Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Kesalahan Berkendara Dengan Mobil Matic

Beberapa Kesalahan Ketika Berkendara Dengan Mobil Matic Yang Perlu Diketahui

Kesalahan dari para pengguna mobil matic ini berpotensi untuk membuat mobil yang mereka miliki justru tidak awet dan rentan mengalami kerusakan.

Autos.id – Kesalahan dari mobil matic banyak sekali namun itu semua berawal dari sebuah perilaku. Berbicara mengenai mobil, pada dasarnya memiliki 2 pilihan transmisi yaitu Manual dan Matic. Dikota-kota besar yang rentan dengan kemacetan, penggunaan mobil dengan transmisi Matic semakin banyak digemari karena berbagai alasan. Salah satunya karena penggunaan yang praktis dan tidak memerlukan kerja kaki kiri untuk menginjak pedal kopling.

Meskipun penggunaannya mudah, masih banyak para pengguna mobil-mobil matic yang sering salah mengoperasikan mobil mereka ketika berkendara.

Tentu berbagai kesalahan ini perlu minimalisir agar mobil Matic Anda tidak mengalami sesuatu yang janggal. Kali ini Autos.id akan memberikan Anda beberapa fakta dari kesalahan yang sering terjadi ketika berkendara dengan mobil Matic dan perlu Anda pahami berikut ini.

Beberapa Kesalahan Ketika Berkendara Dengan Mobil Matic Yang Perlu Diketahui

1. Posisi Transmisi Saat Berada Di Lampu

Kesalahan pertama yang sering terjadi pada pengguna mobil Matic adalah soal penempatan posisi transmisi pada lampu merah. Masih banyak orang-orang yang tidak memindahkan posisi transmisi ke N dan tetap bertahan di transmisi D sambil menahan rem.

Karena yang terjadi ketika transmisi tetap di D saat lampu merah dan Anda tidak sengaja melepas pedal rem, mobil akan berjalan sendiri. Selain itu dengan terus menerus menaham rem, tentu rem mobil tidak akan pakem untuk dipakai secara terus menerus. Sehingga kerusakan mobil matic tak bisa kita hindari.

2. Posisi Kaki Di Pedal Mobil

Ketika menggunakan mobil Matic, hanya ada 2 pedal dibagian bawah stir yaitu pedal gas dan rem. Artinya tidak ada pedal kopling pada sebuah mobil Matic. Namun masih banyak orang-orang yang menempatkan 2 kaki pada 2 peda yang berbeda.

Karena pada dasarnya, mobil Matic hanya mengandalkan 1 kaki saja yaitu kaki kanan. Selain itu penggunaan 2 kaki di 2 pedal yang berbeda tentu sangat membahayakan serta membuat kampas rem jadi cepat habis.

Baca Juga:

3. Penggunaan Transmisi Saat Jalanan Menanjak Dan Menurun

Banyak orang yang malas untuk tidak memindahkan tuas transmisi ke gigi rendah ketika melewati jalanan yang terjala seperti tanjakan atau turunan. Karena penggunaan transmisi ke gigi L akan mempermudah kerja kopling, terutama pada melewati tanjakan curam.

Lalu ketika melewati turunan tajam, penggunaan transmisi di gigi L akan menambah engine brake yang lebih optimal. Meskipun begitu, ada suatu kondisi yang mengharuskan Anda tetap mengkombinasikan gigi D dan L secara bergantian.

4. Parkir Mobil Paralel Yang Benar

Hal berikutnya yang terkadang sering diabaikan adalah ketika mobil diparkir dalam kondisi parallel. Pada dasarnya, setiap mobil Matic memiliki caranya tersendiri agar mobil bisa didorong ketika sedang parkir paralel dan memudahkan pemilik mobil lainnya keluar atau masuk.

Salah satu caranya dengan memanfaatkan Shift Lock Release dengan tetap mematikan mobil dalam kondisi transmisi di P. Lalu gunakan tombol tersebut sambil memindahkan transmisi ke N atau Netral agar mobil bisa didorong.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga