Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mitsubishi

124.435 Mobil Mitsubishi Ditarik dari Peredaran

Recall Mitsubishi

KTM melakukan pengumuman recall Mitsubishi untuk 124.435 unit mobil yang di perjualbelikan di Indonesia. Model tersebut mencakup Lancer, Lancer Evolution, Delica, Strada Triton, Pajero Sport, dan L300.

Jakarta, Autos.id – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku Distributor resmi dari kendaraan Mitsubishi di Indonesia mengumumkan program penarikan kembali (recall) terhadap beberapa produknya yang dijual di Indonesia.

Tercatat ada total 124.435 unit kendaraan dalam empat jenis pemeriksaan dan perbaikan terkait recall Mitsubishi, yaitu Lancer, Lancer Evolution, Delica, Strada Triton, Pajero Sport, dan L300. Masalahnya adalah airbag inflator, Grease Combination Switch, ETACS ECU, dan Fuel Tank.

“Mengacu pada instruksi principal kami di Jepang, Mitsubishi Motors Corporation (MMC), maka dengan ini KTB mengumumkan Field Fix Campaign (Kampanye Perbaikan) untuk beberapa produk kendaraan penumpang (Passenger Car) dan kendaraan niaga ringan (Light Commercial Vehicle) dalam rangka menjaga kualitas produk Mitsubishi,” tulis keterangan pers KTB, Senin (6/6/2016).

Kampanye recall Mitsubishi tersebut melibatkan:
Penggantian Airbags Inflator
– Strada Triton Exceed dan GLS produksi 2006-2014 (10.927 unit)
– Lancer GLX dan SEI produksi 2007-2010 (61 unit)
Aplikasi Grease Combination Switch
– Pajero Super Exceed 3.8 produksi 2008-2013 (62 unit)
– Pajero Sport produksi 2009-2014 (67.889 unit)
– Delica produksi 2014 (71 unit)
– Lancer EX dan Evolution produksi 2009-2010 (1.401 unit)
– Strada Triton produksi 2009-2014 (53.778 unit)
Penggantian ETACS ECU
– Lancer EX dan Evolution produksi 2009-2010 (79 unit)
Penggantian Fuel Tank
– L300 produksi 2014 (740 unit)

Menurut keterangan perusahaan, pada saat Airbag mengembang apabila terjadi kecelakaan, Airbag Inflator berpotensi melepaskan partikel yang dapat menyebabkan cidera penumpang di dalam mobil. Sampai dengan saat ini penyebab utama dari hal tersebut masih dalam tahap investigasi. Penggantian Airbag Inflator dilakukan sebagai tindakan pencegahan atas masalah tersebut.

Recall Mitsubishi Airbag Inflator

Pajero Sport Jadi Model Paling Banyak di Recall

Ketika Turn Signal atau Wiper Switch dioperasikan, gesekan yang sangat kecil terjadi di dalam terminal dan menghasilkan oksidasi residu keausan yang akan mengurangi fungsi Switch, sehingga berpotensi mengakibatkan tidak berfungsinya Headlamp, Clearance Lamp, Tail Lamp atau Foglamp saat Switch dioperasikan. Aplikasi Grease akan dilakukan pada bagian Turn Signal dan Wiper Switch, sebagai tindakan pencegahan atas masalah tersebut.

Ditemukan adanya potensi tidak stabilnya tegangan dalam komponen ETACS ECU yang dapat menyebabkan Headlamp dan Wiper tidak berfungsi. Penggantian ETACS ECU akan dilakukan sebagai tindakan pencegahan atas masalah tersebut.

Ditemukan juga potensi kurang sempurnanya pengelasan pada fuel filler neck yang dapat mengakibatkan kebocoran bahan bakar. Penggantian Fuel Tank dilakukan sebagai tindakan pencegahan atas masalah tersebut.

Recall Mitsubishi Airbag Inflator

Lancer EX dan Evolution Juga Kena Recall

Bagi konsumen Mitsubishi yang unitnya terlibat dalam Kampanye penarikan kembali dari peredaran ini akan menerima surat undangan resm dari KTB melalui dealer resmi Mitsubishi untuk dilakukan pemeriksaan maupun penggantian komponen atau suku cadang dan tidak akan dikenakan biaya apapun, baik untuk pemeriksaan maupun penggantian komponen terkait jika diperlukan.

Kampanye recall Mitsubishi ini akan dimulai segera di seluruh dealer resmi Mitsubishi di Indonesia pada 6 Juni 2016. Hingga saat ini tidak terdapat laporan adanya insiden terkait dengan hal atau kondisi tersebut.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

Komparasi

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya Jakarta, Autos.id  – ...

Reviews

Forester dibangun dari Subaru Global Platform, meningkatkan keamanan & kenyamanan Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Rabu, 18/5), Subaru Corporation Japan dan PT Plaza Auto...