Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Radical SR 10: Mobil Balap dengan Mesin Paling Gahar!

Dengan budget besar, apapun bisa terjadi. Bahkan jika digunakan untuk mewujudkan mimpi Anda untuk menjadi seorang pembalap.

Autos.id  –  Terlebih lagi, saat ini banyak sekali jenis Super Car di pasaran yang memang khusus digunakan untuk balapan di trek balap. Tidak seperti mobil Sport McLaren 765LT dan Lamborghini Huracán STO yang dibuat setengah setengah. Mobil Radical SR10 dibuat khusus agar pembelinya dapat bersaing di trek balap. Radical berbasis di Peterborough, Inggris, tetapi sekitar dua pertiga dari produksinya berasal dari AS. Radical menawarkan serangkaian mobil yang beroperasi dengan prinsip : “setelah Anda mencobanya, Anda akan menginginkan lebih”.

Semua memiliki bodywork yang serupa dan jelas terinspirasi oleh prototipe mobil balap Le Mans. Model populer dari pabrikan Radical adala model entry-level, yaitu mobil SR1 dan midline, mobil SR3. Keduanya menggunakan mesin empat silinder yang bersumber dari sepeda motor Suzuki Hayabusa yang masing-masing menghasilkan 182 dan 226 tenaga kuda. Namun, jika kamu bertanya mana mobil SR yang paling gahar, tidak ada yang bisa mengalahkan SR10.

Radical SR 10 dapat dibeli di beberapa dealer khusus di Amerika Serikat. Mobil ini datang dengan ban licin yang mampu menghasilkan lebih dari 2,0 g cengkeraman lateral dan mencatat waktu putaran yang serupa dengan mobil balap GT3 papan atas. Mobil ini digadang-gadang mampu mendominasi di trek kelas atas melawan berbagai jenis merek supercar lain

Fitur-fitur

SR10 sendiri adalah mobil balap gahar ilegal untuk dipakai di jalanan. Mobil ini menampilkan mesin empat silinder 2.3 liter turbocharged yang dikerjakan ulang oleh Ford. Outputnya kuat, pada 425 kuda dan torsi 380 pon-kaki, dan mesinnya ditugaskan untuk menggerakkan hanya 1600-an pon mobil. Perusahaan mengatakan bahwa baik mesin EcoBoost dan mesin transmisi sekuensial enam kecepatan berspesifikasi balap dapat berjalan selama 40 jam di trek balap.  Radikal mengklaim SR10 dapat mencapai 60 mph hanya dalam 2,4 detik dan mencapai 180 mph.

Sistem Pengereman SR10 berbeda dengan mobil biasa. Mobil Radikal khas dengan cakram balap cast-iron yang menyebabkan rem jadi lebih presisi. Tetapi tanpa ada fitur ABS membuat ban sering dalam posisi hampir terkunci, namun lebih mudah diinduksi karena tingkat downforce berkurang saat melambat dari kecepatan yang lebih tinggi. Untuk tahun 2022, Radical menawarkan kerangka pelindung Halo-Style yang terinspirasi oleh mobil Formula 1.

Dibandingkan dengan SR8

Massa yang sama dengan model SR8, yang sebelumnya menduduki puncak jajaran merek Radical dan menggunakan mesinV-8 yang menggabungkan dua mesin Suzuki 1.3-liter 4-banger pada poros crankshaft. Tetapi meskipun SR10 jauh lebih eksotis, V8 memiliki lebih banyak torsi dan lebih murah untuk dibeli dan dijalankan. V8 juga adalah mobil terlaris Radical sejak mulai dijual pada tahun 2020.

Radical belum mengkonfirmasi harga untuk SR10 tahun 2022, tetapi diekspektasikan harganya masih hampir sama dari versi sebelumnya yaitu $ 161.900 (Rp2,3 miliar). Meskipun harga ini terlihat mahal, harga ini sesuai dengan fitur yang ditawarkan kepada para pemilik jiwa balap.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Baca Juga