melihat Usia Ban Serep

Tidak hanya ban utama saja yang perlu di perhatikan usia pemakaiannya, ternyata ban serep yang tersimpan juga memiliki masa pakainya. Rata-rata ban bisa di gunakan selama kurang lebih 4 tahun lamanya.

Nah selain mengganti ban utama ketika masa pakainya sudah habis, nyatanya ban serep yang sudah habis masa pakainya juga perlu di ganti. Karena ketika ban sudah lama meskipun tidak pernah di pakai juga memiliki kualitas yang tentu sudah menurun.

4. Rutin Membersihkan Ban Serep

Meskipun jarang di gunakanya, nyatanya ban serep juga perlu dilakukan pembersihan secara rutin. Karena ketika ban serep sudah kotor, tentu akan mengurangi kualitas ban itu sendiri. Serta ban serep yang jarang di bersihkan juga mempengaruhi elastisitas ban itu sendiri.

Jadi sangat penting untuk membersihkan secara rutin ban serep yang Anda miliki tersebut. Terlebih bila ban serep yang di letakan di bagian kolong mobil atau diletakan di belakang yang sering di sebut sebagai ban serep konde.

5. Menggunakan Pelindung Ban Serep

Ada baiknya ketika ban serep tidak di gunakan, selalu di beri pelindung agar ban tetap dalam kondisi optimal serta ban serep tetap bersih. Biasanya banyak beredar di pasaran pelindung ban serep yang bisa Anda aplikasikan ke ban serep mobil Anda.

Selain menjaga dari kotoran akibat hujan, penggunaan pelindung ban serep ini juga akan melindungi dari kondisi cuaca panas yang berpengaruh pada kualitas ban serep itu sendiri.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Tips

Ban serep atau ban cadangan sering luput dari perhatian pemilik mobil. Padahal Anda tak pernah tahu kapan ban tersebut akan dibutuhkan. Jika saatnya tiba...

error: Content is protected !!