Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komunitas

Baru Dua Tahun Berdiri, Overlanding Indonesia Gelar Jambore Otomotif Pertama Di Sumut

Setelah resmi dua tahun berdiri, Overlanding Indonesia menggelar Jambore Otomotif Indonesia (JOI) pertama di Danau Toba, Sumatra Utara

Jakarta, Autos.id – Overlanding Indonesia pertama kali terbentuk pada tanggal 30 Desember 2020 oleh para penggemar otomotif yang menggemari dunia adventure diantaranya kemping dan juga bakti sosial. Termasuk pencetusnya adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

Namun, Renville Antonio yang didaulat sebagai Ketua Umum Overlanding Indonesia menegaskan, Overlanding Indonesia dibentuk hanya untuk wadah para pecinta otomotif, bukan sebagai kendaraan berpolitik.

Renville Antonio (Kedua dari kanan)

“Karena sebagai pencetus Overlanding Indonesia, AHY ditunjuk sebagai Pembina dan sering mengikuti kegiatan adventure sebagai AHY bukan sebagai pejabat politik. Dalam bepergian bersama kami, AHY juga menyetir sendiri kendaraannya, sama seperti anggota lainnya,” tukas Renville di Jakarta baru-baru ini.

Dan untuk menyambung tali silaturahmi dengan sesama penggemar otomotif, Overlanding Indonesia berinisiatif menggelar Jambore Otomotif Indonesia (JOI) Pertama di Sumatera Utara. Lokasi tepatnya di Pantai Pakkodian, Desa Lintong Nihuta, Kec. Tampahan, Kabupaten Toba, Sumatera Utara tanggal 23-25 September 2022 .

“Kami mengajak semuanya, mulai dari penggemar otomotif, pegiat fotografi, budaya, hingga pecinta kuliner untuk ikut serta dalam acara Jambore Otomotif Indonesia yang diadakan oleh komunitas Overlanding Indonesia. Karena siapapun boleh ikut walau tidak punya kendaraan. Yang terpenting mereka semua punya passion adventure,” tambah Renville.

Pengurus Overlanding Indonesia saat foto bersama

Sementara itu, Irmansyah Lubis, Ketua Overlanding Indonesia Chapter Sumut, yang juga menjadi Ketua Panitia JOI menjelaskan, acara ini punya agenda utama untuk mendukung UMKM warga sekitar Danau Toba sekaligus pariwisata di sana.

“Komunitas Overlanding Indonesia akan menggiatkan pariwisata di Danau Toba dan sudah didukung oleh pejabat setempat. Sejauh ini ada 1.500 peserta dari 61 komunitas otomotif se-Indonesia. Untuk mengikuti JOI 2022 tinggal datang saja karena panitia sudah menyiapkan tenda dan semua kebutuhan peserta. Dan terlebih lagi kita juga sudah mendapat support dari Pemprov Sumut,” kata Irmansyah.

Tak hanya itu saja, seluruh peserta diharus mengikuti lomba untuk mengabadikan foto-foto di sekitaran Danau Toba, yang bertujuan untuk meningkatkan pariwisata Danau Toba. Selain itu juga, panitia akan memberikan alat lukis kepada masyarakat sekitar, untuk melukis apa saja yang ada di wilayah mereka untuk diberitahukan kepada masyarakat luas.

Mitsubishi Triton, mobil yang akan digunakan AHY untuk JOI I di Sumut

Saat ini Overlanding Indonesia sudah memiliki 7 chapter yaitu Aceh, Sumut, Pekanbaru, Kepri, Jabar, Jatim dan Kaltim. Dan bagi yang bergabung dengan Overlanding Indonesia, kunjungi media sosialnya yaitu FB dan IG : overlandingIndonesia.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga