Bukan hanya Neta V, Citroen juga menghadirkan E-C3 dalam acara GIIAS 2023 yang menarik perhatian.
Autos.id – Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 menjadi platform penting dalam memperkenalkan kendaraan listrik. Setiap merek hadir dengan bangga memamerkan produk-produk elektrifikasi mereka, seperti halnya Citroen E-C3 dan Neta V.
Dua mobil listrik baru ini siap hadir di pasar otomotif Indonesia. Saat GIIAS 2023 dibuka, Citroen Indonesia memperkenalkan mobil listrik mereka yang didasarkan pada teknologi baterai dengan nama New E-C3. Sementara itu, perusahaan asal Tiongkok, Neta, turut meramaikan acara ini dengan memperkenalkan model mereka yang bernama Neta V.
Lalu bagaimana jika kedua model dari masing-masing merek ini dibandingkan? Simak perbandingan antara Neta V vs Citroen E-C3 selengkapnya di bawah ini.
Dimensi
Dimensi dari Citroen E-C3 adalah 3.981 mm untuk panjang, 1.733 mm untuk lebar, dan 1.586 mm untuk tinggi, dengan jarak sumbu roda sepanjang 2.540 mm. Sementara itu, Neta V memiliki ukuran 4.070 mm untuk panjang, 1.690 mm untuk lebar, dan 1.555 mm untuk tinggi, dengan jarak sumbu roda mencapai 2.420 mm.
Eksterior
Membahas eksteriornya, Citroen E-C3 tidak terlalu banyak perbedaan dari C3 dengan mesin bensin konvensional. Namun demikian, pada bagian belakangnya tidak memiliki pipa knalpot dan terdapat emblem “e” berwarna biru. Logo “e” ini juga ditempatkan di pintu sebelah kanan dan kiri. Letak colokan pengisian baterai terdapat di sisi kanan mobil, tepatnya di atas roda.
Sementara itu, Neta V dilengkapi dengan velg berukuran 16 inci dan ban 185/55 R16. Dari segi desain, sebenarnya tergolong biasa saja dan jauh dari kesan futuristik. Secara keseluruhan, desainnya cenderung berbentuk bulat, dengan bahasa desain yang terinspirasi dari bentuk lumba-lumba atau yang dikenal sebagai Dolphine Streamline.
Di bagian depan, tampak bersih tanpa kisi-kisi gril khas mobil listrik. Sedangkan lampu utamanya telah menggunakan LED DRL yang terintegrasi dengan baik, memastikan cahayanya terang berkat teknologi proyektor yang digunakan.
Baca juga: Perbandingan Spesifikasi Antara Neta V dan Wuling Bingo
Interior
Interior pada Citroen E-C3 dirancang mirip dengan mobil city car konvensional. Tambahan pula, mobil listrik ini dilengkapi dengan empat pintu, memudahkan penumpang yang ingin duduk di kursi belakang.
Khusus untuk penumpang di bagian belakang, Citroen mengklaim bahwa E-C3 menyediakan ruang bahu seluas 1.378 mm dan ruang kepala setinggi 991 mm. Kapasitas kabinnya dirancang untuk menampung hingga 5 orang penumpang.
Meski demikian, hanya ada dua sandaran kepala di belakang, sehingga lebih ideal untuk 4 orang. Salah satu aspek menarik lainnya adalah tersedianya ruang bagasi sebesar 315 liter di bagian belakang, yang sangat berguna untuk menyimpan barang. Dominasi warna dalam kabin versi listrik C3 ini adalah hitam pada jok-joknya, sementara langit-langit menggunakan warna abu-abu.
Sementara itu, Neta V memiliki tuas perpindahan gigi yang ditempatkan di belakang setir. Desain tuas persneling ini mirip dengan tuas sein, dan Neta V menyebutnya sebagai electronic shifter.
Bagian setirnya memiliki desain yang tidak sempurna bulat. Ini memberikan kesan kokoh dan sporty pada kemudi, terutama dengan sentuhan benang jahitan merah. Setir mobil listrik Neta ini juga dilengkapi dengan beberapa tombol, mulai dari tombol pengatur audio di kemudi hingga tombol kontrol cruise.
Fitur
Membahas mulai dari aspek keamanan, baik Citroen E-C3 maupun Neta V memiliki perangkat keselamatan yang serupa, termasuk dual airbag, sistem pengereman ABS, dan ISOFIX untuk kursi anak. Namun, terdapat perbedaan di mana Neta V sudah dilengkapi dengan sistem rem parkir elektrik serta auto hold, sementara Citroen E-C3 masih menggunakan sistem rem parkir manual. Neta V juga unggul dalam fitur keselamatan lainnya dengan tambahan Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Hill Start Assist, dan Hill Descent Control.
Dari sisi hiburan, Neta V menonjolkan layar head unit yang lebih besar, berukuran 14,6 inci, berbeda dengan layar Citroen E-C3 yang hanya 10,2 inci. Namun demikian, Citroen E-C3 memiliki kelebihan konektivitas nirkabel Apple CarPlay dan Android Auto, fitur yang tidak ada pada Neta V yang hanya memiliki Weblink.
Yang pasti, dua model tersebut dilengkapi dengan panel instrumen digital yang sederhana namun informatif. Meski demikian, panel instrumen pada Citroen E-C3 terkadang dianggap terlalu minimalis.
Performa
Mobil Citroen E-C3 hadir dengan motor listrik yang ditempatkan di bagian depan. Tenaganya mampu mencapai 57 hp atau 43 kW, dan torsi puncaknya mencapai 143 Nm. Untuk percepatan dari 0-60 km/jam, diduga bisa dicapai dalam waktu 6,8 detik. Kecepatan maksimumnya dibatasi hingga 107 km/jam.
Baterainya memiliki kapasitas 29,2 kWh dengan jangkauan maksimal sekitar 320 kilometer dalam kondisi baterai penuh. Mengenai pengisian baterai, mobil listrik Citroen ini dapat menggunakan daya AC bawaan sekitar 3,3 kW dan juga mendukung pengisian cepat DC.
Di sisi lain, Neta V dilengkapi dengan baterai lithium-ion berkapasitas 40,7 kWh. Kemudian jarak tempuhnya mencapai 401 kilometer dengan baterai penuh.
Untuk tenaga penggerak, terdapat motor listrik di roda depan yang mampu menghasilkan daya hingga 70 kW atau sekitar 95 PS, dengan torsi puncak 150 Nm. Berbicara tentang performa akselerasi, mobil listrik ini diyakini mampu mencapai 0-50 km/jam hanya dalam 3,9 detik. Namun, kecepatan maksimumnya dibatasi pada 120 km/jam.
Pengisian baterai Neta V tidak rumit, karena sudah dilengkapi dengan colokan tipe AC berdaya 6,6 kW. Untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh, diperlukan waktu sekitar 8 jam. Terdapat juga colokan tipe DC untuk pengisian cepat dengan daya 100 kW. Hasilnya, pengisian baterai mobil listrik ini bisa lebih cepat, misalnya dari 30% hingga 80% hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit.
Harga
Terkait masalah harga, Citroen E-C3 dibanderol Rp395 juta (OTR Jakarta). Di sisi lain, Neta V dihargai Rp379 juta (OTR Jakarta).
Baca juga: Komparasi Hyundai Creta vs Toyota Raize
Sumber: Berbagai sumber
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.