Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Membandingkan Hyundai Palisade vs Mazda CX-9, Mana Lebih Unggul?

Hyundai Palisade vs Mazda CX-9
Hyundai Palisade vs Mazda CX-9

Kedua mobil ini bisa menjadi pilihan alternatif saat ingin membeli mobil SUV kekinian, tapi ketahui dulu keunggulannya masing-masing.

Jakarta, Autos.id – Jenis mobil SUV di Indonesia sudah banyak tersedia dari berbagai brand otomotif. Tak hanya Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport, ada mobil SUV yang tak kalah menariknya untuk dipertimbangkan. Diantaranya adalah Hyundai Palisade dan Mazda CX-9. Nah, sebelum memutuskan akan membeli mobil yang mana, berikut ini beberapa penjelasan spesifikasi Hyundai Palisade dan Mazda CX-9 yang perlu Anda ketahui.

Performa Mesin

Sebagai pecinta otomotif, penting adanya untuk memperhatikan kualifikasi pemilihan mobil berdasarkan performa mesin. Kedua SUV ini memiliki keunggulannya masing-masing sesuai kebutuhan penggunanya. Mari lihat beberapa spesifikasi dari Hyundai Palisade.

Mesin-Hyundai-Palisade

Mesin-Mazda-CX9

Hyundai Palisade merupakan mobil SUV bertransmisi automatic dengan kapasitas tangki 71 liter, mesin 2.199 cc 4-cylinder turbodiesel, bertenaga hingga 200 PS, dan torsi mencapai 440 Nm pada 1.750 – 2.750 rpm. Mobil pabrikan Korea Selatan ini memiliki dimensi ukuran 4.980×1.975×1.750 mm dengan wheelbase 2.900 mm dan berkapasitas penumpang 7 orang. 

Lalu untuk Mazda CX-9 juga mobil bertransmisi automatic namun berbahan bakar bensin yang memiliki kapasitas mesin lebih besar dari Palisade yaitu 2.488 cc 4-silinder DOHC turbo bensin, tenaga 231 PS, dan torsi 420 Nm pada 2.000 rpm. Selain performa mesin yang lebih besar, dimensi ukuran mobil 7-seater ini juga sedikit lebih besar yakni 5.075×1.969×1.747 mm dengan wheelbase 2.930 mm. 

Interior-Hyundai-Palisade

Interior-Mada-CX9

Fitur Kenyamanan dan Keamanan

Baik Hyundai Palisade dan Mazda CX-9 sudah menggunakan tombol start/stop engine dan headlamp LED sehingga terlihat ringkas dan kekinian. Fitur kedua mobil ini juga cukup banyak dan disesuaikan dengan berbagai macam kebutuhan pengguna, contohnya sistem kontrol cuaca otomatis, heater, window defogger, wireless smartphone charger, dan sunroof. Sayangnya, fitur sunroof pada Hyundai Palisade hanya bisa ditemukan pada tipe Signature dan Signature AWD. Sedangkan Mazda CX-9 sudah dilengkapi sunroof untuk semua tipe.

Pada Hyundai Palisade, Anda akan dibuat takjub karena fitur transmisi untuk memasukkan persneling gigi mobil dalam bentuk tombol yang tampak futuristik. Mobil ini juga dilengkapi mode penggerak Drive Mode (Comfort, Eco, Sport, Smart) dan mode jenis medan Multi Terrain Mode (Snow, Mud, Sand). Selain itu juga ada fitur power tailgate yang berfungsi agar Anda bisa membuka dan menutup pintu bagasi secara otomatis. Caranya dengan cukup membawa kunci mobil sambil berdiri di belakang mobil selama tiga detik. 

Fitur keamanan kedua mobil ini pun juga sudah sesuai standar dan kekinian, mulai dari sistem anti-lock braking, rear view mirror pagi dan malam, sensor parkir dan benturan, airbag 6 titik pada pengemudi dan penumpang, hingga engine immobilizer. Namun, Mazda CX-9 memiliki keunggulan yang membedakannya dengan Palisade, yaitu adanya teknologi keamanan canggih i-Activsense. 

