Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Agustus 2023, Penjualan Suzuki Naik 12 Persen, Mobil Hybrid Terlaris!

Suzuki New XL7 Hybrid

Jakarta, Autos.id  –  Pada bulan Agustus 2023, Suzuki mencatat peningkatan penjualan ritel sebesar 12% dibandingkan dengan Juli 2023. Hal ini turut disumbang oleh kepercayaan pasar terhadap mobil Suzuki khususnya lini kendaraan ramah lingkungan seperti New XL7 Hybrid dan All New Ertiga Hybrid. Data penjualan bulan Agustus 2023 membuktikan bahwa penjualan tertinggi segmen passenger Suzuki masih diduduki oleh New XL7 yang berkontribusi sebesar 22% dari total penjualan, dimana lebih dari setengahnya merupakan penjualan varian hybrid.

Segmen passenger Suzuki menunjukkan peningkatan penjualan di bulan Agustus. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat bahwa segmen passenger menyumbang 53% bagian dari total penjualan Suzuki di bulan Agustus 2023. Angka ini meningkat jika dibandingkan dengan kontribusi passenger-nya di bulan Juli 2023 yang sebesar 49%.

Dalam progresivitas di segmen passenger, secara khusus penjualan mobil hybrid juga menunjukkan peningkatan sebesar 15% dari penjualan hybrid Suzuki di bulan Juli lalu. Selama bulan Agustus, penjualan mobil hybrid berada di angka 38% dari total penjualan mobil segmen passenger Suzuki. Hal ini dimungkinkan karena semakin banyaknya pilihan kendaraan hybrid Suzuki di tahun 2023.

Suzuki Grand Vitara

Menurut Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head 4W Sales PT SIS, peningkatan penjualan di bulan Agustus ini salah satunya juga dipengaruhi oleh ajang pameran otomotif yang rutin digelar pada bulan tersebut. “Penjualan otomotif secara keseluruhan mengalami peningkatan di momentum-momentum besar seperti ajang pameran otomotif tahunan yang berlangsung di bulan Agustus lalu. Yang menarik adalah jumlah permintaan masyarakat pada kendaraan hybrid juga meningkat. Suzuki telah menetapkan arah langkahnya untuk menjadi perusahaan yang ramah lingkungan, maka kondisi pasar yang positif terhadap kendaraan ramah lingkungan turut menjadi angin segar bagi kami,” terangnya.

Sejak perdana meluncurkan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) pada All New Ertiga Hybrid di Indonesia (2022), Suzuki menerima respons pasar yang positif sehingga secara bertahap kendaraan passenger dengan permintaan pasar yang baik. Setelah hampir satu tahun mendukung mobilisasi masyarakat Indonesia, penjualan All New Ertiga di bulan Agustus 2023 menunjukkan peningkatan sebesar 25% dibandingkan penjualan Juli 2023, dengan akuisisi penjualan sebesar 10% dari keseluruhan mobil Suzuki, dan menariknya 58% penjualannya adalah model hybrid.

Suzuki All New Ertiga Hybird

Kendaraan hybrid unggulan Suzuki lainnya juga menunjukkan tren peningkatan. New XL7 secara keseluruhan mengambil bagian penjualan sebesar 22%. Angka penjualan XL7 di bulan Agustus meningkat sebesar 23% dibandingkan dengan penjualan bulan Juli 2023, dimana 53% penjualannya merupakan sumbangsih dari model hybrid-nya. Grand Vitara yang juga baru diluncurkan pada awal tahun ini turut menunjukkan peningkatan penjualan yang positif di bulan Agustus yaitu sebesar 46% dibandingkan penjualannya di bulan Juli 2023. Selain teknologi hybrid, All New Ertiga Hybrid, New XL7 Hybrid, dan Grand Vitara juga dilengkapi dengan ragam fitur canggih yang sama seperti cruise control, hill hold control, auto retractable mirror, dan lain sebagainya yang semakin meningkatkan daya jualnya.

Tidak hanya segmen passenger, segmen komersial juga turut menunjukkan angka yang baik dengan partisipasi New Carry sebesar 47% dari total penjualan Suzuki di bulan Agustus 2023. Suzuki secara khusus mendesain New Carry untuk menjadi kendaraan niaga yang tangguh dan efisien, dengan biaya perawatan yang terjangkau guna mendukung aktivitas para pelaku usaha dan bisnis. Dengan kapasitas muat yang besar serta mesin yang ringan dan efisien, New Carry tetap menjadi pilihan yang paling rasional.

Suzuki New XL7 Hybrid – Emblem

Secara keseluruhan, penjualan Suzuki bulan Agustus didominasi oleh produk lokal yang berkontribusi sebesar 84% secara ritel. Adapun kendaraan Suzuki yang diproduksi secara lokal seperti New XL7 Hybrid, All New Ertiga Hybrid, New Carry, dan APV. Penjualan CBU Suzuki tercatat mengambil bagian sebesar 16% dari total penjualan, dimana Grand Vitara, S-Presso, dan Baleno menjadi kontributor utamanya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Suzuki

Jakarta, Autos.id  –  PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) turut memeriahkan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, 17-28 Juli 2024 melalui booth Suzuki...

Tips

Jakarta, Autos.id  – Sebagai pilihan transportasi paling populer di Indonesia, sepeda motor seolah-olah menjadi moda transportasi yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Penggunaan sepeda...

Suzuki

Jakarta, Autos.id  – Suzuki terus berupaya untuk menghadirkan produk yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan harga yang juga bersaing di kelasnya. Komitmen ini membuahkan...

Komunitas

Last updated on 31 Mei, 2024 Tegal, Autos.id  –  Dalam mempererat solidaritas dan memfasilitasi hobi anggotanya, komunitas V-Strom Indonesia Owners (VION) menggelar touring akbar...

error: Content is protected !!