Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Subaru Crosstrek Generasi Terbaru, Nama Baru Untuk Subaru XV

Inilah Subaru Crosstrek Generasi Terbaru, Nama Baru Untuk Subaru XV

Crosstrek sendiri merupakan nama baru yang diberikan Subaru untuk menggantikan nama XV meskipun secara model dan basis masih memiliki korelasi yang sama dengan generasi sebelumnya.

Autos.id – Pada ajang GIIAS 2022 silam, Subaru Indonesia resmi menjual crossover andalan mereka yaitu XV. Tetapi Subaru XV yang baru dijual di Indonesia tersebut merupakan versi facelift dari generasi kedua sudah ada di pasar global pada tahun 2020 silam. Di luar negeri, Subaru XV justru baru saja hadir dengan generasi ketiga yang mendapat ubahan sangat signifikan.

Bahkan nama XV sendiri pun diganti namanya menjadi Crosstrek meskipun secara basis dan model masih merupakan lanjutan dari XV.

Inilah Subaru Crosstrek Generasi Terbaru, Nama Baru Untuk Subaru XV

Seperti Inilah Tampilannya

Seperti yang dilansir oleh Autoexpress.co.id pada Jumat (16/9/2022), memang secara tampilan terlihat sangat berbeda jauh dibandingkan XV generasi kedua. Namun Subaru Crosstrek atau XV generasi ketiga ini secara siluet masih mempertahankan bentuk yang pada dasarnya masih mirip dengan XV generasi kedua.

Mulai dari lampu depan yang jauh lebih sipit dengan cluster lampu LED projector lengkap dengan DRL garis pada bagian atas cluster lampu. Kemudian grill mobil ini juga dibuat berbeda dengana danya garis memanjang diatas yang menyambung dengan lampu DRL pada cluster lampunya. Serta tidak ketinggalan bumper model baru serta model housing fog lamp baru yang lebih berotot.

Berlanjut kebagian samping, memang secara siluet masih mirip dengan XV generasi kedua. Tetapi beberapa bagian seperti window line yang berubah terutama dibelakang pilar C, pengguaan roof rail desain baru, serta over fender dengan desain yang lebih kekar. Serta pada bagian area ban dibuat lebih lebar dengan pengguaan ban berukuran 18 inch dual tone model kipas terbarunya.

Inilah Subaru Crosstrek Generasi Terbaru, Nama Baru Untuk Subaru XV

Ubahan signifikan juga berlaku pada bagian belakang mobil ini. Mulai dari pengguaan desain lampu belakang baru dengan model huruf C pada bagian dalamnya. Serta LED Tail Lights yang juga berubah dan terlihat cukup modern dan kekar. Serta bagian bumper mobil ini juga berubah dengan adanya cluding hitam pada bagiam bawah yang melapisi housing lampu mata kucing pada bagian kiri dan kanan bawah bumper mobil.

Berlanjut pada bagian interior, Subaru Crosstrek atau XV generasi ketiga ini hadir dengan ubahan yang tidak kalah drastisnya. Salah satunya yang mencuri perhatian adalah Head Unit Floaing yang dibuat menjulang kebawah. Dengan penggunaan Head Unit seperti itu membuat pengaturan AC otomatis juga dipindahkan ke Head Unit.

Untuk panel instrument sendiri, Subaru masih mempertahankan speedometer dan tachometer analog dengan MID digital yang masih mirip dengan XV generasi kedua. Selain itu karena menggunakan Head Unit Floating ini membuat kisi-kisi AC tengah dashboard dipindahkan ke bagian kiri dan kanan Haed Unit. Serta pada bagian pedal gas dan rem juga sudah menggunakan pedal alumunium.

Inilah Subaru Crosstrek Generasi Terbaru, Nama Baru Untuk Subaru XV

Berbicara mengenai mesin, Subaru Crosstrek atau XV generasi ketiga dibekali dengan mesin Hybrid e-Boxer berkapasitas 2.000 cc, 4 silinder. Namun tenaga dan torsi yang dihasilkan belum diungkapkan oleh pihak Subaru. Tetapi transmisi yang digunakan masih berjenis CVT dengan tetap mempertahankan pengggerak All-Wheel Drive khasnya.

Untuk fitur safety sendiri, Subaru Crosstrek atau XV generasi ketiga ini sudah dilengakpi dengan fitur radar EyeSight. Serta beberapa fitur seperti kamera 360 derajat, LED Cornering Lamp, Kamera Wide Angle, rem parkir elektronik lengkap dengan Auto Hold juga masih dipertahankan. Serta mobil ini juga masih dilengkapi dengan moder berkendara dan mode traksi untuk sistem penggerak AWD pada mobil ini.

Mobil ini hadir pertama kali di Jepang dan baru akan mulai dijual pada awal tahun 2023. Belum diketahui apakah Subaru Crosstrek atau XV generasi terbaru ini akan dibawa ke Indonesia atau tidak. Tetapi dengan mulai seriusnya Plaza Subaru sebagai ATPM Subaru di Indonesia, bukan tidak mungkin Crosstrek atau XV generasi ketiga akan langsung dibawa ke pasar tanah air.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Last updated on 19 November, 2018 Geliat Subaru dalam menciptakan mobil ramah lingkungan memang tidak semenonjol brand lainnya. Kendati begitu, Subaru juga tak mau...

Subaru

Last updated on 15 April, 2016 Swiss, Autos.id – Geneva Motor Show 2016 jadi tempat ditampilkan pertama kalinya Subaru XV generasi mendatang. Muncul dengan...