Fitur Tombol Transmisi Gigi

Fitur Tombol Transmisi Gigi

Fitur i-Activsense pada Mazda CX-9

Fitur i-Activsense pada Mazda CX-9

Fitur i-Activsense terdiri dari Adaptive LED headlamp yang menyesuaikan arah setir, Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic Alert, Lane-keep Assist System, Lane Departure Warning System, Emergency Stop Signal, Smart City Brake Support untuk pengereman otomatis, Driver Attention Alert, dan Pedestrian Brake. Mazda CX-9 juga dilengkapi ISOFIX child-seat anchors pada kursi tengah, collapsible steering shaft and injury-minimizing brake pedal dengan rangka kuat SKYACTIV-BODY.

Meskipun begitu, Hyundai Palisade juga punya fitur keamanan mumpuni yang terdiri dari Blind-Spot Collision Warning, Rear Cross-Traffic Collision Warning, Safe Exit Assist, dan Front/Rear Parking Distance Warning.

Harga

Hyundai Palisade terdiri dari 3 tipe dengan harga yang berbeda-beda. Pertama, Palisade Prime dibanderol dengan harga on the road Jakarta Rp 788 juta, lalu Palisade Signature Rp 899 juta, dan terakhir Palisade Signature AWD Rp1,1 milyar. Sedangkan Mazda CX-9 terdiri dari 2 tipe, yaitu tipe 2WD yang diberi harga Rp 869,9 juta dan tipe AWD Rp 998,8 juta.

Hyundai-Palisade-Tampak-Belakang

Mazda-CX-9-tampak-belakang

Kesimpulan Keunggulan

Berdasarkan penjelasan di atas dari aspek performa fitur, kenyamanan, ukuran, dan konsumsi bahan bakar, Hyundai Palisade lebih unggul. Hal ini membuat mobil ini cocok digunakan untuk keluarga yang doyan perjalanan jauh dengan konsumsi bahan bakar diesel yang awet. Tetapi, jika diperhatikan dari aspek keamanan, tenaga mesin, harga, dan eksterior terlihat bahwa Mazda CX-9 lebih bisa diandalkan. Apalagi series Mazda ini sudah masuk lebih dulu ke pasar otomotif Indonesia dengan harga yang lebih murah Rp 80 jutaan dan pilihan warna yang lebih colorful.

Sebagai informasi tambahan, hero color Mazda CX-9 adalah merah dengan nama Soul Red Crystal Metallic. Warna lain juga ada, yaitu Jet Black Mica, Machine Grey Metallic, dan Snowflake White Pearl Mica. Sedangkan Hyundai Palisade memilih warna-warna netral seperti Creamy White, Abyss Black Pearl, Moonlight Blue, Shimmering Silver Metallic, dan Graphite Grey Metallic. (dan/Tim Autos)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Selain itu, GIIAS 2021 juga akan menampilkan teknologi terbaru dan juga beberapa mobil terbaru, konsep dan juga world premiere dari APM yang berpartisipasi Jakarta,...

Komparasi

Segmen motor sport tak lengkap rasanya jika tak membandingkan Honda CBR150R dan Yamaha R15, motor idaman banyak pria Indonesia. Jakarta, Autos.id  –  Honda CBR150R...

Komparasi

Setelah sekian lama pasar motor skutik retro-modern dikuasai oleh Vespa, kini Benelli mengeluarkan varian terbaru yang dirumorkan pesaing baru Vespa LX, Benelli Panarea namanya....

Modifikasi

Last updated on 18 Oktober, 2021BlackAuto Akan memperebutkan gelar di tiga kelas bergengsi Jakarta, Autos.id  –  Gelaran BlackAuto Virtual Battle selalu ditunggu tunggu oleh...