Connect with us

Hi, what are you looking for?

Suzuki

Ulas Teknologi SHVS dan ISG Suzuki Ertiga Diesel yang Siap Dilansir

Suzuki Ertiga Diesel

Suzuki Ertiga diesel mengaplikasikan mesin diesel DDiS berkapasitas 1.249 cc bertenaga 88,4 hp dengan torsi puncak 200 Nm dengan transmisi manual 5-speed.

Jakarta, Autos.id – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) nampaknya akan menggebrak pasar otomotif Tanah Air di awal 2017. Hal ini terasa hangat dengan maraknya pembicaraan tentang model baru Ertiga yang kabarnya bakal kedatangan Suzuki Ertiga diesel.

Disinyalir Suzuki Ertiga diesel siap mengaspal pada Februari 2017. Isu kencang akan Ertiga bermesin baru ini dipertegas dengan beberapa spyshoot menunjukan tampang mobil ini. Perubahan eksterior dan interiornya tak begitu menonjol. Namun yang menjadi trend justru pada platform mesinnya yang mengkolaborasi mesin hybrid dengan mesin diesel.

“Mesinnya didukung dengan teknologi diesel berteknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang diklaim lebih irit dibanding varian bensin yang telah ada saat ini”

Paduan ini terbilang langka dan inovatif, karena selama ini mesin hybrid biasa dikawinkan dengan mesin bensin. Cara kerjanya cukup rumit, dimana bahan bakar dari tangki menyuplai bahan bakar ke mesin gas. Selanjutnya menyuplai tenaga ke generator, lalu didistribusikan ke baterai dan mesin elektrik, kemudian menggerakkan transmisi dan roda.

Suzuki Ertiga Diesel

Logo Diesel Hybrid di Bagasi Belakang Sebagai Pembeda

Bagaimana dengan model diesel hybrid yang diusung Ertiga? Pola kerja mesin diesel hybrid bertipe Z.Di ini kemungkinan mengadopsi cara kerja yang sama. Mobil anyar ini dikabarkan mengaplikasikan mesin diesel DDiS berkapasitas 1.249 cc yang bertenaga 88,4 hp dengan torsi puncak 200 Nm yang dikawinkan dengan transmisi 5-percepatan manual.

Mesinnya didukung dengan teknologi diesel berteknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang diklaim lebih irit dibanding varian bensin yang telah ada saat ini. Selain itu, Suzuki Ertiga diesel dilengkapi teknologi Integrated Starter Generator (ISG) dengan start/stop engine system. Teknologi ini turut menekan konsumsi bahan bakar, karena mobil akan mati otomatis ketika sedang berhenti.

Suzuki Ertiga Diesel

Mesin Diesel Hybrid

Suzuki Ertiga diesel akan didukung baterai Lithium-Ion yang menyuplai energi listrik pada saat mobil melaju untuk mengurangi beban accu sebagai penyumbang seluruh kebutuhan elektronik kendaraan. Sistem hybrid ini, ditambah mesin diesel yang diklaim Suzuki India menghasilkan konsumsi bahan bakar hingga 24,52 km/liter.

Jadi bagaimana kiprah Suzuki Ertiga diesel, kita tunggu saja kabar selanjutnya dari PT Suzuki Indomobil Sales.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Daftar Harga Motor

Harga motor Suzuki September 2022 hampir semua modelnya mengalami kenaikan dan hanya ada beberapa saja yang harganya tetap tidak mengalami kenaikan dan penurunan. Jakarta,...

Berita Otomotif

Suzuki sedang mencoba mengembangkan mobil listrik untuk pertama kalinya, dan ada kemungkinan didasarkan pada bZ3X. Autos.id – Awal tahun 2022, Suzuki mengumumkan akan menginvestasikan...

Mobil

Garansi baterai dan ISG pada Suzuki Ertiga Hybrid ini ditunjang dengan pemanfaatan pengolahan limbah baterai untuk menghasilkan bahan daur ulang yang lebih ramah lingkungan....

Motor

Perusahaan Suzuki di tahun 2022 melakukan pembaruan terbaru untuk kedua sepeda motornya, yakni GSX – R125 dan GSX-S125 Autos.id – Tampaknya mengendarai sepeda motor yang memeiliki...