Komparasi

Yamaha Mio Z, Yamaha Mio M3, Yamaha Fino, atau Yamaha Soul GT ?

Yamaha Mio Z, Yamaha Mio M3, Yamaha Fino, atau Yamaha Soul GT
Komparasi Yamaha Mio Z, Yamaha Mio M3, Yamaha Fino, dan Yamaha Soul GT

Jakarta, Autos.id – Kehadiran Yamaha Mio Z cukup menarik untuk diulas. Alih-alih disodorkan sebagai lineup terbaru di kelas skuter matik (skutik), ternyata Yamaha Mio Z menggunakan mesin yang sama dengan Yamaha Mio M3, Yamaha Fino, dan Yamaha Mio Soul GT.

Mesin yang dimaksud berkubikasi 125cc silinder tunggal SOHC dengan teknologi BlueCore. Keempat motor ini juga ada di rentang harga serupa yakni Rp 14 jutaan sampai Rp 16 jutaan. Lantas apa yang membedakan Yamaha Mio Z, Yamaha Mio M3, Yamaha Fino, dan Yamaha Soul GT?

Dilihat dari segi fisik, jelas keempat skutik berlogo garputala itu punya ciri khas masing-masing. Antara Mio Z dan Mio M3 sedikit mirip. Body ramping dengan striping yang simpel adalah ciri khasnya. Sementara Fino lebih menyasar desian klasik dengan bodi yang serba membulat. Lain halnya dengan Soul GT yang cenderung menampilkan kesan berotot berkat bentuk lekuk-lekuk bodinya.

Dari segi fitur, Yamaha Mio M3 yang menjadi model paling berharga terjangkau di komparasi Autos.ID kali ini maka fitur yang jadi andalannya pun tak terlalu mewah. Diantaranya keberadaan Eco Lamp Indicator dan Multifunction Key dimana kunci kontak, bagasi dan tangki bensin terintegrasi.

Sementara Yamaha Fino selain Multifunction Key ada juga Smart Lock System untuk membantu pengereman saat jalan menanjak. Ditambahkan juga bagasi dengan kapasitas 8,7 liter. Terakhir untuk Mio Soul GT Eco Indicator, lampu depan dari LED, serta lebar tapak ban merupakan hal yang diunggulkan.

Berikut spesifikasi teknis Yamaha Mio Z, Yamaha Mio M3, Yamaha Fino, dan Yamaha Soul GT:

Spesifikasi Teknis Yamaha Mio Z Yamaha Mio M3 Yamaha Fino Yamaha Soul GT
         
Harga: Rp 15.100.000 Rp 14.700.000 Rp 15.700.000 Rp 15.950.000
Dimensi
Panjang : 1.870 mm 1.870 mm 1.870 mm 1.870 mm
Lebar : 685 mm 685 mm 700 mm 685 mm
Tinggi : 1.035 mm 1.035 mm 1.066 mm 1.070 mm
Jarak sumbu roda : 1.260 mm 1.260 mm 1.260 mm 1.260 mm
Jarak terendah ke tanah : 135 mm 135 mm 135 mm 135 mm
Tinggi tempat duduk : 750 mm 750 mm 745 mm 760 mm
Berat isi : 94 kg 94 kg 98 kg 96 kg
Kapasitas tangki bensin : 4.2 liter 4.2 liter 4.2 liter 4.2 liter
 
Mesin
Tipe mesin : 4-tak air-cooled SOHC 4-tak air-cooled SOHC 4-tak air-cooled SOHC 4-tak air-cooled SOHC
Kapasitas mesin : 125 cc 125 cc 125 cc 125 cc
Jumlah silinder : 1 Silinder 1 Silinder 1 Silinder 1 Silinder
Diameter x langkah : 52.4 mm x 57.9 mm 52.4 mm x 57.9 mm 52.0 mm x 57.9 mm 52.4 mm x 57.9 mm
Perbandingan kompresi : 9.5 : 1 9.5 : 1 9.5 : 1 9.5 : 1
Daya maksimum : 9.3 Hp pada 8.000 rpm 9.3 Hp pada 8.000 rpm 9.3 Hp pada 8.000 rpm 9.3 Hp pada 8.000 rpm
Torsi maksimum : 9.6 Nm pada 5.500 rpm 9.6 Nm pada 5.500 rpm 9.6 Nm pada 5.500 rpm 9.6 Nm pada 5.500 rpm
Sistem starter : Kick & Elektrik starter Kick & Elektrik starter Kick & Elektrik starter Kick & Elektrik starter
Sistem pelumasan : Basah Basah Basah Basah
Kapasitas oli mesin : 0.84 liter 0.84 liter 0.85 liter 0.84 liter
Sistem bahan bakar : Fuel Injection BlueCore Fuel Injection BlueCore Fuel Injection BlueCore Fuel Injection BlueCore
Tipe kopling : Kering Centrifugal Kering Centrifugal Kering Centrifugal Kering Centrifugal
Tipe transmisi : Automatic V-Belt Automatic V-Belt Automatic V-Belt Automatic
 
Rangka
Tipe rangka : Underbone Underbone Underbone Underbone
Suspensi depan : Teleskopik Teleskopik Teleskopik Teleskopik
Suspensi belakang : Swingarm Swingarm Swingarm Swingarm
Ban depan : 80/80-14M/C (43P) 70/90-14M/C (34P) 70/90-14M/C (34P) 80/80-14M/C (43P)
Ban belakang : 100/70-14M/C (51P) 80/90-14M/C (40P) 80/90-14M/C (40P) 100/70-14M/C (51P)
Rem depan : Single Disk Brake Single Disk Brake Single Disk Brake Single Disk Brake
Rem belakang : Drum brake Drum brake Drum brake Drum brake

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top