Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Kia Carens Terbaru Meluncur Di India, Berwujud SUV

Kia Carens Terbaru Meluncur Di India, Kini Berwujud SUV

Kia Carens terbaru ini merupakan mobil yang dirakit di India. Mengingat beberapa mobil Kia di Indonesia merupakan rakitan India, tidak menutup kemungkinan akan segera masuk ke tanah air.

Autos.id – Kia Carens selama ini dikenal sebagai mobil MPV dengan harga yang tergolong cukup terjangkau. Dimana bila diumpamakan Carens ini merupakan mobil yang kurang lebih berada satu kelas dengan Avanza, Xenia, Ertiga, atau mungkin Xpander. Diakhir 2021 ini, Kia di India meluncurkan Carens geerasi terbaru dengan wujud yang berbeda, yaitu berwujud SUV.

Mobil ini kurang lebih menyerupai Low SUV yang ada di Indonesia, seperti Xpander Croos, Rush, Terios, BR-V, dan XL7 yang sama-sama berkonfigurasi 3 baris.

Perpaduan antara MPV dan SUV

Kelas Low MPV dan Low SUV saat ini hampir tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Dan Kia Carens terbaru ini merupakan mobil terbaru yang menggabung kepraktisan ala MPV tetapi hadir dengan wujud ala SUV. Kia sendiri menyebut Caren generasi terbaru ini dengan sebutan Recreational Vehichle. Dan supaya lebih berbeda dengan mobil sekelasnya, ada beberapa hal menarik yang menjadi pionir dikelasnya.

Kia Carens Terbaru Meluncur Di India, Kini Berwujud SUV

Mulai dari fiturnya, karena mobl ini memiliki emblem Carens dibagian bawah stir mobil yang memberikan kesan berbeda. Kemudian ada juga ambient light yang kemungkinan juga merupakan Sound Mood Lamp yang juga kita temui di Kia Sonet. Serta adanya Wireless Charging untuk pengisian daya Smartphone juga hadir untuk tipe tertingginya.

Berikutnya adalah mobil ini memiliki jok pendingin yang juga pertama kali dikelasnya. Kurang lebih sepeti yang ada di Kia Sonet yang akan sangat berguna dinegara tropis seperti India atau mungkin Indonesia apabila benar akan diluncurkan disini. Kemudian panel AC digital yang membuat kesan modern. Serta penggunaan sistem infotaiment yang menggunakan layar 10,25 inch lengkap dengan fitur Apple Carplay dan Android Auto serta speaker dari Bose.

Yang menarik dari mobil ini adalah Kia Carens hadir dengan 2 pilihan konfigurasi kursi. Kedua konfigurasi ini sama-sama dengan layout 3 baris dimana terdapat pilihan 7 seater serta 6 seater dimana baris kedua menggunakan Captain Seat. Karena ini merupakan mobil 3 baris, AC double Blower jelas hadir sebagai standar. Serta yang menjadi poin lebih dibanding para rivalnya adalaha adanta Sunroof dimobil ini.

 

Tampilan Ala-Ala SUV

Karena Kia Carens generasi terbaru ini hadir dengan format layaknya Low SUV, beberapa aksen yang menguatkan SUV juga cukup terasa disini. Mulai dari roof rail dibagian atap serta plastik cladding hitam dibagian spakbor yang memperkuat kesan SUV dimobil ini. Lalu juga desain secara keseluruhan yang memang dibuat gagah ala SUV dengan beberapa lekukan tajam yang terlihat macho dan gagah.

Kia Carens Terbaru Meluncur Di India, Kini Berwujud SUV

Untuk dimensi mobil ini, kurang lebih dimesin mobil ini mirip-mirip dengan para pemain disegmen Low SUV. Panjang mobul ini adalah 4.540 nn, lebar 1.800 mm, tinggi 1.700 mm, dan wheelbase 2.780 mm. Wheelbase yang panjang ini cukup berpengaruh pada ruang dikabin yang pastinya lebih lega. Untuk ground clearance mobil ini tidak tergolong tinggi seperti mobil sekelasnya, yaitu diangka 195 mm.

Untuk fitir safety ini sendiri juga tergolong komplit meskipun bukan yang teralu superior. Karena fitur safety sense atau safety active belum ada dimobil ini. Tapi fitur esensial yang wajib seperti 6 airbag, Stability Control, Hill Start Assist, TPMS untuk pemantau ban hadir sebagai standar. Serta keempat roda sudah menggunakan rem cakram.

 

3 Pilihan Mesin

Kia Carens terbaru ini hadir dengan 3 pilihan mesin. Yang pertama adalah mesin standar 1.500 cc, 4 silinder, NA dengan teknologi Smartstream. Mesin yang sama ditemukan di Kia Sonet memiliki tenaga 115 PS, dan torsi 144 Nm dengan pilihan transmisi 6 speed manual dan CVT atau yang disebut juga dengan IVT.

Piliha mesin kedua adalah mesin bensin 1.400 cc, 4 silinder dengan Turbo. Mesin ini sama denga napa yang ada di Kia Seltos. Tenaga yang dihasilkan adalah 140 PS dengan torsi mencapai 242 Nm. Dan pilihan transmisinya yaity 6 speed manual serta transmis Kopling Ganda 7 speed yang juga sama dengan Kia Seltos di Indonesia.

Kia Carens Terbaru Meluncur Di India, Kini Berwujud SUV

Dan yang terakhir adalah pilihan mesin Diesel dengan kapasitas 1.500 cc, 4 silinder, dengan Turbo. Mesin ini juga sama yang anda temukan di Kia Seltos Diesel yang baru-baru ini diluncurkan di Indonesia. Mesin ini memiliki tenaga yang besar untuk ukuran 1.500 cc Diesel, yaitu 115 Ps dengan torsi yang juga cukup besar 250 Nm. Pilihan transmisnya yaitu 6 speed manual dan 6 speed otomatis konvensional.

Belum tahu apakah Kia Carens generasi terbaru ini akan masuk atau tidak ke Indonesia. Tetapi mengingat segmen Low SUV ini sedang naik daun serta brand Kia yang juga tengah naik daun, tidak menutup kemungkinan Kia Indonesia dibawah Indomobil ini akan membawa Carens terbaru ini ketanah air. Kita nantikan saja.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 24 Mei, 2024 Autos.id – Pabrikan otomotif asal Korea Selatan, KIA kembali menghadirkan produk terbaru mereka, yakni KIA Sorento 2024. Produk...

Mobil

Autos.id – Tidah hanya pabrikan Hyundai, pabrikan otomotif asal Korea Selatan lainnya yaitu KIA juga turut menghadirkan varian model terbarunya di tahun 2024 ini....

Daftar Harga Mobil

Last updated on 24 Januari, 2024 Mobil SUV masih menjadi primadona untuk masyarakat Indonesia, entah mobil baru atau bekasnya. Autos.id – SUV adalah singkatan...

KIA

  Autos.id – Pada acara EV Day tahunan perusahaan, Kia telah mengungkapkan lebih banyak rincian mengenai model EV5 yang akan datang. Salah satu kabar...

error: Content is protected !!