Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Toyota New Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport, Adu Sporty!

Kedua SUV tangguh hadir dengan pembaharuan yang membuatnya tampil semakin sporty

Jakarta, Autos.id  –  Awal tahun 2022 lalu, PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan New Fortuner. Kini, Fortuner ada yang dilengkapi dengan mesin diesel 2.800 cc yang sebelumnya hanya tersedia dengan mesin diesel 2.400 cc dan mesin bensin 2.700 cc. Tak cuma itu, Toyota juga menghadirkan Fortuner yang lebih sporty, Fortuner 2.8 VRZ GR-SPORT 4×4 A/T yang jadi tipe termahalnya Fortuner.

Kehadiran New Fortuner ini membuat persaingan di segmen SUV semakin ketat, sebut saja pesaing kuatnya yaitu Mitsubishi Pajero Sport yang juga baru memperbaharui tampilannya di akhir tahun 2021 lalu.

Berikut ini Autos.id mencoba untuk membuat perbandingan antara kedua SUV tangguh ini, baik dari eksterior, interior dan mesin serta fitur-fitur keselamatan dan juga kenyamanan yang tersemat di kedua SUV ini.

Desain eksterior New Fortuner dan Pajero Sport

Toyota New Fortuner

Dari segi desain, Toyota Fortuner GR Sport ini mengusung desain bumper dan grille yang lebih kokoh. Semua tipe Fortuner sudah dilengkapi lampu utama dan lampu kabut LED. Kesan tangguh pada Fortuner juga terlihat dari garnish krom gelap pada grille yang dipadukan dengan bumper spoiler depan yang sporty.

Khusus untuk tipe GR Sport, ada pelek Alloy dengan desain baru yang tampak lebih gagah. Dan di bagian belakang juga terdapat bumper spoiler yang lebih elegan. Toyota Fortuner dibekali kick sensor with power backdoor untuk tipe GR Sport dan VRZ.

Mitsubishi Pajero Sport

Beralih ke Mitsubishi Pajero Sport, mobil ini hadir dengan bahasa desain “Dynamic Shield” khas Mitsubishi Motors. Mitsubishi Pajero Sport dilengkapi LED Active Cornering Lamp untuk membantu pengendara bermanuver di kondisi minim cahaya.

Kemudian di sisi samping, desain Pajero Sport 2021 tetap mempertahankan lekuk body yang gagah dan berkarakter. Di belakang, Pajero Sport hadir dengan power tail gate dengan kick sensor. Juga dengan desain rear combination lamp yang futuristik dan tetap mencirikan identitas Pajero Sport. Desain baru rear spoiler dan juga Shark Fin Antenna menambah kesan luxury.

Mesin dan Performa New Fortuner vs Pajero Sport

Mesin New Fortuner

Toyota New Fortuner tipe GR Sport dengan sistem penggerak semua roda (4×4) dengan mesin diesel 1GD dilengkapi fitur Easy 4×4 Switch serta fitur Downhill Assist Control (DAC). Selain mesin 1GD 2.800 cc, Toyota juga menawarkan Fortuner dengan mesin diesel 2GD 2.400 cc, dan mesin bensin 2TR 2.700 cc.

Beralih ke Pajero Sport, SUV andalan Mitsubishi ini cuma punya satu pilihan mesin. Pajero Sport dibekali mesin disel 4N15 2.4L VGT-Intercooler. Tenaga maksimal mesin itu mencapai 181 PS pada 3.500 RPM dengan torsi maksimal 430 Nm pada 2.500 rpm. Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis 8 kecepatan dengan sport sequential.

Mesin Pajero Sport

Interior New Fortuner vs Pajero Sport

Beralih ke interior, Toyota Fortuner khususnya GR Sport memiliki desain elegan dengan nuansa warna hitam. Tata letak Fortuner GR Sport juga memberikan image sporty. Di dalamnya terdapat head unit 9″ dengan konektivitas smartphone, NFC untuk membaca e-toll, hingga voice command. Nuansa sporty GR Sport ada di bagian setir, start/stop button, hingga headrest cover.

Fortuner juga kini mengadopsi sistem Auto A/C with Dual Zone, memungkinkan pengemudi dan penumpang depan menentukan temperatur yang berbeda sesuai keinginan. Pengaturan jok untuk sopir dan penumpang depan tersedia dengan power seat adjuster.

Interior New FortunerTak cuma itu, Fortuner terbaru juga memiliki wireless charger, drive mode (eco, normal, power mode), electro-chromic rearview mirror (memungkinkan spion tengah meredup jika terdeteksi ada cahaya menyilaukan dari belakang saat malam hari), serta rear seat entertainment with illumination untuk kenyamanan penumpang belakang. Dan dilengkapi juga surround monitor untuk memantau setiap sisi kendaraan untuk mencegah kecelakaan saat parkir.

