Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Maserati Grecale 2023 Resmi Meluncur, Siap Menantang Porsche Macan!

Maserati Grecale 2023 Resmi Diluncurkan, Siap Melawan Porsche Macan
Bagian Depan Maserati Grecale

Awalnya Porsche Grecale ini seharusnya sudah diluncurkan pada November tahun lalu. Namun krisis Chip Semikonduktor membuat peluncuran mobil ini baru bisa dilangsung Maret ini.

Autos.id – Baru-baru ini, pabrikan otomotif ternama asal Italia, Maserati meluncurkan SUV compact terbarunya yang dinamakan Grecale. Nantinya mobil ini akan menjadi competitor utama dari sesama compact SUV premium, Porsche Macan serta di proyeksikan sebagai mobil tulang punggung Maserati dalam beberapa tahun mendatang.

Maserati Grecale ini diposisikan berada dibawah Levante yang sebelumnya adalah SUV terkecil dan terjangkau dari Maserati.

Resmi Diluncurkan Setelah Sempat Tertunda

Seperti yang diberitakan oleh Reuters beberapa waktu lalu, awalnya Maserati Grecale seharusnya sudah diluncurkan pada November tahun lalu. Namun sayangnya, krisis kelangkaan Chip Semikonduktor yang terjadi membuat peluncuran mobil ini harus tertunda hingga bulan Maret ini. Maserati juga menyebut kehadiran Grecale ini menjadi awal dari perubahan strategi yang dilakukan pabrikan asal Italia tersebut.

Kabarnya Maserati Grecale akan mulai segera dijual ke konsumen pada paruh kedua tahun ini di Eropa serta akan menyusul ke Amerika Utara dan Amerika Latin pada musim gugur tahun ini. Kabarnya ada 3 varian dari Maserati Grecale yang akan dijual ke konsumen yaitu varian GT, Modena, serta Trofeo. Nantinya Maserati Grecale akan hadir baik dalam konfigurasi mesin Hybrid serta mesin listrik murni alias EV.

Maserati Grecale 2023 Resmi Diluncurkan, Siap Melawan Porsche Macan

Bagian Belakang Maserati Grecale

Tetapi untuk yang akan dijual ke konsumen saat ini adalah konfigurasi mesin berkapasitas 3.000 cc, V6 dengan Twin-Turbo yang diambil dari MC20. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai hingga 523 Hp di 6.500 rpm dan torsi mencapai 620 Nm di 3.000 rpm. Tenaga dan torsi yang dihasilkan tersebut disalurkan melalui penggerak All-Wheel Drive dengan transmisi dari ZF dengan 8 percepatan.

Selain varian mesin 3.000 cc V6, Maserati juga menghadirkan varian mesin 4 silinder 2.000 cc Turbo untuk varian entry level-nya yaitu GT. Mesin tersebut juga digabungkan dengan teknologi Mild Hybrid yang bisa menghasilkan tenaga hingga 296 Hp di 5.750 rpm dan torsi 450 Nm di 2.000 rpm. Tenaga dan torsi tersebut juga disalurkan melalui sistem AWD juga dengan transmisi ZF 8 percepatan. Untuk varian menengahnya yaitu varian Modena, mesin yang digunakan sama persis dengan varian GT yang merupakan varian entry level-nya. Bedanya tenaganya sedikit dinaikan menjadi 325 Hp dengan torsi yang sama yaitu 450 Nm.

Berbicara mengenai akselerasi, 0 hingga 100 km/jam untuk varian GT atau yang varian terendahnya adalag 5,6 detik. Untuk varian Modena bisa lebih cepat 0,3 detik dibandingkan varian GT. Sedangkan untuk varian Trofeo yang merupakan varian teringgi dengan mesin 3.000 V6, 0 hingga 100 km/jam bisa tuntas hanya dalam waktu 3,8 detik. Untuk top speed sendiri, varian dengan mesin 2.000 cc Turbo bisa melaju hingga 149 mil/jam alias 240 km/jam. Sedangkan untuk varian tertinggi dengan mesin 3.000 cc, V6 top speed-nya bisa mencapai 177 mil/jam alias 285 km/jam.

Eksterior dan Interior Mewah

Meskipun masuk kedalam mobil SUV terjangkau dari Maserati, tetapi Grecale tergolong mobil yang cukup besar dan tidak se compact itu juga. Panjang mobil ini mencapai 4.864 mm, lebar 1.979 mm, serta tinggi 1.670 mm. Untuk Whellbae, mobil ini memiliki panjang sumbu roda diangka 2.901 mm. Hal ini akan berpengarug pada ruang kaki untuk penumpang yang duduk dibaris belakang.

Secara desain, mobil ini mengusung perpaduan antara eksterior mobil yang sporty serta mewah yang menyatu jadi satu. Terlebih dengan pengguaan desain lampu unik khas Masetati serta penggunaan grill yang berada agak kebawah yang juga terlihat unik. Sedangkan untuk bagian samping mobil ini juga tidak kalah menarik dengan lekukan kaca belakang yang unik serta penggunaan ban berukuran besar yang menguatkan kesan yang kekar tetapi sporty.

Maserati Grecale 2023 Resmi Diluncurkan, Siap Melawan Porsche Macan

Interior Maserati Grecale

Sedangkan bagian belakang mobil ini juga tidak kalah menariknya. Mulai dari desain lampu yang bisa dibilang tidak kalah menariknya. Serta bumper belakang dengan lekukan yang sporty dengan penggunaan desain knalpot ganda yang berlubang asli serta memiliki desain yang unik dan sporty yang memperkuat perpaduan sporty dan mewah yang cukup kental.

Beralih kebagian interior, desain modern futurstik juga terlihat sangat kental pada mobil ini. Mulai dari penggunaan speedometer full layar, layar entertainment system dengan interface yang unik dan lengkap dengan konektifitas ke smartphone, serta tidak ketinggalan adanya sound system premium dari Sonus dengan 21 Speaker hingga 1.000 watt.

Tidak ketinggalan desain dashboard mobil ini yang juga tergolong cukup menarik dan terlihat futuristis lengkap dengan penggunaan bahan-bahan berkualitas. Meskipun serba modern dan canggih, masih diselipkan beberapa tombol fisikal yang akan memudahkan penggunaan saat mengoperasikan AC maupun layar entertainment system pada mobil ini.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Maserati Grecale rencananya akan diumukan pada 22 Maret 2022 setelah sebelumnya sempat tertunda. Autos.id – Sebenarnya perusahaan sudah merencanakan akan memperkenalkannya model ini tahun lalu, tetapi...