Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Komparasi Honda HRV Gen 3 vs Hyundai Creta, Mana yang Lebih Unggul?

Honda HR-V vs Hyundai Creta

Last updated on 20 Maret, 2024

Memiliki segmen yang sama, mana yang lebih unggul antara Honda HRV Gen 3 vs Hyundai Creta?

Autos.id – Honda HRV Generasi ke-3 dan Hyundai Creta seringkali dibandingkan. Dua mobil tersebut diproduksi di dalam negeri dengan lebih dari 80% komponen lokal.

Honda HR-V generasi ketiga memiliki desain yang lebih modern, sporty, dan stylish. Tersedia dalam empat varian, yaitu varian S (tingkat awal), E, SE, dan RS Turbo sebagai varian flagship.

Kehadiran varian RS Turbo menjadi hal menarik karena performanya yang luar biasa. Dengan demikian, Honda HRV generasi ini dapat diunggulkan dalam hal teknologi mesinnya.

Sementara itu, Hyundai Creta hadir dengan beragam fitur modern dan handal. Selain itu, tersedia beberapa fitur hiburan yang dapat memanjakan pengemudi dan penumpangnya.

Lalu bagaimana perbandingan lebih lengkap antara Honda HRV Gen 3 vs Hyundai Creta? Simak ulasannya di bawah ini.

Honda HR-V.

Honda HR-V. (Sumber: Honda Indonesia)

Desain

Keunggulan HRV dibandingkan pesaingnya adalah desain yang lebih menarik. Tampilannya futuristik dan menawan. Jika ingin tampilan yang lebih sporty, dapat memilih varian Turbo RS dengan aerokit lengkap.

Selain itu, HRV dalam varian tertingginya juga dilengkapi dengan velg berukuran besar, yang mencapai 18 inci. Hal tersebut memberikan kesan gagah sekaligus menjadi kelebihan tersendiri, karena Hyundai Creta hanya menggunakan velg berukuran 17 inci.

Selanjutnya, desain Hyundai Creta cenderung konservatif. Masih mengandalkan ciri khas SUV dengan atap yang tinggi. Hal ini terlihat dari dimensi Hyundai Creta yang lebih pendek namun lebih tinggi dibandingkan HRV.

Hyundai Creta.

Hyundai Creta. (Sumber: Hyundai)

Berikut adalah dimensi Honda HRV Generasi ke-3:

  • Panjang: 4.330 mm
  • Lebar: 1.790 mm
  • Tinggi: 1.590 mm
  • Bagasi: 421,2 liter

Sementara itu, berikut adalah dimensi Hyundai Creta:

  • Panjang: 4.315 mm
  • Lebar: 1.790 mm
  • Tinggi: 1.630 mm
  • Bagasi: 478,5 liter

Fitur Bluelink pada Hyundai Creta.

Fitur Bluelink pada Hyundai Creta. (Sumber: Hyundai)

Fitur

Fitur yang ditawarkan oleh Hyundai Creta lebih lengkap. Salah satunya adalah fitur Bluelink yang memungkinkan mobil dan smartphone terhubung. Pemilik mobil dapat mengatur berbagai hal terkait mobil melalui smartphone. Misalnya, menghidupkan mesin dan mengaktifkan AC dari luar kendaraan.

Selain itu, notifikasi akan dikirimkan ke smartphone pemilik mobil jika mobil dicuri atau melampaui batas tertentu. Yang lebih istimewa, Bluelink dapat memberitahu Hyundai Call Center jika pengemudi mengalami kecelakaan di jalan.

Selain itu, untuk kenyamanan pengemudi dan penumpangnya, Creta dilengkapi dengan speaker audio merek Bose yang dipasang di 6 titik. Terdapat juga pengisi daya nirkabel (charger wireless) untuk memudahkan pengemudi dan penumpang mengisi daya ponsel di dalam Creta.

Namun, HRV juga memiliki keunggulan. Pada varian Turbo RS, HRV telah mengadopsi fitur hands-free open tailgate. Fitur ini memungkinkan pengguna membuka pintu bagasi hanya dengan mengayunkan kaki di bawah bumper belakang.

