Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Komparasi Hyundai Ioniq 5 dan Toyota bZ4X, Mobil Listrik Mana yang Lebih Gahar?

Hyundai Ioniq 5 dan Toyota bZ4X.
Hyundai Ioniq 5 dan Toyota bZ4X. (Sumber: CaruserMagz)

Hyundai Ioniq 5 kini memiliki pesaing baru di pasar mobil listrik Tanah Air, yaitu Toyota bZ4X.

Autos.id – Toyota bZ4X baru-baru ini diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor, dimana model itu adalah mobil listrik murni pertama yang hadir di pasar Indonesia. Hadirnya Toyota bZ4X juga menjadi pesaing langsung dari Hyundai Ioniq 5 yang diluncurkan jauh sebelumnya.

Lalu bagaimana dengan perbandingan antara Hyundai Ioniq 5 dan Toyota bZ4X? Simak ulasan di bawah ini.

 

DESAIN

Pertama membahas desain, Hyundai Ioniq 5 tampak futuristik karena bagian lampu depan yang menggunakan Parametric Pixel LED Headlamps dan dikombinasikan dengan Front Center Garnish Hidden LED.

Mobil listrik SUV dari Korea Selatan tersebut memiliki panjang 4.635 mm, lebar 1.890 mm dan tinggi 1.647 mm, dengan ground clearance 160 mm.

Sedangkan Toyota bZ4X memiliki desain yang lebih umum seperti halnya SUV konvensional. Namun bagian grille-nya terlihat lebih simpel yang ditambah lampu depan tipis sehingga tampak agresif.

Mobil listrik pabrikan Jeang itu memiliki panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm dan tinggi, 1.600 mm, dengan ground clearance 180 mm atau lebih tinggi dibandingkan Hyundai Ioniq 5.

Sementara membahas interior dari kedua mobil listrik tersebut, Hyundai Ioniq 5 tampak lebih modern dan minimalis karena tanpa konsol tengah. Dimana semua fungsi pada konsol dipindahkan ke dasbor dan bagian setir.

Sedangkan Toyota bZ4X memiliki interior yang lebih umum layaknya mobil konvensional, meskipun tetap tampak premium didukung oleh sistem operasi serba digital dan juga transmisi model knob.

Interior Hyundai Ioniq 5 dan Toyota bZ4X.

Interior Hyundai Ioniq 5 dan Toyota bZ4X. (Sumber: CaruserMagz)

FITUR

Kedua membahas tentang fitur, Hyundai Ioniq 5 sudah dibekali teknologi canggih seperti Hyundai Smart Sense. Sedangkan Toyota bZ4X didukung oleh Toyota Safety Sense (TSS) 3.0.

Namun kesamaan pada kedua mobil listrik itu adalah dibekali fitur keselamatan seperti Pre-Collision System & Pre-Collision Brake Assist, Lane Departure Alert (LDA), Lane Tracing Assist (LTA), Adaptive Cruise Control, dan lainnya.

Namun Toyota bZ4X lebih unggul karena memiliki Advanced Parking, yaitu fitur yang dapat membuat mobil parkir secara otomatis.

Mesin Hyundai Ioniq 5.

Mesin Hyundai Ioniq 5. (Sumber: Motor1)

BATERAI

Ketiga membahas tentang baterai serta motor listrik, Permanent Magnet Synchronous Motor Rear Wheel Drive (RWD) dipasangkan pada Hyundai Ioniq 5. Motor listrik tunggal di belakang ini dapat menghasilkan 215 Tk (tipe Long Range) dengan torsi 350 Nm, dan mampu menempuh jarak hingga 451 kilometer.

Sedangkan Toyota bZ4X didukung oleh FWD (motor listrik tunggal berpenggerak roda depan), yang mampu menghasilkan 201 Tk dan torsi 266 Nm dengan jarak tempuh hingga 500 kilometer.

Jika melihat perbandingan itu, maka jarak tempuh Toyota bZ4X lebih unggul. Hanya saja Hyundai Ioniq 5 lebih baik dalam hal tenaga dan torsi.

Mesin Toyota bZ4X.

Mesin Toyota bZ4X. (Sumber: Carbuzz)

HARGA

Terakhir membahas tentang harga, Ioniq 5 dibanderol Hyundai di angka Rp859 juta untuk varian tertinggi. Sedangkan Toyota bZ4X dibanderol Rp1,190 miliar.

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

Honda mengumumkan kerjasama dengan GS Yuasa untuk kembangkan baterai lithium-ion mobil listrik. Autos.id – Honda Motor Co., Ltd dan GS Yuasa International Ltd (GS...

Berita Otomotif

Cicilan Hyundai Stargazer jadi daya tarik tersendiri. Apalagi mobil ini banyak keunggulannya. Selain fitur dan juga harga yang bersaing. Autos.id – Hyundai Stargazer telah...

Mobil

Angka penjualan Toyota di Indonesia selama tahun 2022 silam mengalami kenaikan yang sangat signifikan dibanding tahun sebelumnya. Autos.id – Segmen MPV dan SUV masih...

Berita Otomotif

Last updated on 24 Januari, 2023 Sepanjang tahun 2022, penjualan Toyota mencapai 300 ribu unit lebih atau naik 12,1 persen Jakarta, Autos.id  – Toyota...