Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Menelisik Perbedaan Suzuki Invicto dan Toyota Kijang Innova Zenix

Siluet Suzuki Invicto.

Punya basis yang sama, lalu apa saja perbedaan Suzuki Invicto dan Toyota Kijang Innova Zenix?

Autos.id – Toyota Kijang Innova Zenix, mobil keluarga yang sudah tidak asing lagi di pasaran, ternyata memiliki kembaran di negara lain dengan brand dan nama yang berbeda, yaitu Suzuki Invicto. Invicto, dengan nama lengkap Maruti Suzuki Invicto, baru-baru ini diluncurkan di India dan dijual melalui jaringan dealer Nexa.

Dilansir dari Autocar India, Suzuki Invicto hadir dalam tiga varian, yaitu Zeta+ 7 Seater, Zeta+ 8 Seater, dan Alpha+ 7 Seater. Di India, kolaborasi antara Toyota dan Suzuki Maruti bukanlah yang pertama kalinya. Nama Toyota Kijang Innova Zenix sendiri tidak terdengar akrab di India, karena di sana mobil ini dikenal dengan nama Toyota Innova Hycross.

Lalu apa perbedaan Suzuki Invicto dan Toyota Innova Zenix? Berikut ulasannya.

Suzuki Invicto.

Suzuki Invicto. (Sumber: Maruti Suzuki)

Eksterior

Menelisik dimensinya, Suzuki Invicto sangat mirip dengan Toyota Kijang Innova Zenix, bahkan dapat dilihat dari panjangnya yang mencapai 4.755 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.795 mm, serta jarak sumbu roda 2.850 mm. Namun, terdapat sedikit perbedaan pada tampilan eksteriornya dibandingkan dengan Toyota Kijang Innova Zenix.

Perbedaan tersebut dapat terlihat pada gril depannya, di mana terdapat dua bilah krom horizontal tebal yang melintang di tengah, yang menyentuh lampu dari kanan dan kiri. Bahkan, Maruti Suzuki juga membuat bumper depan yang dirancang dengan desain yang berbeda.

Namun, untuk bagian lainnya seperti desain lampu dan penggunaan lampu LED, masih sama seperti Toyota Kijang Innova Zenix atau Innova Hycross. Hanya perbedaan yang terlihat mencolok adalah pada desain velg berukuran 17 inci antara Suzuki Invicto dan Hycross.

Sementara itu, pada bagian belakang, lampu belakang Invicto menampilkan desain tiga blok Nexa. Namun, jika dilihat dari luar logo Maruti Suzuki, Invicto dan Hycross terlihat sangat mirip.

Baca juga: Berapa Harga Baterai untuk Mobil Hybrid?

Bagian belakang Suzuki Invicto.

Bagian belakang Suzuki Invicto. (Sumber: Maruti Suzuki)

Interior

Pada bagian interior, ada beberapa perbedaan yang sengaja dibuat. Jika Innova Hycross menggunakan warna hitam dan coklat dengan aksen perak pada bagian kabinnya, Suzuki Invicto menggunakan warna hitam secara keseluruhan dengan aksen Champagne Gold.

Untuk berbagai hal lainnya, kedua mobil ini masih mirip, seperti kapasitas penumpang yang dapat menampung 7-8 penumpang, ruang bagasi dengan kapasitas 239 liter, dan jika kursi baris ketiga dilipat, ruang bagasi dapat mencapai 690 liter.

Interior Suzuki Invicto.

Interior Suzuki Invicto. (Sumber: Maruti Suzuki)

Sistem hiburannya juga sama, dengan head unit Suzuki Invicto yang dilengkapi layar sentuh berukuran 10,1 inci yang terhubung dengan aplikasi Android Auto dan Apple Car. Head unit ini juga dapat digunakan untuk melengkapi fitur rear parking mapau kamera 360 derajat.

