Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Jawara Seri Pertama, Kembali Juarai Seri Perdana HRSC Musim 2021

Andika Pratama berhasil merebut gelar juara di seri perdana Honda Racing Simulator Championship (HRSC) 2021

Jakarta, Autos.id  –  Seri perdana dari Honda Racing Championship (HRSC) musim kedua yang digelar oleh PT Honda Prospect Motor baru saja selesai digelar pada 21 Agustus 2021 dengan menggunakan sirkuit virtual Baku, Azerbaijan. Seri perdana musim ini berhasil dimenangkan oleh para pemenang yang sama pada seri pertama musim 2020 lalu di masing-masing kelasnya, yaitu Andika Rama Maulana yang kali ini berada di kelas Master dan Rio Loho yang bertarung di kelas Rookie.

Pada kelas Rookie yang menggunakan New Honda Brio RS Urbanite, Rio Loho yang sejak babak kualifikasi menempati posisi pertama tidak memberikan sedikitpun celah bagi kompetitor lainnya.

Ia kembali berhasil keluar sebagai pemenang, sama seperti musim lalu dan kali ini dengan catatan waktu 21 menit 38.2185 detik dan berhasil memperoleh 25 poin pertamanya setelah menaklukan 7 putaran. Sedangkan pada posisi kedua ditempati oleh Gigih Ihsan dengan catatan waktu 21 menit 50.6763 detik dan memperoleh 20 poin. Di posisi ketiga, terdapat Gugun Wiranto dengan catatan waktu 22 menit 5.2522 detik dengan 16 poin.

Klasemen Kelas Master

Pada hari yang sama juga dilakukan balapan kelas Rising Star sebagai kelas baru yang dihadirkan oleh Honda. Di kelas ini, para simracer menggunakan mobil New Honda Brio RS Urbanite sebagai model balapan. Ketiga pembalap tercepat pada seri ini berhasil mempertahankan posisinya dari awal hingga akhir balapan.

Di posisi pertama, Jason Ciputra keluar sebagai pemenang setelah berhasil menyelesaikan 7 lap dengan pencatatan waktu mencapai 21 menit 35.0958 detik sehingga berhak untuk mendapatkan 25 poin. Rio Dzaki di posisi kedua memperolehan 20 poin dengan catatan waktu 21 menit 40.7968 detik. Sedangkan di posisi ketiga ditempati oleh Billie Ebenhaezer dengan catatan waktu 21 menit 50.8804 detik serta mendapatkan 16 poin.

Dilanjutkan dengan balapan kelas Master yang menggunakan mobil New Honda Civic Type R dengan total 9 lap, putaran pada kelas ini berlangsung dengan sangat sengit antara ketiga pembalap teratas. Andika Rama Maulana yang juga sebelumnya menjadi pemenang umum pada HRSC tahun lalu berhasil keluar sebagai pemenang di seri perdana kali ini dengan catatan waktu 20 menit 33.144 detik dan berhasil memperoleh 25 poin. Pada putaran pertama, Andika Rama nyaris kehilangan posisinya kepada Jaka Siswoyo, tetapi Rama berhasil dengan cepat mengambil alih posisi pertama hingga garis finis.

Klasemen Kelas Rising-Star

Dibelakangnya, hanya terpaut 00.2322 detik, Daffa Ardiansa berhasil mendapatkan 20 poin dengan catatan waktu 20 menit 33.3762 detik. Pada menit akhir, Daffa berhasil menempatkan dirinya di posisi kedua setelah bertarung sengit dengan Jaka Siswoyo yang pada akhirnya harus terlempar jauh ke belakang setelah mengalami kecelakaan. Dengan begitu, Attaya Kenzie dengan mudahnya berhasil menempati posisi ketiga dengan catatan waktu 20 menit 41.5951 detik dan mendapatkan 16 poin.

Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, seri perdana kejuaraan simulator kemarin berlangsung sangat sengit dan tak terduga, terlihat dari beberapa simracer yang sangat antusias berkompetisi dengan simracer lainnya untuk menempati posisi terdepan. “Kami harap, para simracer dapat melakukan balapan di seri berikutnya dengan lebih baik dan suportif hingga akhir seri,” imbuhnya.

Pada kejuaraan kali ini, para peserta akan mendapatkan hadiah berdasarkan pengumpulan poin masing-masing, sehingga peserta harus berusaha mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya yang akan diakumulasi pada seri terakhir. Pada kelas Master, peserta akan mendapatkan Rp 65.000,-/poin, kelas Rising Star Rp. 20.000,-/poin, dan kelas Rookie Rp. 10.000,-/poin.

Klasemen Kelas Rookie

Tiga peserta yang mengumpulkan poin terbanyak pada masing-masing kelas akan mendapatkan hadiah tambahan diluar dari hadiah perolehan poin. Untuk kelas Master, juara pertama akan mendapatkan tambahan hadiah sebesar Rp 5 juta, diikuti juara kedua sebesar Rp 3 juta dan juara ketiga sebesar 2 juta.

Sementara untuk kelas Rising Star, juara pertama akan mendapat tambahan hadiah sebanyak Rp 3 juta, juara kedua sebanyak Rp 2 juta, dan juara ketiga sebanyak Rp 1 juta. Lalu pada kelas Rookie, juara pertama akan mendapatkan tambahan Rp 2 juta, juara kedua 1.5 juta, dan juara ketiga Rp 700 ribu.

Selanjutnya, seri kedua akan diadakan pada tanggal 4 September 2021 dengan menggunakan sirkuit virtual Sepang, Malaysia yang disiarkan secara langsung pada akun Youtube @Hondaisme.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

Last updated on 16 November, 2022 Selama bulan Oktober 2022, Honda mobil berhasil menjual lebih dari 11 ribu unitnya Jakarta, Autos.id  – Pada bulan...

Balap

Putaran keenam atau yang terakhir di tahun 2022 ini Jakarta, Autos.id  – Untuk pertama kalinya, pembalap tim Honda Racing Indonesia (HRI) berhasil meraih juara...

Balap

Ajang balap OMR Honda City Hatchback RS Speed Challenge 2022 disambut antusias para pembalap dan berhasil melahirkan pembalap muda yang handal Sentul, Autos.id  –...

Reviews

Bukan hanya pertama kali di dunia, tetapi Indonesia menjadi satu-satunya negara yang dipercaya untuk memproduksi Honda WR-V Jakarta, Autos.id  –   Sejak diperkenalkan pertama kali...