Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Honda CR-V dan Mazda CX-5 2021, Mana SUV Terbaik?

Honda CR-V dan Mazda CX-5
Honda CR-V dan Mazda CX-5

Last updated on 9 November, 2021

Honda CR-V dan Mazda CX-5 2021 adalah dua SUV pabrikan Jepang yang populer dengan keunggulannya masing-masing.

Jakarta, Autos.id  –  Sebagai kendaraan terlaris dari masing-masing brand, Honda CR-V dan Mazda CX-5 hidup untuk bisnis. Di Indonesia sendiri, keduanya selalu menjadi incaran pembeli yang ingin merasakan kemewahan dalam mobil SUV favorit masing-masing brand. Kini, baik CR-V dan CX-5 mengeluarkan versi terbaru dengan mengambil segmen SUV yang sangat kompetitif. Keduanya punya ‘senjata’ andalan yang membuat diri mereka lebih unggul satu sama lain. 

Lalu, bagaimana usaha Honda CR-V 2021 untuk mengungguli Mazda CX-5 2021, dan sebaliknya? Baca artikel ini untuk review selengkapnya.

Apa yang baru dari Honda CR-V dan Mazda CX-5?

Setelah tahun 2020 Honda disibukkan dengan pemberian standarisasi Honda Sensing dan mesin turbo, model 2021 dibawa tanpa perubahan signifikan. Sedangkan pada Mazda CX-5, terdapat varian terbaru yang bernama CX-5 Carbon Edition. Berdasarkan varian Touring Preferred SV yang mewah, Carbon Edition memiliki Polymetal Grey Paint, velg 19-in hitam, dan jok kulit merah. Selain itu, Mazda CX-5 terbaru menambahkan layanan Mazda Connected untuk konektivitas mobil dengan smartphone. Sebagai tambahan, Mazda melengkapi SUV compact ini dengan fitur teknologi Apple CarPlay dan Android Auto pada layar entertainment 10,25-inci.

Baca juga: Honda CR-V Black Edition Resmi Meluncur Di Malaysia

Tambahan terbaru lebih banyak pada Mazda CX-5

Tambahan terbaru lebih banyak pada Mazda CX-5

Apa keunggulan Honda CR-V dibandingkan Mazda CX-5?

Kenyataan bahwa Honda CR-V sangat populer tidaklah mengejutkan, mengingat atribut yang terpasang pada model ini begitu lengkap. CR-V memanjakan penumpangnya dengan kabinnya yang luas untuk penumpang dan kargo sekaligus. Kapasitas bagasi CR-V di belakang kursi baris kedua berukuran 39,2 cu-ft dan meningkat menjadi 75,8 cu-ft saat kursi dilipat. Oleh sebab itu, CR-V memiliki reputasi keandalan dan nilai jual kembali yang kuat.

Ruang bagasi Honda CR-V

Ruang bagasi Honda CR-V

Baca juga: Daftar Harga Mobil Honda November 2021

Honda CR-V juga menyenangkan untuk dikendarai, meskipun modelnya tidak terlalu sporty. Semua CR-V non-hybrid menggunakan mesin 1.5L 4-cylinder turbocharged, menghasilkan tenaga sebesar 190 hp dan torsi 240 Nm. Mesin itu dipasangkan dengan Continuously Variable-Automatic Transmission (CVT) yang diprogram untuk meniru otomatis tradisional. Meskipun pengoperasiannya melalui tombol dan saklar yang tidak intuitif. Sistem penggerak All-Wheel Drive adalah performa mesin opsional di semua level trim. 

Mesin CR-V dengan CVT

Mesin CR-V dengan CVT

Selain itu, konsumsi bahan bakar gabungan EPA pada CR-V FWD yang lebih hemat sebesar 30 mpg dan 29 mpg untuk AWD. CR-V memiliki keunggulan efisiensi lainnya, yaitu powertrain hybrid. Bahkan dengan AWD standard, CR-V Hybrid memiliki peringkat EPA pada 40/35 mpg. Bisa dibilang CX-5 sudah kalah telak dari sisi performa mesin, terlebih karena mesin dieselnya yang efisien resmi dihilangkan.

Berkendara lebih hemat dengan Honda CR-V

Berkendara lebih hemat dengan Honda CR-V

Apa keunggulan Mazda CX-5 dibandingkan Honda CR-V?

Tampilan Mazda CX-5 2021 menonjol dari semua SUV compact yang pernah ada, karena desainnya yang dramatis dan interior kelas atas. CX-5 menawarkan kemudi paling responsif dan penanganan atletik di segmennya, meskipun pengendaraannya bisa sedikit kasar berkat pemasangan roda 19-inch. 

Desain interior baris depan CX-5

Desain interior baris depan CX-5

Interior All New Honda CR-V

Baca juga: Daftar Harga Mobil Mazda November 2021

Tim desain Mazda tampaknya mengambil pendekatan yang lebih sederhana. Tim memberikan pahatan dan lengkungan halus pada bodi CX-5 yang menangkap cahaya dengan luar biasa. Beberapa tepi bodi mobil memberikan definisi sporty dan terarah. Desain epiknya juga terlihat jelas pada bagian interior mobil. Secara visual, kabin CX-5 lebih sederhana namun masih tergolong unggul dengan SUV lain di segmen yang sama. 

Menggunakan mesin SKYACTIV-G 2.5L Inline 4-cylinder DOHC 16-valve yang menghasilkan tenaga 187 hp dan torsi 252 Nm. Cukup untuk berakselerasi penuh di sekitar kota tapi agak kurang di jalan raya. Walaupun konsumsi bahan bakar terbilang oke, bagaimanapun masih kalah dengan CR-V. Perkiraan gabungan konsumsi bahan bakar EPA untuk mesin standar sekitar 28 mpg pada FWD dan 26 mpg pada AWD. Sedangkan untuk mesin turbo, konsumsi EPA sekitar 25 mpg pada FWD dan 24 mpg pada AWD.

All New Honda CR-V

Mesin Mazda CX-5 

Mesin Mazda CX-5

Kesimpulan

Apabila disimpulkan, antara Honda CR-V dan Mazda CX-5 unggul di segmen yang berbeda. Honda CR-V lebih unggul di performa mesin powertrain hybrid, ruang kargo, dan konsumsi bahan bakar yang lebih hemat. Sedangkan Mazda CX-5 unggul di desain interior dan eksterior, performa akselerasi mesin turbo, dan teknologi pendukung.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Aplikasi ini untuk lebih memudahkan melayani pelanggan Jakarta, Autos.id  –  Untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan, Honda memperkenalkan layanan virtual Personal Assistant yang dapat diakses...

Daftar Harga Mobil

Beberapa produk baru yang diluncurkan oleh Mazda seperti Mazda 2 Sedan dan Mazda MX-5 RF atau Miata Facelift yang diluncurkan di GIIAS 2022. Karya...

Berita Otomotif

Honda N-Box pertama kali diperkenalkan tahun 207 yang kini sudah memasuki generasi ketiga Jakarta, Autos.id  – Untuk pertama kalinya di Indonesia, Dreams Café by...

Daftar Harga Mobil

Daftar harga mobil terbaru Mazda dibawah ini merupakan harga Pricelist resmi dari ATPM Eurokars Mazda dan sudah merupakan harga On The Road Jabodetabek. Jakarta,...