Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Mau Beli Hyundai Creta? Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Hyundai Creta.
Hyundai Creta. (Sumber: Hyundai Indonesia)

Last updated on 19 Maret, 2024

Hyundai Creta dipasarkan di Indonesia dan memiliki tingkat penjualan yang cukup baik.

Autos.id – Creta menjadi salah satu mobil unggulan Hyundai di segmen kendaraan utilitas sport (SUV). Mobil ini menampilkan karakteristik SUV yang berani, dinamis, dan futuristik. Dengan tema ‘Spotlight in Motion’, Creta menjadi mobil pertama yang diproduksi di pabrik Hyundai di Indonesia.

Hyundai Creta pun telah menarik minat banyak orang dan mendapatkan penilaian positif dari berbagai pihak yang menyatakan bahwa mobil ini layak untuk dibeli. Namun perlu dilihat juga bahwa Hyundai Creta memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan secara teliti.

Tampilan belakang Hyundai Creta.

Tampilan belakang Hyundai Creta. (Sumber: Hyundai Indonesia)

Kelebihan Hyundai Creta

Berikut ini adalah kelebihan dari Hyundai Creta yang perlu Anda ketahui:

1. Mesin Kaya Fitur dan Responsif

Hyundai Creta dilengkapi dengan mesin Smartstream 1.5L berkapasitas 1.497 cc. Mesin ini menghasilkan daya sebesar 115 ps pada 6.300 rpm dan torsi 143,8 Nm pada 4.500 rpm. Hyundai mengklaim bahwa Creta dapat mencapai percepatan dari diam hingga 100 kilometer per jam dalam waktu 12 detik untuk transmisi manual dan 11,8 detik untuk transmisi iVT. Kecepatan maksimumnya mencapai 170 kilometer per jam. Creta juga menyediakan beberapa mode berkendara seperti Eco, Comfort, Smart, dan Sport yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda untuk berbagai kondisi jalan dan kebutuhan yang ada.

Baca juga: Ingin Beli SUV? Perhatikan Beberapa Hal Ini

2. Desain Kekinian

Hyundai Creta memiliki desain yang modern dan futuristik. Hyundai menyebutnya sebagai Parametric Dynamic yang ditandai dengan desain grille parametric jewel yang unik. Creta juga dilengkapi dengan lampu DRL LED yang sepenuhnya tersembunyi, sehingga lampu tidak terlihat saat mesin mati. Bagian belakangnya menggunakan desain Boomerang dengan penambahan High mounted stop lamp. Hal ini membuatnya mudah dikenali pada malam hari dibandingkan dengan produk sejenis.

3. Interior Mewah dan Nyaman

Hyundai Creta menampilkan desain interior yang sangat nyaman dan mewah. Hyundai mengadopsi struktur dashboard horizontal yang membentang hingga ke bagian pintu, menciptakan kesan lengkungan sayap. Hal ini memberikan kesan yang dinamis serta memberikan perlindungan bagi penumpang.

Desain interior ini berkontribusi pada ruang yang luas di dalam Creta. Area kabin, legroom, dan headroom menciptakan kesan yang lapang, ditambah dengan kapasitas bagasi sebesar 416 liter yang dapat ditingkatkan hingga 1.384 liter. Sentuhan sporty hadir dari penggunaan setir dengan desain D-cut dan ventilasi vertikal yang unik.

Interior Hyundai Creta.

Interior Hyundai Creta. (Sumber: Hyundai Indonesia)

4. Hyundai SmartSense

Awalnya, fitur keselamatan ini hanya tersedia pada model Hyundai yang paling atas. Namun, kini SmartSense juga dapat dinikmati pada model yang memiliki harga sekitar Rp400 jutaan. Beberapa fitur yang disediakan antara lain forward collision avoidance assist, blind spot collision avoidance assist, lane keeping & lane following assist, driver attention warning, driver rear view monitoring, rear cross traffic collision avoidance assist, safe exit warning, dan high beam assist. Selain itu, terdapat juga fitur keamanan lainnya seperti rear occupant alert, hill start assist control, emergency stop signal, dan vehicle stability management.

Simak artikel tentang Hyundai Creta atau Mitsubishi XForce lainnya

5. Bluelink

Hyundai menghadirkan fungsi smartphone ke tingkat yang lebih tinggi dengan kehadiran Hyundai Bluelink. Fitur ini memungkinkan pemilik kendaraan untuk tetap terhubung dengan mobil mereka melalui smartphone. Beberapa fitur yang dapat diakses melalui Hyundai Bluelink antara lain Remote Engine Start/Stop, Climate Control, Remote Door Lock/Unlock, Remote Horn & Light Control, serta fitur Find My Car yang memungkinkan pemilik kendaraan untuk mengetahui lokasi parkir mobil mereka.

Pemilik kendaraan juga dapat memanfaatkan berbagai fitur canggih, seperti Stolen Vehicle Notification & Stolen Vehicle Tracking yang akan aktif ketika ada upaya pencurian kendaraan. Fitur ini akan mengirimkan notifikasi ke smartphone pemilik dan memungkinkan pengguna Hyundai Bluelink untuk melacak posisi terkini mobil mereka. Fitur-fitur ini didukung juga oleh Stolen Vehicle Immobilization, sebuah layanan yang tersedia di Hyundai Bluelink yang memungkinkan pengguna untuk menghubungi Call Center dan meminta penghentian sementara operasi mobil yang dicuri.

Bluelink pada Hyundai Creta.

