Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Perbandingan Toyota Calya, Daihatsu Sigra dan Datsun Go+

Toyota Calya, Daihatsu Sigra dan Datsun Go+.
Toyota Calya, Daihatsu Sigra dan Datsun Go+. (Sumber: Autofun)

Datsun Go+ menjadi awal tren mobil LCGC murah, lalu kini disaingi oleh Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Autos.id – Persaingan mobil LCGC berkapasitas 7 penumpang semakin sengit di Indonesia. Sebelumnya, Datsun Go+ mendominasi pasar mobil ini. Namun, sekarang posisinya mobil terjangkau besutan Datsun ini tergoyahkan oleh kehadiran Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Kedatangan mobil LCGC tersebut dari Toyota dan Daihatsu ini pun menyebabkan penjualan Datsun Go+ semakin menurun.

Lalu bagaimana jika ketiga mobil tersebut dikomparasikan? Mana yang yang lebih baik?

Dasbor Toyota Calya.

Dasbor Toyota Calya. (Sumber: Autofun)

Desain

Dalam hal desain eksterior, ketiga mobil tersebut memiliki desain yang sama-sama bagus. Namun, dalam hal fitur, Datsun Go+ kalah dengan para pesaingnya, yaitu Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Hal tersebut disebabkan karena Toyota Calya dan Daihatsu Sigra telah dilengkapi dengan fitur eksterior yang terlihat mewah, seperti lampu depan dan spion yang dilengkapi dengan lampu sein. Selain itu, bagian belakang Toyota Calya dan Daihatsu Sigra sudah dilengkapi dengan wiper belakang, sedangkan Datsun Go+ belum memiliki wiper belakang.

Baca juga: Mau Pasang AC Double Blower di Toyota Calya dan Daihatsu Sigra? Segini Harganya

Interior Toyota Calya.

Interior Toyota Calya. (Sumber: Carro Indonesia)

Interior

Pertimbangan para konsumen mobil LCGC dengan 7 penumpang terletak pada bagian interior dan kapasitas kabin. Toyota Calya dan Daihatsu Sigra memiliki kapasitas bagasi yang lebih luas dibandingkan dengan Datsun Go+.

Selain itu, pada baris ketiga kursi, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra lebih unggul karena memiliki kursi baris ketiga yang tidak terlalu sempit dibandingkan dengan Datsun Go+.

Interior Daihatsu Sigra.

Interior Daihatsu Sigra. (Sumber: Daihatsu Manado)

Mengenai desain dashboard, desain Datsun Go+ lebih bagus karena terlihat lebih modern dan dinamis. Sementara itu, desain dashboard Toyota Calya dan Daihatsu Sigra terlihat kuno.

Jika dibandingkan dari segi fitur, Datsun Go+ masih kalah dibandingkan dengan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Untuk fitur keselamatan, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra juga lebih lengkap dibandingkan dengan Datsun Go+.

Baca juga: LCGC Baru Naik, Konsumen Lari Ke LCGC Bekas?

Interior Datsun Go+.

Interior Datsun Go+. (Sumber: AutonetMagz)

Mesin dan Performa

Membahas bagian mesin, Toyota Calya menggunakan mesin 3NR In-line 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i dengan kapasitas 1197 cc. Dengan mesin tersebut, Toyota Calya mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 88 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm, serta torsi maksimum mencapai 11 Kgm pada putaran mesin 4200 rpm.

Sementara itu, Daihatsu Sigra menggunakan mesin 1.0 liter tipe D26F 1KR-DE dengan 3 silinder. Tipe mesin kedua sama dengan Toyota Calya, yaitu mesin 3NR-VE DOHC dengan teknologi Dual VVT-i.

Mesin Toyota Calya.

Mesin Toyota Calya. (Sumber: Harga Mobil)

Mesin 1.0 liter mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 67 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm, dengan torsi mencapai 8.7 Nm pada putaran mesin 3.600 rpm. Untuk tipe mesin 1.2 liter, tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 88 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm, dengan torsi mencapai 109 Kgm pada putaran mesin 4.200 rpm.

Sedangkan Datsun Go+ menggunakan mesin yang sama dengan Nissan March, yaitu HR12DE, yang juga merupakan mesin dari platform Nissan March. Mobil ini menggunakan mesin DOHC 3 silinder dengan kapasitas 1198 cc.

Mesin Daihatsu Sigra.

Mesin Daihatsu Sigra. (Sumber: Autofun)

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 50 KW pada putaran mesin 6000 rpm, dan torsi 104 NM pada putaran mesin 4000 rpm. Mesin ini juga diketahui memiliki efisiensi bahan bakar yang baik. Perlu dicatat juga bahwa banyak orang yang menganggap kualitas mesin Datsun Go+ lebih baik jika dibandingkan dengan Toyota Cayla atau Daihatsu Sigra.

Mesin Datsun Go+.

Mesin Datsun Go+. (Sumber: Newbie Belajar DIY Otomotif)

Perbandingan Harga

Berikut adalah perbandingan 3 mobil LCGC dengan 7 penumpang yang sedang dibahas:

Toyota Calya

  • Varian 1.2 E MT STD: Rp164.700.000
  • Varian E MT: Rp167.600.000
  • Varian G MT: Rp173.200.000

Daihatsu Sigra

  • Varian 1.0 D MT: Rp135.000.000
  • Varian 1.0 M MT: Rp 145.600.000
  • Varian 1.2 X MT: Rp 155.300.000

Datsun Go+

Di Indonesia, Datsun telah menghentikan penjualan mobil Go+. Selain itu, produksi mobil ini juga telah dihentikan. Namun harganya terakhir kali dijual sekitar Rp120.000.000 – Rp157.000.000.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 27 Mei, 2024 Autos.id – Tidak hanya mobil bertenaga listrik, mobil bertenaga BBM pun masih terus menunjukkan eksistensinya. Berbagai merek terus...

Mobil

Last updated on 27 Maret, 2024 Autos.id – Perkembangan mobil ramah lingkungan tengah menjadi trend pada saat ini di pasaran otomotifnya. Dalam hal ini,...

Daftar Harga Mobil

Daihatsu Gran Max jadi salah satu jenis mobil yang terlibat ‘skandal’ keselamatan di Jepang. Autos.id – Skandal yang melibatkan Daihatsu, yang telah berlangsung sejak...

Daftar Harga Mobil

Pihak Jepang melarang penjualan sejumlah mobil Daihatsu, termasuk Gran Max. Autos.id – Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata (MLIT) Jepang telah mencabut persetujuan tipe...

error: Content is protected !!