Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Komparasi Yamaha Grand Filano vs Honda Scoopy

Yamaha Grand Filano vs Honda Scoopy.
Yamaha Grand Filano vs Honda Scoopy. (Sumber: YouTube)

Last updated on 20 Juni, 2023

Yamaha dan Honda bersaing di segmen skuter matic bergaya retro, mana yang lebih baik?

Autos.id – Yamaha telah meluncurkan model baru di kategori skutik retro modern dengan nama Grand Filano. Desainnya yang mengusung gaya retro modern membuatnya menarik perhatian calon konsumen. Namun, bagaimana jika Grand Filano dibandingkan dengan Honda Scoopy?

Perbandingan antara Yamaha Grand Filano dan Honda Scoopy dapat membantu calon konsumen dalam menentukan pilihan skutik retro modern mana yang akan mereka beli.

Ada beberapa perbedaan yang dapat kalian dari desain, mesin, fitur, dan juga harga.

Yamaha Grand Filano 2023.

Yamaha Grand Filano 2023. (Sumber: Yamaha Indonesia)

Dimensi

Yamaha Grand Filano terbaru memiliki dimensi panjang 1.820 mm, lebar 685 mm, dan tinggi 1.155 mm. Tangki bahan bakar motornya berkapasitas 4,4 liter. Sementara itu, Honda Scoopy memiliki panjang 1.864 mm, lebar 683 mm, dan tinggi 1.075 mm.

Jarak terendah ke tanahnya adalah 145 mm.

Dalam hal kapasitas tangki, Honda Scoopy lebih kecil dibandingkan Yamaha Grand Filano Hybrid Connected. Tangki bensin motor 110 cc ini berkapasitas 4,2 liter.

Baca juga: Perbandingan Honda ADV 160 Dengan ADV 150

Honda Scoopy 2023.

Honda Scoopy 2023. (Sumber: Honda)

Desain Lampu

Yamaha Grand Filano memiliki desain headlamp LED dengan bentuk lancip yang berbeda dengan Honda Scoopy yang masih membulat dan juga menggunakan LED.

Sementara pada bagian lampu belakang, Honda Scoopy masih mempertahankan desain lampu yang membulat, sedangkan Yamaha Grand Filano menggunakan desain yang lebih lonjong dan terlihat lancip.

Yang menarik, lampu belakang Yamaha Grand Filano juga dilengkapi dengan lampu seperti DRL dan memiliki tampilan seperti dasi di bagian depan.

Baca juga: Harga Motor Vespa Matic 2023 Paling Lengkap!

Fitur Yamaha Grand Filano 2023.

Fitur Yamaha Grand Filano 2023. (Sumber: Yamaha Indonesia)

Fitur

Yamaha Grand Filano telah dilengkapi dengan sistem Smart Key dan Answer Back pada kedua varian yang tersedia. Sementara Honda Scoopy hanya tersedia pada varian Prestige dan Stylish.

Honda Scoopy memiliki fitur Idling Stop System (ISS) yang dapat mematikan mesin secara otomatis setelah berhenti selama tiga detik, dan cukup menarik tuas gas untuk menghidupkan kembali.

Yamaha Grand Filano juga memiliki fitur serupa bernama Start & Stop System yang berfungsi mematikan mesin secara otomatis setelah motor berhenti selama lima detik, sehingga lebih hemat bahan bakar.

Dalam hal kapasitas bagasi, Yamaha Grand Filano dilengkapi dengan ruang bawah jok seluas 27 liter, sedangkan Honda Scoopy hanya memiliki kapasitas bagasi sebesar 15,4 liter.

Yamaha Grand Filano memiliki dua fitur yang tidak dimiliki oleh Honda Scoopy, yaitu Y-Connected yang memungkinkan motor terintegrasi dengan smartphone, dan lampu hazard.

Keduanya sama-sama dilengkapi dengan double hook untuk mengait barang di area dek dan power charger untuk mengisi ulang daya smartphone.

Yang membedakan adalah posisi tutup tangki bahan bakar Yamaha Grand Filano yang berada di sebelah kiri bagian bawah setang, sedangkan pada Honda Scoopy posisi tutup tangki bahan bakar berada di bawah jok.

Baca juga: Membandingkan Honda PCX 160 vs Yamaha NMAX 155 Connected

Fitur Honda Scoopy 2023.

Fitur Honda Scoopy 2023. (Sumber: Honda)

Mesin

Yamaha Grand Filano memiliki dapur pacu dengan kapasitas 124,86 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 6,1 kW pada putaran 6.500 rpm dan torsi maksimum 10,4 Nm pada 5.000 rpm.

Fitur yang menarik dari Grand Filano adalah teknologi hybrid yang dimilikinya. Dalam penjelasan sederhana, Yamaha mengklaim bahwa teknologi hybrid ini dapat memberikan akselerasi awal yang bertenaga dan halus dengan bantuan power assist yang berasal dari baterai.

Saat pertama kali ditarik, Grand Filano dapat merasakan bantuan tenaga dari dua sumber selama 3 detik pertama.

Sumber tenaga tersebut adalah tenaga mesin dan tenaga dari Electric Power Assist Start yang saling bersinergi. Teknologi ini berguna saat membawa penumpang, barang, atau saat melewati jalan menanjak.

Sementara itu, Honda Scoopy masih mengandalkan mesin 4-Langkah, SOHC dengan Pendingin Udara, eSP 110 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 6,6 kW pada putaran 7.500 rpm dengan torsi maksimum 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

 

Varian dan Harga

Yamaha Grand Filano menawarkan dua varian yaitu NEO dan LUX dengan harga masing-masing Rp27.000.000 dan Rp27.500.000 untuk OTR Jakarta.

Di sisi lain, Honda Scoopy hadir dengan empat varian yaitu Fashion, Sporty, Prestige, dan Stylish. Varian Fashion dan Sporty dibanderol dengan harga yang sama, yaitu Rp21.653.000. Sementara itu, varian Prestige dan Stylish dibanderol dengan harga yang sama, yaitu Rp22.415.000 untuk OTR Jakarta.

Baca juga: Yamaha Fazzio vs Honda Scoopy, Beradu Retro!

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Wuling

Last updated on 12 Februari, 2024 Komparasi antara Wuling Almaz Hybrid dan Almaz RS menjadi menarik karena laris di pasaran. Autos.id – Dalam komparasi...

Motor

Tidak semua sepeda motor cocok digunakan orang berpostur pendek, dimana ada beberapa rekomendasi dari matic hingga manual. Autos.id – Ketika membahas dunia otomotif, seringkali...

Komparasi

Tahun 2023 ini, Honda City dan Toyota Vios bersaing dengan segala kelebihan dan kekurangan. Seperti apa hasil komparasi Honda City vs Toyota Vios? Autos.id...

Motor

Jakarta, Autos.id  –  PT Astra Honda Motor (AHM) merilis New Honda Scoopy yang kini hadir dengan warna dan striping baru. Untuk memastikan kenyamanan pecinta...

error: Content is protected !!