Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Komparasi Hyundai Creta vs Toyota Raize

Hyundai Creta vs Toyota Raize.
Hyundai Creta vs Toyota Raize. (Sumber: Autofun)

Sesama SUV, mana yang lebih baik antara Hyundai Creta dan Toyota Raize?

Autos.id – Saat memilih mobil SUV yang luas dan nyaman untuk digunakan di dalam kota, ada banyak pilihan yang bagus. Dua di antaranya yang sering dibandingkan adalah Hyundai Creta dan Toyota Raize. Dua mobil dari merek Hyundai dan Toyota ini memang termasuk mobil SUV yang laris manis di pasar Indonesia karena berbagai kelebihannya. Selain itu modelnya juga sangat sesuai dengan selera konsumen di tanah air.

Jadi, pertanyaannya adalah, mobil mana yang harus dipilih? Sebelum mengambil keputusan, mari kita lihat komparasi lengkap antara Hyundai Creta dan Toyota Raize di sini.

Tampilan belakang Hyundai Creta dan Toyota Raize.

Tampilan belakang Hyundai Creta dan Toyota Raize. (Sumber: Cintamobil)

Eksterior

Roof rail merupakan perbedaan eksterior yang dapat langsung terlihat antara Hyundai Creta dan Toyota Raize. Hyundai Creta dilengkapi dengan roof rail di bagian atas mobil, sedangkan Toyota Raize tidak memiliki roof rail. Selain itu, bentuk lampu dan grill keduanya juga berbeda.

Selanjutnya, perbedaan terletak pada ukuran ban dan velg. Hyundai Creta memiliki ukuran ban dan velg yang lebih besar 1 inci dibandingkan dengan Toyota Raize. Meskipun perbedaan ini mungkin tidak terlalu mencolok bagi mereka yang tidak terlalu memperhatikan.

Selain itu, Toyota Raize juga memiliki perbedaan pada lampu LED-nya. Lampu LED pada Toyota Raize memberikan cahaya yang lebih jelas dan terang. Hal ini sangat berguna saat kondisi berkabut, hujan lebat, atau pada malam hari. Cahaya yang lebih terang ini akan memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik dan membantu pengemudi melihat dengan lebih baik.

Interior Hyundai Creta.

Interior Hyundai Creta. (Sumber: Hyundai)

Interior

Hyundai Creta dan Toyota Raize adalah mini SUV yang dirancang untuk menampung 5 penumpang. Terdapat beberapa perbedaan dalam hal interior kedua mobil tersebut. Salah satunya adalah perbedaan ukuran layar. Hyundai Creta dilengkapi dengan layar sentuh berukuran 8 inci, sedangkan Toyota Raize telah dilengkapi dengan layar yang lebih besar, yaitu 9 inci.

Interior Toyota Raize.

Interior Toyota Raize. (Sumber: Toyota Astra)

Meskipun demikian, kedua layar tersebut memiliki fungsi yang hampir sama. Keduanya mendukung AM dan FM radio, serta berbagai format audio seperti WAV, MP3, dan WMA. Selain itu, keduanya juga dapat terhubung secara nirkabel dengan smartphone melalui fitur Bluetooth. Baik layar pada Hyundai Creta maupun Toyota Raize memberikan kenyamanan penggunaan yang sama.

Hyundai Creta.

Hyundai Creta. (Sumber: Hyundai)

Fitur

Terdapat beberapa perbedaan fitur antara Hyundai Creta dan Toyota Raize. Salah satu perbedaan yang cukup penting, terutama bagi pengguna mobil yang menginginkan fasilitas modern, adalah sistem pendingin udara (AC). Hyundai Creta masih menggunakan panel AC analog, sementara Toyota Raize sudah dilengkapi dengan panel AC digital.

Toyota Raize.

Toyota Raize. (Sumber: Toyota Astra)

Selain itu, terdapat juga perbedaan pada sistem pencahayaan. Lampu depan Hyundai Creta menggunakan lampu halogen, sedangkan lampu belakangnya menggunakan tipe Rear Combinations Lamps. Di sisi lain, Toyota Raize sudah menggunakan lampu depan LED dan lampu belakangnya menggunakan kombinasi LED dan halogen.

Mesin Hyundai Creta.

Mesin Hyundai Creta. (Sumber: Hyundai)

Mesin

Hyundai Creta memiliki kapasitas mesin yang lebih besar, yaitu 1497 cc dengan 4 silinder. Kapasitas tangki bahan bakarnya adalah 40 liter. Konfigurasi transmisinya menggunakan 6-speed manual atau matic IVT. Mesinnya mampu menghasilkan daya maksimal sebesar 84.4 kW (115 PS) pada putaran mesin 6300 r/min. Sedangkan torsi puncaknya mencapai 143.8 Nm (14.7 kgm) pada 500 r/min.

Mesin Toyota Raize.

Mesin Toyota Raize. (Sumber: Sound and Machine)

Sementara itu, Toyota Raize memiliki kapasitas mesin sebesar 1198 cc dengan 3 silinder. Kapasitas tangki bahan bakarnya adalah 36 liter. Konfigurasi transmisinya menggunakan 5-speed manual atau matic CVT. Daya maksimal yang dihasilkan oleh mesinnya adalah 88 PS pada 6000 rpm, dan torsi puncaknya mencapai 11.5 kgm pada 4500 r/min.

Baca juga: Mau Beli Hyundai Creta? Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 15 Mei, 2024 Autos.id – Ketika sedang mencari referensi mobil berukuran besar yang dapat digunakan bersama keluarga, kira-kira apa yang terpikir...

Mobil

Last updated on 27 Mei, 2024 Autos.id – Tidak hanya mobil bertenaga listrik, mobil bertenaga BBM pun masih terus menunjukkan eksistensinya. Berbagai merek terus...

Mobil

Last updated on 15 April, 2024 Autos.id – Februari lalu, Hyundai turut memeriahkan pameran Indonesia International Motor Show 2024 yang digelar JIExpo Kemayoran, Jakarta...

Komparasi

Last updated on 3 Juni, 2024 Pada saat IIMS 2024, terjadi persaingan yang menarik antara dua produsen mobil listrik yaitu BYD dan MG4. Autos.id...

error: Content is protected !!