Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Ingin Perjalanan Road Trip Akhir Tahun, Ini Yang Perlu Anda Persiapkan

Ingin Perjalanan Road Trip Akhir Tahun, Ini Yang Perlu Anda Persiapkan

Sebelum Anda melakukan perjalanan road trip akhir tahun kali ini, beberapa tips dibawah ini perlu anda perhatikan dengan seksama.

Autos.id – Memasuki akhir tahun 2022, tentu beberapa di antara Anda sudah mempersiapkan diri untuk berlibur di masa Natal dan Tahun Baru kali ini. Salah satunya dengan road trip akhir tahun dengan kendaraan pribadi bersama dengan keluarga atau orang-orang tercinta Anda. Selain mempersiapkan fisik yang prima, kondisi kendaraan yang prima tentu merupakan hal yang mutlak Anda perlukan.

Kali ini Autos.id akan memberikan Anda beberapa persiapan yang perlu diperhatikan sebelum road trip akhir tahun berikut ini.

1. Servis Berkala Di Bengkel Resmi

Sebelum mempersiapkan perjalanan road trip akhir tahun ini, tentu kendaraan harus berada dalam kondisi prima. Salah satu caranya dengan melakukan servis berkala untuk memastikan bahwa kendaraan yang ingin digunakan road trip dalam keadaan layak jalan.

Saran kami, Anda melakukan pengecekan kondisi kendaraan Anda di bengkel resmi. Karena biasanya bengkel resmi akan mengecek ke berbagai sisi kendaraan secara menyeluruh dan mendetail untuk memastikan kendaraan Anda layak jalan.

2. Mempersiapkan Saldo Uang Elektronik Yang Cukup

Apabila Anda melakukan perjalanan dengan mobil, pastinya Anda akan melalui jalan tol bukan. Ketika melewati jalan tol, tentunya kartu uang elektronik adalah benda wajib yang harus Anda miliki sebagai alat transaksi pembayarannya.

Sebelum melakukan road trip, pastikan saldo uang elektronik sudah terisi dengan nominal yang cukup atau bisa dilebihkan saja. Sehingga Anda tidak perlu panik atau heboh sendiri ketika ingin bayar tol ternyata saldo uang elektronik Anda ternyata tidak cukup.

3. Istirahat Yang Cukup

Road trip akhir tahun biasanya akan melakukan perjalanan yang sangat jauh. Sehingga sangat penting dalam menjaga kondisi tubuh Anda agar selalu dalam kondisi prima. Salah satu caranya adalah dengan istirahat yang cukup.

Ketika Anda merasa sudah terlalu lama menyetir atau merasa kelelahan, jangan dipaksakan untuk nekad melanjutkan perjalanan. Beristirahat di Rest Area yang layak selama beberapa waktu sepeti misalnya 30 menit hingga 1 jam untuk setidaknya rehat sejenak seperti makan, ibadah, buang air kecil atau besar, hingga tidur sejenak.

4. Memiliki Supir Pengganti

Ketika perjalanan seperti road trip di akhir tahun seperti saat ini, tentu penting untuk menjaga kondisi tubuh. Selain beristirahat dengan cukup, adanya orang lain yang bisa mengemudi tentu menjadi nilai plus dalam sebuah perjalanan road trip.

Terlebih ketika pengemudi utama membutuhkan istirahat, adanya orang lain yang bisa mengemudi tentu akan meringankan perjalanan road trip akhir tahun anda. Serta mungkin akan mempersingkat waktu perjalanan dibandingkan ada tambahan waktu istirahat yang akan menambah lama waktu perjalanan.

5. Patuhi Setiap Rambu Atau Petunjuk

Hal yang sepele tetapi sering dianggap remeh orang, yaitu mematuhi segala rambu atau petunjuk saat berkendara. Di perjalanan jauh dengan waktu yang lama seperti road trip ini, tentu patuh akan setiap aturan yang berlaku di jalan merupakan hal yang mutlak.

Selain akan memperlancar perjalanan road trip anda, tentu akan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan. Dan yang tidak kalah penting bahwa Anda berperan dalam menciptakan perjalanan yang menyenangkan serta aman.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga