Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Lexus UX 250h 2023: Mobil Hybrid yang Lebih Aman dan Touchsreen Paling Keren

Lexus UX yang kecil sudah lama berada deretan paling bawah lini produksi SUV Lexus dengan harga yang lebih terjangkau daripada mobil Compact NX.

Autos.id  –  Meski banyak orang tidak mengkategorikan Lexus UX sebagai SUV mengingat mobil crosover ini hampir memiliki ukuran yang sama dengan rata-rata ukuran mobil hatchback, tapi penyegaran yang didapatkan mobil ini untuk tahun 2023 membuat mobil ini cocok disebut sebagai mobil SUV. Salah satu perubahan besar untuk tahun 2023 tersebut adalah dihapusnya mobil bensin, hingga hanya menyisakan model hybrid yang disebut sebagai Lexus UX 250h.

Fitur Touchscreen Paling Mantap

Sejak pertama kali diproduksi di tahun 2019, mobil crossover terkecil dari Lexus ini adalah satu dari beberapa lini Lexus yang belum melakukan transisi di sistem UX mereka.

Saat itu, mobil Lexus ini menggunakan sistem infotaiment berbasis touchpad yang hampir mirip dengan trackpad laptop. Para pengemudi harus mengoperasikan toucpad terlebih dahulu untuk menggerakkan kursor di dasbor mobil, tapi setting seperti ini menyusahkan banyak pengemudi. Untungnya, Lexus telah memperbaiki teknologi yang sudah ketinggalan zaman ini dan menggantikannya dengan sistem infotaiment multimedia berbasis touchcreen terbaru dari Lexus. Sistem ini sudah memulai debutnya di mobil Crossover NX sejak tahun lalu.

Sekarang, Lexus UX pada entry-level akan mendapatkan layar sentuh 8,0 inci sementara yang paling atas mendapatkan unit 12,3 inci yang muncul seperti tablet dari atas dasbor. Layar infotaiment tersebut tampaknya akan terletak tidak jauh dari setir. Fiturnya mencakup kemampuan untuk memasangkan dua ponsel secara bersamaan melalui Bluetooth, Apple CarPlay nirkabel dan Android Auto, dan kemampuan pencarian Google POI (point-of-interest). Selain itu, Anda juga dapat mengucapkan “hai, Lexus” untuk memulai perintah suara pada sistem tersebut.

Di bawah platform layar sentuh baru tersebut, Lexus mendesain ulang sistem kontrol sekunder dan dipasang lebih dekat dengan penumpang kursi depan daripada di versi lama. Sistem kontrol tersebut lebih tampil mencolok dengan tambahan dua port usb. Dalam sister tersebut terdapat sistem climate control, sistem pengisi daya wireless, sistem pemanas dan pendingin, dan lain-lain.

Lebih Sporty

Mobil Lexus UX dari awal datang dengan paket F Sport Lexus. Untuk tahun 2023, paket F Sport tersebut diupdate untuk sensasi yang lebih sporty, lewat  perubahan hardware dari F Sport Handling. Singkatnya, jika Anda memilih paket F Sport, Anda akan dapatkan dua hal: Pertama, peningkatan desain seperti sebelumnya meliputi roda khusus, gril yang berbeda, atap dicat hitam, dan  fender suar sewarna bodi, wiper kaca penginderaan hujan, moonroof, dan lampu kabut.

Yang kedua, Anda bisa dapatkan beberapa peningkatan penanganan. Secara khusus, paket F Sport Handling sekarang mengadopsi suspensi adaptif elektronik (Active Variable Suspension), penyangga roda kemudi, dan peredam struktural belakang dari Yamaha untuk menyerap dengan cepat kelenturan tubuh dan getaran kecil. Peredam struktural belakang ini juga ditawarkan pada model Lexus lainnya, termasuk Lexus ES.

Paket Handling ini juga mendapatkan kursi sport, setir F Sport, gagang geser, pedal kaki aluminium dan pelat ambang pintu.

Lebih Aman

Lexus berikan serangkaian perubahan kecil pada fitur keselamatan standar dimana sekarang mereka tidak lagi memakai Safety System+ 2.0, namun sudah ke Safety System+ 2.5. Perubahan sistem ini menghasilkan peningkatan kinerja kamera depan dan sensor radar untuk sudut pandang yang lebih luas dan mempersingkat waktu respons terhadap pejalan kaki dan objek lainnya. Fungsi kemudi otomatis pada lane steering dikatakan beroperasi lebih lancar dan lebih lebar. Dan akhirnya, fungsi adaptive cruise control memperoleh kemampuan untuk memperlambat saat mendekati tikungan.

Namun, tidak ada perubahan mekanis untuk mobil UX 250h, yang berarti mobil hybrid ini mempertahankan mesin gas I-4 2.0 liter yang didukung oleh mesin motor listrik di depan, bersama dengan motor listrik lain yang menggerakkan gandar belakang, dengan total 181 tenaga kuda. Meskipun, bukan spesifikasi mesin yang paling mendebarkan, setting hybrid ini merupakan mobil dengan penghematan paling efisien di masa lalu. Harga dan detail akhir masih belum dirilis, tapi akan tetap keluar di tahun ini.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga