Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Triumph Bonneville T100 vs Moto Guzzi New V7 Stone, Beradu Retro!

Kedua motor retro CBU ini telah meluncur tahun lalu di tanah air, berikut ini Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya.

Jakarta, Autos.id –  Persaingan motor dengan tampilan retro terus menggelora dan semakin memanas, masing masing pabrikan menghadirkan motor dengan tampilan retro, mesin dengan teknologi baru serta fitur–fitur modern yang bisa membuat Anda merasa nyaman saat riding dengan motor retro. Seperti halnya Moto Guzzi New V7 Stone dan Triumph Bonneville T100.

Kedua merk ini memiliki catatan sejarah panjang.  Sebagai pecinta motor tentunya paham benar perjalanan merk Moto Guzzi dan Triumph sejak jaman perang dunia ke 2. Berikut dibawah ini Autos.id mencoba membandingkannya!

Desain

Belum lama ini Moto Guzzi membawa motor anyar untuk pasar Indonesia. Dari sisi desain tidak banyak pembaharuan, kesan modern di tonjolkan pada bagian headlamp. Kini logo Moto Guzzi terpampang secara tegas berkat balutan crome. Sementara itu bentuk tangki lebih menyesuaikan pada bagian mesin V-Twin, hal ini membuat kapasitas tangki mencapai 21 liter. Pada buritan jok tentunya dikemas lebih kekinian, walaupun jok tunggal bentuk belakang tidaklah rata dan membuat ukuran jok lebih kecil.

Tidak kalah retro Triumph Bonneville T100 juga mempertegas desain retro mulai dari lampu depan bulat tanpa sentuhan logo, bentuk tangki dengan identitas logo triumph kelir crome dan karet tangki hanya bisa menampung 14,5 liter bensin.

Jok tunggal Triumph terbilang retro mulai dari bentuk yang rata. Kesan retro lainnya ada pada spakbor depan, bentuk memanjang di tunjang oleh besi berwarna crome. Ditambah dengan bentuk silincer gas buang. Pada bagian kaki kaki triumph sangat menyesuaikan konsep motor retro dengan membawa velk almunium jari – jari.

Mesin

Moto Guzzi New V7 Stone berkapasitas mesin 853 cc, berpendingin udara, V-Twin, Transversal 90 derajat. Mesin tersebut dilengkapi diameter 84 mm dan langkah setinggi 77 mm. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimalnya mencapai 65 hp di 6.800 rpm dan torsi maksimal 73 Nm di 5.000 rpm.

Sementara itu Triumph Bonneville T100 berkapasitas mesin 900 cc, berpendingin cairan, 2-silinder segaris. Motor ini memiliki diameter yang lebih besar yakni 84,6 mm dan langkah lebih kecil yakni 80 mm. Hasilnya tenaga yang dikeluarkan mencapai 65 PS di 7.400 rpm dan torsi 80 Nm di 3.750 rpm.

Fitur

Persoalan fitur kedua motor retro ini tidak sekaya motor adventure atau motor touring. Fitur yang dimiliki lebih ke faktor keselamatan dan kesan modern seperti fitur pada Moto Guzzi New V7 Stone. Penerangan lampu depan yang sudah menggunakan LED dan dipermasin dengan daytime running light pada bagian logo Moto Guzzi.

Panel Instrumen sudah full digital yang berbentuk bulat. Selain fitur ABS Moto Guzzi New V7 Stone juga memiliki traction control yang bisa kalian sesuaikan dengan kondisi jalur basah dan kering.

Adapun fitur pada Triumph Bonneville T100 tidak sebanyak Moto Guzzi. Pada fitur keselamatan Triumph Bonnevile T100 sudah menggunakan rem cakram dengan sistem ABS dan panel instrumen dengan kombinasi digital dan analog.

Dari sisi harga keduanya terbilang jauh berbeda, Moto Guzzi New V7 Stone dijual seharga Rp 525 juta untuk on the road DKI Jakarta. Sementara Triumph Bonneville T100 dijual seharga Rp 390 juta off the road. (berbagai sumber)

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Motor

Last updated on 18 April, 2016 Jakarta, Autos.id – Banyak cara dilakukan untuk mengeksplorasi keindahan alam dan budaya Nusantara, satu diantaranya melalui touring sepeda...