Sementara Mitsubishi Pajero Sport facelift dibekali Head Unit 8″ dengan Smartphone-Link Display Audio (SDA), LCD Meter Cluster 8″, Multi Around View Monitor, New Design Dual Zone Climate Control AC, New Auto Dimming Rear-view Mirror, New Hand Free Steering Switch, New Floor Console, dan New AC Power Outlet. Fitur-fitur seperti sunroof hingga paddle shifters dipertahankan.

Interior Pajero Sport

Khusus untuk varian Dakar Ultimate 4×2, Pajero Sport dilengkapi dengan balutan interior trim berwarna beige, dan roof monitor sebagai fasilitas entertainment keluarga.

Fitur-fitur New Fortuner vs Pajero Sport

Baik Fortuner maupun Pajero Sport sama-sama menawarkan fitur canggih. Keduanya punya fitur keselamatan dan kenyamanan ternama.

Toyota Fortuner kini dilengkapi 7 SRS airbag yang terdiri dari dua airbag untuk sopir dan penumpang depan, airbag lutut pengemudi, airbag samping dan airbag tirai. Semua tipe Fortuner juga punya hill start assist (HSA), emergency brake signal (EBS), traction control, vehicle stability control, dan trailer sway control. Tak cuma itu, SUV andalan Toyota dilengkapi dengan Blind Spot Detection, Lane Departure Warning, Moving Object Detection, hingga Headway Monitoring Warning.

New Fortuner terbaru telah terintegrasi dengan T-Intouch, yang bisa menghubungkan mobil dengan aplikasi mToyota di gadget. Di dalamnya terdapat fitur find my car, geofencing, e-Car maintanance, inquiry & support center, trip driving update hingga road assistance..

Sedangkan Mitsubishi Pajero Sport juga bisa terkoneksi dengan ponsel. Dengan memasang aplikasi Mitsubishi Remote Control di ponsel, pemilik Pajero Sport terbaru bisa mengoperasikan berbagai fungsi mobil, mulai dari pengoperasian power tail gate, mencari posisi kendaraan saat terparkir, vehicle information, dan fungsi lain pengoperasian kendaraan.

Selain itu, Pajero Sport telah dibekali beberapa fitur safety. Fitur-fitur keselamatan yang ada pada Pajero Sport antara lain Forward Collision Mitigation (FCM), Ultrasonic Miss-acceleration Mitigation System (UMS), Blind Spot Warning – Lane Change Assist (BSW-LCA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Electric Parking Brake (EPB), Brake Auto Hold (BAH).

Tidak hanya itu fitur keamanan seperti 7 SRS Airbag, Active Stability & Traction Control (ASTC), Anti-lock Braking System, Electronic Brake Distribution, Brake Assist, telah disematkan juga didukung oleh teknologi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) body, dan Rigid Lightweight body.

Harga

Toyota mengumumkan harga New Fortuner mulai dari Rp 500 jutaan. Berikut harga lengkap Toyota Fortuner per Januari 2022:

  • 4 G 4×2 M/T : 521.600.000
  • 4 G 4×2 A/T : 539.200.000
  • 4 VRZ 4×2 A/T : 570.000.000
  • 4 VRZ 4×2 A/T GR Sport : 586.900.000
  • 7 SRZ 4×2 A/T GR Sport : 561.000.000
  • 8 VRZ 4×2 A/T : 580.900.000
  • 8 VRZ 4×2 A/T GR Sport : 597.900.000
  • 8 VRZ 4×4 A/T GR Sport : 684.500.000.

Sementara di bawah ini harga Pajero Sport per Januari 2022:

  • Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4×2 MT: Rp 520,8 juta
  • Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4×2 AT: Rp 535,8 juta
  • Mitsubishi Pajero Sport GLX 4×4 MT: Rp 545,8 juta
  • Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×2 AT: Rp 593,7 juta
  • Mitsubishi Pajero Sport Ultimate 4×2 AT: Rp 642,7 juta
  • Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4×4 AT: Rp 701,7 juta.

Dari informasi diatas, manakah yang menurut Sobat Autos sebagai SUV yang lebih sporty?

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Daftar Harga Mobil

Toyota menjadi merek yang banyak sekali digemari oleh para penggemar otomotif dengan menghadirkan kualitas terbaik untuk setiap model yang dihadirkannya. Jakarta, Autos.id – Tentunya banyak sekali...

Berita Otomotif

Demi wujudkan ketenangan, kenyamanan, dan keamanan perjalanan pelanggan Jakarta, Autos.id  – Dalam rangka memberikan “Beyond Service” dan “Peace of Mind” bagi pelanggan, PT Toyota-Astra...

Berita Otomotif

Siapkan saldo e-Toll Anda sebelum mudik Lebaran agar dapat mengurangi kemacetan di gerbang tol! Jakarta, Autos.id  –  Tarif tol Trans Jawa sudah dipersiapkan oleh...

Berita Otomotif

Untuk mencegah kemacetan lalu lintas arus mudik dan arus balik Lebaran, akan berlaku sistem satu arah dan ganjil genap. Catat tanggalnya! Jakarta, Autos.id  – ...