Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Mercedes-Benz A Class Facelift Resmi Diluncurkan, Seperti Ini Ubahannya

Mercedes-Benz A Class Facelift Resmi Diluncurkan, Seperti Ini Ubahannya

Facelift dari Mercedes-Benz A Class yang baru saja diluncurkan ini akan mulai dijual dan diproduksi pada awal tahun 2023.

Autos.id – Mercedes-Benz A-Class dengan kode body W177 sudah beredar di pasaran sejak tahun 2018 silam. Artinya, di tahun 2022 ini sudah menginjak usia 4 tahun, sehingga ini adalah saat yang tepat untuk A-Class diberi penyegaran atau facelift. Dan, Mercedes-Benz secara resmi akhirnya meluncurkan versi Facelift dari A-Class ini di pasar global.

Sama seperti sebelumnya, Mercedes-Benz A Class W177 ini tetap hadir dalam bentuk hatchback, sedan, hingga versi performance AMG.

Mercedes-Benz A Class Facelift Resmi Diluncurkan, Seperti Ini Ubahannya

Seperti Ini Ubahannya

Seperti yang dilansir dari Motor1, meskipun facelift A-Class ini terkesan minor, tetapi Mercedes-Benz menyebutkan ubahan yang dihadirkan cukup signifikan. Dimulai dari lampu depan yang diberi revisi desain, serta penggunaan grille yang meskipun secara sekilas masih sama, tetapi diberi sentuhan baru yang lebih segar.

Kemudian ubahan berikutnya adalah penggunaan diffuser baru dengan desain yang lebih sporty. Baik versi sedan maupun hatchback kini dilengkapi dengan desain lampu belakang terbaru meskipun housing-nya masih sama. A-Class terbaru ini juga sudah mendapatkan Velg 19 inch, terutama untuk varian tinggi hingga AMG dengan desain yang lebih sporty. Bahkan, varian AMG juga menggunakan kaliper rem berwarna merah.

Mercedes-Benz A Class Facelift Resmi Diluncurkan, Seperti Ini Ubahannya

Lalu untuk versi AMG, terdapat beberapa aksesoris yang membuatnya lebih sporty. Misalnya seperti penggunaan spoiler dan body kit yang sporty. Serta, tidak ketinggalan penggunaan warna cat doff Mountain Gray Magno yang premium. Versi AMG juga mendapatkn decals dengan nuansa retro dan adanya lapisan alumunium pada bagian interior.

Dibagian interior, ubahan yang paling terasa adalah penggunaan stir terbaru yang bisa dilihat di beberapa model Mercy seperti C-Class terbaru.  Stir ini punya desain palang 3 dengan bagian kiri dan kanan yang seolah terpisah dan unik, memberikan kesan yang berbeda. Berikutnya adalah penggunaan sistem entertainment MBUX yang mendapat update terbaru meskipun masih berbentuk diagonal 10,25 inci. Serta penggunaan jok kulit Nappa yang hadir sebagai standar.

Mesin Mercedes-Benz A Class Facelift

Ubahan paling signifikan pada A-Class facelift terdapat di sektor dapur pacu. Mercedes-Benz A Class Facelift kini mengusung mesin Mild-Hybrid. Mesin 1.300 cc, 4 Silinder Turbo dengan tenaga 161 Hp dan torsi 250 Nm dikawinkan dengan motor listrik 48 Volt yang memberikan tambahan tenaga 12 Hp. Serta versi Plug-In Hybrid (PHEV) dengan mesin yang sama mendapatkan motor listrik yang lebih besar dengan tambahan tenaga hingga 100 Hp lebih.

Versi PHEV juga sudah didukung dengan pengisian daya AC hingga 11 kW atau dengan DC Fast Charging 22 kW yang membuat pengisian daya mobil versi PHEV dari 10 hingga 80% hanya membutuhkan waktu 25 menit. Mesin Mild-Hybrid dan PHEV sama hadir dengan penggunaan transmisi otomatis 7 percepatan Dual Clutch.

Mercedes-Benz A Class Facelift Resmi Diluncurkan, Seperti Ini Ubahannya

Sedangkan untuk varian AMG, A Class akan hadir dengan varian A35 untuk format Hatchback dan sedan, sedangkan varian A45 S hanya tersedia untuk varian Hatchback. Untuk versi A35 kini hadir dengan format mesin Mild-Hybrid yang tetap berbasis dari mesin 2.000 cc, 4 silinder Turbo dengan tenaga 302 Hp dan torsi 400 Nm dengan transmisi 7 percepatan Dual Clutch.

Sedangkan untuk varian A45 S, mesin yang digunakan sama persis dengan A35 dengan tenaga yang lebih besar. Mesin bertenaga 416 Hp dan torsi 500 Nm yang terbilang sangat kencang untuk ukuran mesin 4 silinder. Selain itu, transmisi yang digunakan juga sama yaitu 7 percepatan Dual Clutch dengan penggerak All-Wheel Drive khas Mercedes-Benz 4Matic.

Kabarnya, Mercedes-Benz A Class Facelift ini akan siap diproduksi dan dijual ke konsumen pada awal tahun 2023 mendatang. Untuk kemungkinan masuk ke pasar Indonesia, bila berkaca dari awal kemunculan A-Class generasi saat ini yang berselisih setengah tahun, mungkin saja akan diluncurkan di pasar tanah air di rentang pertengahan tahun 2023.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga