Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Suzuki Grand Vitara Vs Mitsubishi XForce, Pilih Mana?

Last updated on 16 Januari, 2024

Autos.id – Kelas SUV B-Segmen pastinya bisa bikin orang galau. Kenapa seh? Soalnya banyak banget pilihannya namun bingung ini mana lagi pilihan yang cocok dengan budget, fitur, model dan tampilan lainnya. Masalahnya, kita mau bahas Suzuki Grand Vitara Vs Mitsubishi XForce yang sekarang ini lagi hype banget.

Lantas, kenapa keduanya cocok kita komparasi? Terus apa saja perbedaan antara keduanya baik dari segi mesin maupun interior dan eksterior. Pasti penasaran bagaimana penilaian kita soal kedua mobil ini.

Memang, segmen B ini terkenal dengan kelas paling banyak pemainnya dan harganya bisa saling mepet satu sama lain. Secara mesin hampir sama namun soal harga sangat sensitif, untuk itu keduanya akan kita komparasi secara detail dan bisa berikan kepuasan buat kalian yang mau ambil SUV B-Segmen.

Grand Vitara vs Mitsubishi XForce

Eksterior

Bicarain eksterior, sebenarnya Grand Vitara sendiri lebih maskulin dan mewah. Berbeda dengan XForce yang berusaha tampilkan konsep masa depan seperti Xpander. Sangat jelas terlihat dari penempatan grill mengikuti konsep X lalu lampu hexagonal sampai Foglamp sendiri terletak di bawah bumper.

Bagaimana dengan Grand Vitara? Tampilan lampu depan lebih kecil namun sudah adopsi LED lebih besar. Lalu, DRL terletak di atas dengan sein menyatu. Berbeda dengan T-Shape XForce sendiri sudah gunakan dual LED dengan DRL di samping. Pastinya, pencahayaan jauh lebih terang.

Gril untuk Grand Vitara adopsi model Polygonal dengan tampilan sedikit sporty. Urusan bumper pun sudah pasti XForce lebih besar dan sedikit menjorok ke depan. Berbeda dengan Suzuki yang mencoba untuk hadirkan bumper lebih besar seperti SUV umumnya.

Bagian samping dan belakang terlihat sekali perbedaan dimensi dari keduanya. Untuk Mitsubishi sendiri mencapai 4.390 mm panjangnya, untuk lebarnya 1.810 dan tinggi hanya 1.660 mm. Kalau Vitara sendiri cuma 4.345 mm saja buat panjang bodi. Sedangkan lebarnya pun 1.795 mm dan tinggi 1.645 mm.

Jadinya terlihat kecil bukan Grand Vitara? Oke bagian belakang kita sudah tahu keduanya bertolak belakang. Berbeda dengan XForce yang lebih menarik bahkan cenderung ke masa depan.

Interior

Interior Grand Vitara Vs XForce

Kalau bahas interior kita tidak bisa mengelak kalau keduanya punya perbedaan mencolok. Suzuki selalu saja punya interior konsepnya, kalau tidak elegan ya sporty. Tidak pernah bisa keluar dari zona nyaman.

Buat Suzuki Grand Vitara sendiri, hadirnya Jok kulit elektrik, setir kulit dan monitor LCD dengan posisi berada di tengah. Seolah semuanya bisa kita jangkau dengan tangan. Padahal akomodasi terutama penumpang jadi hal sorotan.

Masuk ke dalam terutama baris kedua rasanya tidak percaya kalau mobil ini lapang. Namun, begitu padatnya interior terutama dashboard sudah beranggapan kalau Grand Vitara itu sempit.

Lain dengan XForce, sejatinya mereka ini bisa bawa kabin lega dengan dashboard minimalis dan serba sentuh melalui konsep futuristik mereka. Belum lagi fitur audio yang bisa kita bahas di segmen berikutnya. Pokoknya, menang telak kali ini XForce dari segi interior.

Baca juga: Komparasi Mitsubishi XForce vs Honda HRV, Unggul Mana?

Fitur

Soal Fitur, jelas XForce punya andil besar dalam produksi mereka. Kali ini saja, mereka menyematkan Audio dari Yamaha untuk XForce! Alhasil suara jernih yang keluar pun lebih bagus dan tak perlu lagi upgrade audio. Meskipun kita tahu fitur seperti ini tidak terlalu penting banget.

Selanjutnya, Grand Vitara punya Panoramic Sunroof. Oh, sudah pasti konsumen suka dengan pilihan ini. Karena orang Indonesia suka panjat dan lihat keluar dari atap sekaligus panjat sosial sekaligus pamer di depan tetangga mereka.

Namun, XForce punya 4 mode berkendara dan itupun bisa kita coba dengan berbagai medan yang kalian butuhkan. Lalu, Dual Zone dengan nanoe X dan Ambient light.

Namun fitur keselamatan sendiri baik keduanya sudah lengkap dengan Blind Spot Monitoring, Hill Start Assist dan masih banyak lagi. Sedangkan Cruise Control sudah tersedia di kedua model ini. Sayangnya, HUD sendiri tidak ada di XForce dan tersedia di Grand Vitara.

Mesin

Soal mesin hampir sama keduanya. Dipersenjatai mesin 1.500 cc dengan tenaga 104 hp dan torsinya mencapai 141 Nm untuk Xforce. Kalau Grand Vitara, pakai DualJet K15C dengan bantuan SHVS (Mild Hybrid) untuk pergerakan mobil ini. Pastinya tenaga mesinnya saja mencapai 104 Hp dan torsi hanya 137 Nm.

Baca Juga: Komparasi Suzuki Grand Vitara Bekas Versus Rival

Harga

Untuk harga sendiri XForce banderol dengan dua varian, Exceed mulai dari Rp 382.500.000 dan Ultimate hanya Rp419.100.000. Cukup mahal bukan? Berbeda dengan Grand Vitara cuma Rp 359.400.00 untuk tipe GL dan Tipe GX hanya Rp 384.400.000 dengan opsi two tone harus tambah 3 Juta.

Jadi pilihan kalian yang mana? Jujur kalau soal budget lebih condong ke Grand Vitara daripada XForce. Belum lagi diskonnya menggiurkan sekali buat Suzuki. Kalau XForce mungkin bisa jadi pertimbangan nanti. Jadi pilih yang mana? Grand Vitara Vs XForce?

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Motor

Last updated on 27 Mei, 2024 Autos.id – Tren otomotif terus berkembang, dengan Suzuki sebagai salah satu pemimpin dalam inovasi kendaraan bermotor. Suzuki telah...

Mobil

Last updated on 19 Maret, 2024 Autos.id – Dunia otomotif Indonesia mengalami sebuah perkembangan yang tentunya menarik untuk diketahui lebih lanjut bagi para pecinta...

Mobil

Last updated on 1 Maret, 2024 Autos.id  – Pabrikan Suzuki di pasaran Indonesia memang cukup dikenal sebagai salah satu merk otomotif yang cukup lekat...

Mobil

Last updated on 1 Maret, 2024 Autos.id – Kendaraan listrik pada saat ini memang tengah berkembang di pasaran otomotif dunia dan juga di Indonesia....

error: Content is protected !!