Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Stir Mobil Ganti Model Lain, Perhatikan Ini

Bagi Anda yang memang senang atau ingin melakukan pergantian model stir di mobil, artikel ini mungkin bisa membantu.

Autos.id – Berbicara mengenai stir, komponen satu ini merupakan salah satu bagian utama dalam menggerakan suatu mobil. Karena putaran stir yang berpengaruh pada putaran roda, tentu akan membuat bisa bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Selain sebagai pendukung kinerja mobil, ternyata stir mobil juga berpengaruh terhadap tampilan interior yang lebih bagus.

Sehingga tidak heran, banyak orang yang memodifikasi seperti mengganti model stir dengan model yang lebih keren dibandingkan bawaan standar pabrik.

Tetapi sebelum mengganti stir dengan model lainnya, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar Anda tidak menyesal setelah melakukan pergantian stir. Kali ini, Autos.id akan memberikan Anda beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengganti stir dengan model lain di mobil Anda.

1. Mengganti Model Dari Brand Yang Sama

Hal pertama yang perlu Anda sebelum mengganti model stir adalah kesesuaian dengan brand mobil yang anda miliki. Misalnya seperti yang banyak terjadi adalah pemilik Mitsubishi Xpander yang mengganti model stir dari Mitsubishi Pajero Sport.

Selain agar ada kesesuaian antara brand mobil yang anda miliki, juga berkaitan dengan konfigurasi setelan ulang. Karena setiap brand memiliki modul setting-an yang berbeda-beda dan tidak bisa sembarangan kustomisasi apalagi secara asal-asalan.

2. Gunakan Part Stir Mobil Original

Hal berikutnya yang juga tidak kalah pentingnya adalah part stir yang terganti pastikan merupakan part original dari brand tersebut. Karena meskipun bentuk modelnya mirip, pasti akan sering temukan part stir yang ternyata KW atau bukan barang original.

Karena apabila menggunakan part stir KW alias bukan barang original akan menimbulkan berbagai masalah. Misalnya berkaitan dengan kelistrikan, tombol audio yang bermasalah, hingga yang paling fatal yaitu berkaitan dengan airbag yang tidak berfungsi saat terjadi kecelakaan.

3. Pemasangan Dilakukan Oleh Spesialis Yang Berpengalaman

Hal lainnya yang perlu Anda perhatikan ketika ingin mengganti stir adalah tempat pemasangannya. Pastikan Anda melalukan pemasangan dan pergantian stir di bengkel atau spesialis yang memang berpengalaman dalam modifikasi ini.

Karena pemasangan dan pergantian part stir ini merupakan salah satu pemasangan yang tidak bisa sembarangan orang lakukan. Apabila ada kesalahan saat proses pemasangan dan pergantian stir, maka resiko yang timbul mungkin bisa berakibat fatal.

4. Memastikan Pemasangan Stir mobil Dilakukan Dengan Sempurna

Setelah pemasangan dan pergantian stir selesai, para mekanik biasanya akan mengatur tombol audio, tes klakson, dan memastikan pemasangan sudah sempurna. Meskipun begitu, Anda tetap perlu memastikan lagi bahwa stir sudah terpasang dengan sempurna.

Serta yang patut Anda lakukan dengan membawanya jalan. Apakah setelah melakukan pergantian model stir, pergerakan stir dan roda masih sama atau berbeda setelah modifikasi tersebut. Hal tersebut memastikan kalau kondisi setir memang kembali normal atau butuh setelah sesuai keinginan dari pemilik mobil.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga