Autos.id – Kali ini, Mazda lewat PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), sebagai Agen Pemegang Merek (APM) dan distributor kendaraan Mazda di Indonesia. Jujur Mazda panen penjualan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) The Series 2024. Pameran Otomotif bergengsi di Surabaya ini dari tanggal 28 September 2024 sampai 1 September 2024 kemarin.
Dengan menunjukkan komitmen mereka dan hasil yang membanggakan di GIIAS The Series 2024 di Surabaya, membuktikan kalau Penjualan di Jawa Timur tepatnya di Surabaya sangat bagus sekali. Malah pencapaian mereka ini mencapai penjualan melebihi ekspektasi mereka. Untuk itu, kita coba dulu seperti apa penjualan mereka kali ini? Berikut adalah detail penjualan Mazda berdasarkan model dan warna yang terjual selama pameran:
Penjualan Per Model
Dari penjualan Mazda Eurokars Motors Indonesia sendiri paling banyak dominasi dari Mazda CX-3 dengan belasan unit dan CX-60 mendominasi pasar penjualan mobil di GIIAS The Series 2024 ini. Namun, kenapa bisa Mazda CX-3 yang lebih laku dari model lainnya?
Malah kejutan datang dari model CX-60 dan kali ini hero product mereka dengan Mazda CX-60 Pro justru jadi penyumbang terbesarnya.
Model | Jumlah SPK | % |
Mazda CX-3 | 17-unit | 29% |
Mazda CX-60 | 15-unit | 26% |
Mazda CX-5 | 11-unit | 19% |
Mazda3 | 7-unit | 12% |
Mazda CX-30 | 6-unit | 10% |
Mazda CX-8 | 2-unit | 3% |
Total | 58-unit | 100% |
Penjualan Per Warna
Sedangkan penjualan berdasarkan warna sendiri, masih dominan Soul Red Crystal Metallic dan susul oleh Machine Grey Metallic.
Warna | Jumlah SPK | % |
Soul Red Crystal Metallic | 30 | 52% |
Machine Grey Metallic | 11 | 19% |
Platinum Quartz Metallic | 6 | 10% |
Warna lainnya | 11 | 19% |
Total | 58 | 100% |
Dengan kata lain, pasar Surabaya ini terkenal akan preferensi terhadap kualitas, performa dan prestise. Terutama backbone penjualan mereka tetap Mazda CX-3 dan mengejutkan Mazda CX-60 jadi pilihan mereka ini, sehingga peranan pasar di Jawa Timur pun sangat kuat sekali untuk ukuran pasar di Indonesia. Malah, total penjualan mencapai 17 unit dan 15 unit sendiri membuktikan kalau Surabaya adalah pasar potensial.
Hal tersebut mencerminkan tingginya permintaan terhadap SUV yang compact namun stylish dan bertenaga. Serta penampilan dari model Mazda lainnya turut menyumbang penjualan Mazda Eurokars di Indonesia.
Warna dan Penghargaaan Membuat Mazda Percaya diri
Selain itu, warna jadi cerminan karakter dari produk itu sendiri. Seperti Soul Red Crystal Metallic jadi warna premium dan perlu biaya tambahan. Namun jadi pilihan konsumen dengan total unit terjual mencapai 30-an unit! Bahkan Mazda sendiri juga berhasil mencatatkan total penjualan sebesar Rp 41,4 miliar selama GIIAS Surabaya 2024, sebuah pencapaian yang menunjukkan bahwa merek ini semakin diterima dengan baik di Surabaya.
Baca Juga: Mazda Indonesia Gelar Program Spesial Hari Kemerdekaan Indonesia
Penghargaan dan Prestasi Sekaligus dulang panen penjualan
Tidak hanya dari sisi penjualan, Mazda juga meraih prestasi gemilang dengan memenangkan penghargaan Passenger Car SUV melalui model Mazda CX-60, yang diberikan oleh GAIKINDO. Penghargaan ini menjadi bukti lebih lanjut atas dedikasi Mazda dalam menghadirkan kendaraan dengan kualitas dan performa superior, yang mampu memenuhi harapan konsumen di Surabaya.
GIIAS Surabaya 2024 sendiri berhasil menarik total 35.385 orang pengunjung, menunjukkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat Surabaya terhadap perkembangan industri otomotif. Dalam ajang ini, Mazda tidak hanya memamerkan produk unggulannya, tetapi juga berhasil menarik perhatian pengunjung dengan booth yang mengusung konsep “Beauty by Subtraction” yang kaya akan filosofi Jepang.
Dengan partisipasi Mazda di GIIAS Surabaya 2024 dan Mazda panen penjualan, semakin memperkuat posisinya sebagai salah satu merek otomotif yang inovatif dan terpercaya di Indonesia. Mazda akan terus berkomitmen untuk menghadirkan produk-produk terbaik yang tidak hanya memenuhi kebutuhan fungsional, tetapi juga memberikan pengalaman berkendara yang unik dan menyenangkan bagi konsumennya, khususnya di pasar Surabaya yang semakin berkembang dan memiliki daya beli yang kuat.
Ricky Thio, Chief Operating Officer PT Eurokars Motor Indonesia, menyampaikan, “Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan, pengunjung, dan rekan-rekan media yang telah mendukung Mazda di GIIAS Jakarta dan Surabaya 2024. Kami sangat senang untuk melaporkan bahwa hasil penjualan kami di GIIAS Surabaya tahun ini telah meningkat dibandingkan tahun 2023. Antusiasme Anda menjadi motivasi utama bagi kami untuk terus menghadirkan produk terbaik.”
“Sampai jumpa di acara Mazda selanjutnya, Mazda Power Drive 2024, sebuah event eksklusif yang akan berlangsung pada tanggal 20-22 September 2024, di mana Anda dapat merasakan langsung pengalaman mengemudi hampir seluruh lini produk Mazda dalam satu tempat. Kami juga tidak sabar untuk menyambut Anda di GIIAS Semarang dan Bandung yang akan datang.” ujar Ricky Thio.
Kali ini Mazda Panen Penjualan di Surabaya dan mungkin bisa mendulang Hattrick yang sama?
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.