Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Belum Lama Diperkenalkan, SPK Suzuki Grand Vitara Sudah Mencapai 40 Ribuan Unit

Belum Lama Diperkenalkan, Suzuki Grand Vitara Sudah Mendapatkan Pemesanan Hingga 40 Ribuan

Sejatinya Suzuki Grand Vitara baru akan dijual secara resmi dan dikirimkan ke konsumen pada bulan September mendatang.

Autos.id – Suzuki Grand Vitara generasi terbaru memang belum lama diluncurkan oleh Maruti Suzuki di India. Mobil yang juga memiliki kembaran Toyota Urban Cruiser Hyryder ini sudah mendapat sambutan yang sangat positif di negara asalnya tersebut. Bahkan mobil ini sejatinya belum dikirimkan secara resmi ke konsumen tetapi sudah mendapat angka pemesanan yang tergolong sangat tinggi.

Setelah kurang lebih 1 bulan mobil ini diperkenalkan, Suzuki Grand Vitara generasi terbaru ini sudah membukukan angka pemesanan hingga 40 ribuan unit.

Belum Lama Diperkenalkan, Suzuki Grand Vitara Sudah Mendapatkan Pemesanan Hingga 40 Ribuan

Angka Peluncuran Yang Tergolong Tinggi

Seperti yang dilansir oleh India Car News pada Senin (29/8/2022), meskipun sudah diluncurkan secara resmi, sejatinya pengiriman pertama ke konsumen pada Suzuki Grand Vitara ini baru dilakukan pada bulan September mendatang. Tetapi meskipun belum dijual secara resmi dan dikirimkan ke konsumen, SPK mobil ini sudah mencapai 40.000 khusus untuk pasar India.

Sejak kehadiran Suzuki Grand Vitara generasi terbaru ini, bisa dibilang sudah mendapat sambutan yang sangat positif. Bahkan mobil ini juga memiliki kembaran dari Toyota yang memiliki nama Urban Cruiser Hyryder yang juga mendapat animo yang sangat besar di negeri Bollywood tersebut. Bahkan Suzuki Grand Vitara juga mengadopsi mesin dengan teknologi Hybrid yang diambil langsung dari Toyota.

Ada 2 pilihan yang dihadirkan oleh Suzuki Grand Vitara terbaru ini yaitu mesin K15C berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder Mild Hybrid yang menghasilkan tenaga 103 Hp dan torsi 138 Nm yang hadir dengan transmis manual 5 speed dan otomatis 6 speed dengan Paddle Shift. Mesin ini selain hadir dengan penggerak roda depan juga hadir dengan penggerak All-Wheel Drive yang disebut Suzuki sebagai AllGrip.

Yang kedua adalah mesin Hybrid yang lebih besar dan diambil langsung teknologinya dari Toyota. Sama-sama mengusung mesin 1.500 cc, 4 silinder tetapi dilengkapi dengan Atkinson Cycle yang menghasilkan tenaga 92 Hp dan torsi 122 Nm. Tetapi mesin ini dibantu dengan motor listrik yang memberikan total tenaga 114 Hp dan torsi 144 Nm yang disambungkan dengan transmisi E-CVT.

Belum Lama Diperkenalkan, Suzuki Grand Vitara Sudah Mendapatkan Pemesanan Hingga 40 Ribuan

Salah satu point utama dari Suzuki Grand Vitara terbaru yang membuatnya sangat laris manis dipesan konsumen adalah klaim konsumsi BBM-nya. Untuk varian mesin Mild Hybrid konsumsi BBM yang dihasilkan bisa mencapau 21,11 km/liter untuk varian manual, 20,5 km/liter untuk varian otomatis FWD, serta 19,38 km/liter untuk varian AWD.

Yang lebih menarik adalah varian mesin Hybrid Atkinson Cycle yang memiliki konsumsi BBM yang jauh lebih irit lagi yaitu diangka 27,9 km/liter. Serta varian mesin Hybrid ini juga sanggup berjalan tanpa mesin dinyalakan sejauh 25 km. Dengan begitu setidaknya akan membuat efisiensi dan ramah lingkungan yang menjadi jauh lebih baik lagi.

Selain konsumsi BBM yang sangat irit, secara tampilan, Suzuki Grand Vitara hadir dengan desain yang jauh lebih modern tetapi tetap mempertahankan konsep macho seperti Grand Vitara sebelumnya. Serta dari fitur dan safety juga tergolong OK seperti 6 airbag, VSC, HHC, rem cakram di 4 roda, serta kamera 360 untuk varian-varian tinggi.

Berbicara mengenai peluang masuk Indonesia, hingga saat ini belum diketahui apakah Suzuki Indonesia akan memasukan mobil ini ke Indonesia atau tidak. Tetapi banyak yang menduga bahwa generasi terbaru Grand Vitara ini akan masuk ke Indonesia paling tidak di tahun 2023 mendatang dengan status CBU atau Impor secara utuh dari India, kita nantikan saja pastinya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Kabarnya Suzuki Jimny 5 Pintu akan diproduksi di pabrik Maruti Suzuki India dan akan diluncurkan di tahun 2023 serta akan diekspor ke beberapa negara....

Mobil

Nantinya Suzuki Baleno Cross juga akan memiliki kembaran dari Toyota sama seperti produk Maruti Suzuki lainnya yang juga memiliki produk kembar dari Toyota di...

Reviews

Suzuki Alto K10 ini dibangun dibawah platform Heartect yang juga digunakan oleh beberapa produk Suzuki lainnya seperti S-Presso yang menjadi kakak dari mobil ini....

Mobil

Selain Glanza dan Urban Cruiser, Toyota India melalui ATPM Toyota Kirloskar Motor juga baru saja meluncurkan produk terbaru hasil rebadge dari Maruti Suzuki, yaitu...