Selain itu, mobil ini dilengkapi sunroof panoramic, ambient lighting, pengatur kursi, power tailgate, AC dual zone Climate Control, dan cluster instrumen digital berukuran 7 inci. Mobil ini juga dilengkapi dengan colokan USB, konektivitas Bluetooth, Wireless Apple CarPlay, jam digital, pengukur suhu luar, pemantau aliran energi, dan s-connect.

Head unit dan atap Suzuki Invicto.

Head unit dan atap Suzuki Invicto. (Sumber: Maruti Suzuki)

Fitur

Mobil ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang memberikan rasa nyaman dan aman saat berkendara. Beberapa di antaranya adalah Rear Seatbelt Warning Indicator, dual front airbag, 360 view camera with Dynamic Guide Lines, Rear View Camera, Front Parking Sensor, dan Reverse Parking Sensor.

Fitur dan bagasi Suzuki Invicto.

Fitur dan bagasi Suzuki Invicto. (Sumber: Maruti Suzuki)

Fitur lainnya seperti Electronic Parking Brake with Auto Hold, Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), dan Emergency Call with SOS Button. Kemudian ada Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), Day/Night Adjustable IRVM, Front Seat Belt Pre-tensioner with Force Limiter, Front Seatbelt Height Adjuster, Isofix Child Seat Anchorage, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Suzuki XL7 Standard vs Versi Hybrid, Apa Bedanya?

Sistem keamanan Suzuki Invicto.

Sistem keamanan Suzuki Invicto. (Sumber: Maruti Suzuki)

Untuk fitur keamanan, Suzuki Invicto juga dilengkapi dengan Engine Immobilizer, Anti Theft Security System, Speed Sensing Auto Door Lock, Central Locking, dan Speed Warning Buzzer. Selain itu, Invicto juga dilengkapi dengan Suzuki Connect, yang memiliki fitur bawaan seperti Live Vehicle Tracking dan Share Vehicle Location. Fitur lainnya termasuk Emergency Call Notification (eCall), Breakdown Call Notification (bCall), Door Lock, Stolen Vehicle Alert, Stolen Vehicle Tracking, Geofence, Safe Time Alert, Valet Alert, Tow Away Alert, dan Tow Away Tracking.

Mesin Suzuki Invicto.

Mesin Suzuki Invicto. (Sumber: Maruti Suzuki)

Performa Mesin

Karena Suzuki Invicto berbasis pada Toyota Innova Hycross, mobil ini menggunakan sasis monocoque berbasis platform TNGA tipe C. Dengan platform ini, Suzuki Invicto hanya dilengkapi dengan mesin hybrid, yaitu mesin 2.0 liter, empat silinder, baterai 168 Cll Ni-MH berdaya 201,6 V, dan motor listrik AC Synchronous.

Kombinasi mesin ini menghasilkan daya sebesar 184 hp dan torsi 206 Nm yang dikawinkan dengan transmisi e-CVT. Invicto dapat mencapai kecepatan 0-100 kilometer per jam dalam waktu 9,5 detik dan diklaim memiliki efisiensi bahan bakar sebesar 23,24 kpl.

Baca juga: Tertarik Beli Toyota Innova Zenix? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motor

Last updated on 27 Mei, 2024 Autos.id – Tren otomotif terus berkembang, dengan Suzuki sebagai salah satu pemimpin dalam inovasi kendaraan bermotor. Suzuki telah...

Mobil

Last updated on 27 Mei, 2024 Autos.id – Tidak hanya mobil bertenaga listrik, mobil bertenaga BBM pun masih terus menunjukkan eksistensinya. Berbagai merek terus...

Mobil

Last updated on 27 Maret, 2024 Autos.id – Perkembangan mobil ramah lingkungan tengah menjadi trend pada saat ini di pasaran otomotifnya. Dalam hal ini,...

Mobil

Last updated on 1 Maret, 2024 Autos.id  – Pabrikan Suzuki di pasaran Indonesia memang cukup dikenal sebagai salah satu merk otomotif yang cukup lekat...

error: Content is protected !!