Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komunitas

FORWOT Road Safety Campaign 2016 Menyapa Bogor

Road Safety Campaign 2016

Road Safety Campaign 2016 berlangsung di Area Parkiran Lotte Mart, Bogor, dan diikuti komunitas sepeda motor di Bogor dan wartawan.

Bogor, Autos.id – Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) kembali menggelar program pelatihan safety riding. Bertajuk “Road Safety Campaign 2016” kali ini FORWOT menggandeng Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

Mengundang berbagai komunitas motor dan jurnalis Road Safety Campaign 2016 berlangsung di Area Parkiran Lotte Mart, Bogor, Minggu (18/12/2016). Kampanye keselamatan di jalan raya menjadi salah satu fokus komunitas jurnalis otomotif di Indonesia ini dalam upaya membangun basis kesadaran masyarakat dalam berkendara.

“Seperti pelatihan-pelatihan keselamatan sebelumnya, tahun ini diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari komunitas sepeda motor di Bogor dan wartawan”

Wilfridus Zenobius Kolo, ketua pelaksana Road Safety Campaign 2016, mengungkapkan pelatihan yang diikuti 60 peserta dari teman-teman jurnalis dan komunitas ini dapat menularkan virus positif bagi pengguna jalan.

Road Safety Campaign 2016

Pelatihan Bareng JDDC

“Seperti pelatihan-pelatihan keselamatan sebelumnya (2010, 2012, dan 2014), tahun ini diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari komunitas sepeda motor di Bogor dan wartawan. Kiranya bermanfaat untuk menekan angka kematian di jalan raya,” ungkapnya.

Dalam pelatihan safety riding ini, JDDC mengajarkan secara detil 12 modul Defensive Driving yang wajib dipahami oleh peserta untuk membentuk karakternya dalam berkendara aman di jalan raya.

“Kita ingin memberikan pemahaman secara utuh pada masyarakat umum bahwa berkendara motor di jalan raya merupakan hal paling berisiko sehingga butuh skill, memahami bagaimana karakter kendaraan, bagaimana dan kapan mengerem, taat lalu lintas hingga bagaimana kita berempati dengan pengguna jalan lain,” urai Jusri Pulubuhu, Chief Instructor JDDC.

Para peserta Road Safety Campaign 2016 terlihat sangat antusia mengikuti teori dan sesi praktik safety campaign seperti harsh braking, counter weight lurus, counter weight u turn, tight maneuvering, counter steering lurus, counter steering circle of 8, balancing, macadam, ascending, braking & swerve, cornering & braking, serta judge & react yang dibawakan oleh JDDC.

Road Safety Campaign 2016

Diikuti Berbagai Komunitas Motor

Zainal Abidin, Sekjen FORWOT mengungkapkan acara ini merupakan bagian dari keprihatinan FORWOT atas tingginya angka kecelakaan jalan raya yang menjadi ladang pembantaian manusia. Mengutip data kecelakaan lalu lintas dari Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Korlantas Polri) bahwa sepanjang 2015 terjadi sekitar 95 ribu kejadian kecelakaan dengan 20 ribuan orang meninggal. Sedangkan pada semester I 2016 terjadi 52 ribuan kejadian dengan sekitar 11 ribu orang meninggal.

“Sepedamotor masih menjadi penyumbang utama angka kecelakaan lalu lintas, oleh karena itu kami berharap dengan pelatihan keselamatan berkendara sepedamotor ini dapat menekan angka kecelakaan dan mereka yang mendapatkan pelatihan bisa menularkannya ke orang-orang terdekat,” harap pria yang akrab di sapa Zie ini.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Wuling

Last updated on 30 Mei, 2022 Berbagi ilmu dan skill seputar Short Video Instagram dan Tiktok untuk tingkatkan konten digital dunia otomotif Jakarta, Autos.id ...

Aksesoris

Serahkan 100 paket sembako ke Yayasan SMA 50 Jakarta & Majelis Taklim Saung Bambu Depok Jakarta, Autos.id  –  Berkolaborasi dengan Forum Wartawan Otomotif Indonesia...

Aksesoris

Aksi sosial ini bertepatan dengan usia Forwot yang telah menginjak usia 18 tahun dan acara buka bersama Jakarta, Autos.id  –  Baru-baru ini, Forum Wartawan...

Komunitas

Last updated on 11 Agustus, 2020 Karawang, Autos.id  –  Bertajuk “Sharing Happiness”, Zoleka sebuah brand lokal untuk produk riding gear yang berdiri tiga tahun...