Baca juga: Mau Beli Hyundai Creta? Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Interior Honda HR-V.

Interior Honda HR-V. (Sumber: Otomotifo)

Teknologi Keselamatan

Pada semua varian HRV generasi ini dilengkapi dengan fitur Honda Sensing, yang patut diapresiasi. Teknologi ini juga sangat lengkap. Beberapa fitur yang termasuk di dalamnya adalah Collision Mitigation Braking System, Lane Keeping Assist System, Road Departure Mitigation System, Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow, Auto High Beam, dan Lead Car Departure.

Sementara itu, fitur keselamatan serupa pada Hyundai Creta, yang disebut Hyundai Smartsense, hanya tersedia pada varian tertinggi atau melalui opsi My Own Creta. Meskipun demikian, produsen H miring memiliki banyak teknologi lain untuk keselamatan pengemudi dan penumpang.

Yang paling menarik adalah keberadaan tombol SOS dan Bantuan Jalan di Creta. Dengan menekan tombol tersebut, secara otomatis akan terhubung ke pusat panggilan Hyundai. Dari sana, Anda akan mendapatkan bantuan seperti derek, polisi, ambulans, dan lainnya jika terjadi keadaan darurat saat dalam perjalanan.

Baca juga: Honda HRV vs Suzuki Grand Vitara, Mana Lebih Baik?

Interior Hyundai Creta.

Interior Hyundai Creta. (Sumber: Hyundai)

Performa Mesin

Honda HRV menawarkan dua pilihan mesin. Pertama, mesin 1.5L turbo yang pada spesifikasinya mencapai tenaga maksimum 177 PS pada 6.000 rpm. Untuk torsi puncaknya, mobil SUV ini mampu mencapai angka 240 Nm pada rentang putaran mesin 1.700 hingga 4.500 rpm.

Sedangkan untuk pilihan mesin kedua, HRV menggunakan mesin 1.5L DOHC yang menghasilkan tenaga sebesar 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.300 rpm.

Lalu bagaimana dengan pesaingnya? Hyundai Creta menggunakan mesin Smartstream G1.5 gasoline yang dikombinasikan dengan transmisi 6-speed manual dan otomatis 6-percepatan dengan teknologi IVT (Intelligent Variable Transmission).

Berdasarkan spesifikasinya, mobil asal Korea Selatan ini memiliki tenaga maksimum sebesar 115 PS pada 6.300 rpm. Sedangkan torsi maksimalnya mencapai 143,8 Nm pada putaran mesin 4.500 rpm.

Meskipun di atas kertas Honda HRV Gen 3 memiliki tenaga dan torsi yang lebih besar dibandingkan Hyundai Creta, namun setelah tim Moladin mencoba keduanya secara langsung, Hyundai Creta lebih unggul dalam hal akselerasi.

Baca juga: Komparasi Hyundai Creta vs Toyota Raize

Harga

Harga Honda HRV berkisar antara Rp375 juta hingga Rp416 juta. Sementara itu, harga Hyundai Creta berkisar antara Rp291,3 juta hingga Rp408,3 juta.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motor

Last updated on 12 April, 2024 Autos.id – Februari lalu, Honda kembali mengeluarkan produk terbarunya yakni Honda Stylo 160. Kemunculannya kali ini cukup menggemparkan...

Motor

Last updated on 9 April, 2024 Autos.id – Pada saat ini, motor dengan model classic ataupun retro tengah menjadi pilihan yang tidak boleh dilewatkan...

Motor

Last updated on 4 April, 2024 Autos.id – Melihat perkembangan motor listrik di Indonesia, hal ini bisa dikatakan cukup baik. Berbagai pabrikan otomotif juga...

Komparasi

Pada saat IIMS 2024, terjadi persaingan yang menarik antara dua produsen mobil listrik yaitu BYD dan MG4. Autos.id – BYD Dolphin dan MG 4...

error: Content is protected !!