Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Alpina B4 2023 Resmi Diperkenalkan, Berbasis BMW Seri 4 Gran Coupe

Alpina B4 2023 Resmi Di Perkenalkan, Berbasis BMW Seri 4 Gran Coupe
Bagian Depan Alpina B4 2023

Basis mobil ini adalah dari BMW Seri 4 Grand Coupe dengan beberapa ubahan yang menyangkut desain serta mesin yang lebih bertenaga.

Autos.id – Alpina, salah satu divisi yang berada di bawah naungan BMW baru-baru ini resmi meluncurkan  Alpina B4 model tahun 2023. Mobil ini sendiri berbasis dan memiliki bentuk body yang sama dengan BMW Seri 4 Gran Coupe yang memiliki konfigurasi 4 pintu. Dibandingkan seri 4 Gran Coupe dari BMW, versi dari Alpina ini mendapat ubahan yang cukup signifikan lengkap dengan mesin yang lebih bertenaga.

Mobil ini sebenarnya tidak di ciptakan oleh BMW untuk menjadi sebuah BMW M4 Gran Coupe seperti yang mereka ungkapkan tahun lalu tersebut.

Alpina B4 2023 Resmi Di Perkenalkan, Berbasis BMW Seri 4 Gran Coupe

Bagian Belakang Alpina B4 2023

Beberapa Perubahan Signifikan

Bila dibandingkan dengan BMW Seri 4 Gran Coupe hal yang cukup berubah secara signifikan adalah pada bagian desain. Meskipun masih mengsung konsep bodi yang sama dengan BMW Seri 4 Grand Coupe, Alpina merubah beberapa hal. Yang paling jelas terlihat adalah penggunaan velg berukuran 20 inch dengan model jari-jari yang Alpina sebut sebagai set Alpina Classic yang identik dengan ciri khas Alpina.

Perubahan berikutnya adalah dari bentuk spoiler depan serta spoiler belakang yang berbeda di bandingkan Seri 4 Gran Coupe. Tidak ketinggalan dibawah 2 kidney grill raksasa dibagian depan, terdapat tulisan Alpina yang berada tepat di bagian body kit mobil ini. Selain itu masih sama serta bagian interior yang juga masih sama dengan BMW-BMW modern yang di beri beberapa perubahan detail kecil.

Dan tentu saja hal utama yang menjadi perubahan paling utama pada Alpina B4 2023 ini adalah penggunaan mesin yang lebih bertenaga. Bila BMW Seri 4 Gran Coupe standar menggunakan mesin 2.000 cc, 4 silinder Turbo, maka untuk Alpina B4 menggunakan mesin yang setara dengan BMW M3 dan M4 Coupe yaitu 3.000 cc, 6 silinder dengan Twin-Turbo.

Mesin tersebut 496 Hp dengan torsi yang mencapai 550 Nm. Mesin tersebut bukanlah berasal dari varian M3 atau M4 Competition yang memiliki tenaga yang jauh lebih buas meskipun dengan penggunaan mesin yang sama. Mobil ini di salurkan melalui roda belakang dan di padukan dengan transmisi 8 speed Tourque Coverter dari ZF sama seperti yang ada di M3 dan M4.

Interior Alpina B4 2023

Bila berkaca pada BMW M3 dan M4 yang memiliki mesin yang sama, akselerasi o hingga 100 km/jam bisa tuntas dalam 3,7 detik saja. Sealin itu untuk top speed, mobil ini berjalan dengan kecepatan maksimal hingga 301 km/jam. Selain itu Alpina juga membekali upgrade suspensi Sport Alpina yang diklaim membuat pengendalian mobil ini menjadi lebih dinamis.

Alpina juga menyebut perubahan lainnya yang bersifat substansial pada suspensi dan kalibrasi sasis sudah mencapai level dinamika berkendara tingkat tinggi. Meskipun begitu Alpina menyebut dengan perubahan tersebut tidak mengorbankan kenyamanan yang cukup signifikan saat mobil ini di jalankan dalam kondisi normal.

Alpina sendiri sudah menerima pemesanan untuk model B4 2023 ini saat ini. Kabarnya pengiriman pertama mobil ini bisa didapatkan konsumen sekitar bulan Juli tahun ini. Alpina membandrol B4 model 2023 ini dengan harga sekitar 91.800 Euro atau sekitar Rp 1,43 Miliyaran.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga