Suzuki Ertiga diesel mengaplikasikan mesin diesel DDiS berkapasitas 1.249 cc bertenaga 88,4 hp dengan torsi puncak 200 Nm dengan transmisi manual 5-speed.
Jakarta, Autos.id – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) nampaknya akan menggebrak pasar otomotif Tanah Air di awal 2017. Hal ini terasa hangat dengan maraknya pembicaraan tentang model baru Ertiga yang kabarnya bakal kedatangan Suzuki Ertiga diesel.
Disinyalir Suzuki Ertiga diesel siap mengaspal pada Februari 2017. Isu kencang akan Ertiga bermesin baru ini dipertegas dengan beberapa spyshoot menunjukan tampang mobil ini. Perubahan eksterior dan interiornya tak begitu menonjol. Namun yang menjadi trend justru pada platform mesinnya yang mengkolaborasi mesin hybrid dengan mesin diesel.
“Mesinnya didukung dengan teknologi diesel berteknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang diklaim lebih irit dibanding varian bensin yang telah ada saat ini”
Paduan ini terbilang langka dan inovatif, karena selama ini mesin hybrid biasa dikawinkan dengan mesin bensin. Cara kerjanya cukup rumit, dimana bahan bakar dari tangki menyuplai bahan bakar ke mesin gas. Selanjutnya menyuplai tenaga ke generator, lalu didistribusikan ke baterai dan mesin elektrik, kemudian menggerakkan transmisi dan roda.
Bagaimana dengan model diesel hybrid yang diusung Ertiga? Pola kerja mesin diesel hybrid bertipe Z.Di ini kemungkinan mengadopsi cara kerja yang sama. Mobil anyar ini dikabarkan mengaplikasikan mesin diesel DDiS berkapasitas 1.249 cc yang bertenaga 88,4 hp dengan torsi puncak 200 Nm yang dikawinkan dengan transmisi 5-percepatan manual.
Mesinnya didukung dengan teknologi diesel berteknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang diklaim lebih irit dibanding varian bensin yang telah ada saat ini. Selain itu, Suzuki Ertiga diesel dilengkapi teknologi Integrated Starter Generator (ISG) dengan start/stop engine system. Teknologi ini turut menekan konsumsi bahan bakar, karena mobil akan mati otomatis ketika sedang berhenti.
Suzuki Ertiga diesel akan didukung baterai Lithium-Ion yang menyuplai energi listrik pada saat mobil melaju untuk mengurangi beban accu sebagai penyumbang seluruh kebutuhan elektronik kendaraan. Sistem hybrid ini, ditambah mesin diesel yang diklaim Suzuki India menghasilkan konsumsi bahan bakar hingga 24,52 km/liter.
Jadi bagaimana kiprah Suzuki Ertiga diesel, kita tunggu saja kabar selanjutnya dari PT Suzuki Indomobil Sales.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.