Bluelink pada Hyundai Creta. (Sumber: Hyundai Indonesia)

Kekurangan Hyundai Creta

Setelah mengetahui berbagai kelebihan, berikut adalah kekurangan dari Hyundai Creta:

1. Tanpa Mesin Turbo

Salah satu kekurangan Hyundai Creta adalah hanya menggunakan satu varian mesin. Di Indonesia, Creta dilengkapi dengan mesin Smartstream G1.5 yang menggunakan bahan bakar bensin. Menurut spesifikasi resmi, mobil ini dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 115 PS pada putaran mesin 6.300 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya mencapai 143,8 Nm pada putaran mesin 4.500 rpm.

2. Material Plastik

Kekurangan lain yang dapat ditemui pada Hyundai Creta adalah penggunaan material plastik murah yang masih banyak terdapat pada bagian doortrim. Menurut pendapat kami, penggunaan material plastik tersebut tidak memberikan kesan mewah yang seharusnya dimiliki oleh Creta. Terlebih lagi, mengingat harga yang ditawarkan cukup tinggi. Sebaiknya, bagian doortrim dilapisi dengan material kulit atau kain agar plastik murah tidak terlalu terlihat. Meskipun demikian, kekurangan ini tidak mengganggu kenyamanan penggunaan, tetapi lebih berpengaruh pada aspek visual yang kurang menarik.

3. Pembagian Fitur SmartSense Tidak Merata

Salah satu kekurangan Hyundai Creta adalah tidak semua varian dilengkapi dengan teknologi Hyundai SmartSense secara lengkap. Pabrikan Hyundai hanya menyediakan fitur ini untuk varian tertinggi atau varian Prime dengan harga Rp 404 juta (OTR Jakarta).

Secara khusus, varian Creta Prime dilengkapi dengan fitur seperti high beam assist (HBA), forward collision-avoidance assist (FCA), manual speed limit assist (MSLA), lane keeping assist (LKA), lane following assist (LFA), driver attention warning (DAW), driver rear view monitor (DRVM), blind spot collision avoidance assist (BCA), safe exit warning (SEW), serta rear cross traffic collision avoidance assist (RCCA).

4. Tanpa Fitur Hands-free Open Tailgate

Hyundai Creta memiliki kekurangan lain yaitu tidak dilengkapi dengan fitur Hands-free Open Tailgate. Fitur ini sudah tersedia di Honda HR-V Turbo atau varian tertinggi. Meskipun terlihat sepele, fitur tersebut tentu memiliki manfaat bagi pemilik mobil yang membawa barang bawaan yang banyak. Dengan fitur Hands-free Open Tailgate, pemilik mobil tidak perlu repot menekan tombol di remote kunci mobil. Pemilik mobil hanya perlu mengayunkan kaki di bawah pintu bagasi dan otomatis pintunya akan terbuka. Hal ini membuat pemilik mobil lebih mudah memasukkan barang bawaan ke dalam bagasi mobil.

5. Tanpa Fitur Adaptive Cruise Control With Low-Speed Follow

Hyundai Creta juga memiliki kekurangan lain yang perlu diperhatikan, yaitu ketiadaan fitur Adaptive Cruise Control (ACC). Sementara itu, fitur ini sudah ada pada Honda HR-V untuk semua varian.

Adaptive cruise control adalah fitur yang memungkinkan mobil untuk menyesuaikan kecepatannya dengan mobil di depannya. Jika mobil di depan melambat, mobil akan melakukan deselerasi atau pengereman. Sebaliknya, jika mobil di depan berakselerasi, mobil secara otomatis akan meningkatkan kecepatannya.

Fitur Adaptive Cruise Control ini juga mampu menyesuaikan jarak dengan mobil di depan. Fitur ini memberikan jarak aman antara kendaraan, sehingga dapat mencegah terjadinya tabrakan ketika adaptive cruise control aktif.

Jok belakang Hyundai Creta.

Jok belakang Hyundai Creta. (Sumber: Hyundai Indonesia)

6. Jok Belakang Sempit

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Hyundai Creta adalah ukuran jok belakang yang tergolong sempit. Posisi duduk di jok belakang kurang nyaman bagi penumpang dengan postur tinggi. Ruang kaki juga terasa agak sempit. Hal ini dapat mengurangi kenyamanan saat melakukan perjalanan, terutama dalam perjalanan jarak jauh. Sebaiknya, sebelum membeli, pastikan untuk mencoba duduk di bagian belakang saat melakukan test drive guna mengetahui kenyamanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Hyundai Creta. Bagaimana? Sudah siap meminang mobil impian yang satu ini?

Baca juga: Simulasi Cicilan Hyundai Creta 2023

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Last updated on 15 April, 2024 Autos.id – Februari lalu, Hyundai turut memeriahkan pameran Indonesia International Motor Show 2024 yang digelar JIExpo Kemayoran, Jakarta...

Komparasi

Last updated on 27 Maret, 2024 BYD Seal dan Hyundai Ioniq 5 dipasarkan di Indonesia, dimana keduanya memiliki komparasi yang menarik. Autos.id – BYD...

Mobil

Autos.id – Pasaran otomotif dunia memang mengalami perkembangan yang cukup menarik untuk diketahui. Dalam hal ini, kendaraan dengan memiliki spesifikasi ramah lingkungan juga tengah...

Mobil

Last updated on 26 Maret, 2024 Autos.id – Hyundai merupakan salah satu merk otomotif yang tengah berkembang pada saat ini di seluruh dunia. Dengan...

error: Content is protected !!