Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Honda Accord 2023 vs Toyota Camry 2023, Mana yang Lebih Unggul?

Honda Accord 2023 vs Toyota Camry 2023.
Honda Accord 2023 vs Toyota Camry 2023. (Sumber: Allen Honda)

Accord 2023 dan Toyota Camry 2023 memiliki segmentasi pasar yang sama, namun mana yang lebih unggul?

Autos.id – Perbandingan antara Honda Accord dan Toyota Camry adalah pertarungan antara dua raksasa. Kedua sedan ukuran menengah ini selalu menjadi pemimpin penjualan bukan hanya di segmennya, tetapi juga di pasar secara keseluruhan.

Kombinasi ukuran, kenyamanan, ruang interior, gaya, dan kehandalan yang dibawa oleh kedua model ini terus beresonansi dengan para pelanggan. Sekarang, perbandingannya menjadi lebih tajam karena Honda meluncurkan versi baru dari Accord.

Honda Accord 2023.

Honda Accord 2023. (Sumber: Holy Honda)

Sedan Honda yang baru mengejutkan dalam beberapa hal. Mungkin perubahan paling mengejutkan terjadi di bawah kap mesin. Pada tahun-tahun sebelumnya, Honda menunjukkan kurangnya minat yang jelas dalam powertrain hybrid, bahkan ketika pesaing utamanya, Toyota, bertekad untuk memasang power yang sama pada hampir semua modelnya, termasuk Camry.

Untuk tahun 2023, Honda melakukan perubahan drastis dan membuat powertrain hybrid sebagai mesin utama pada sedan flagship-nya. Ketika produksi dan penjualan dihitung secara tahunan pada tingkat yang diharapkan, para petinggi Honda percaya bahwa kendaraan bertenaga hybrid akan menyumbang 50% dari penjualan model ini. Penambahan powertrain hybrid memungkinkan Accord terbaru untuk bersaing dengan Toyota Camry 2023, yang juga memiliki model bertenaga hybrid.

Toyota Camry 2023.

Toyota Camry 2023. (Sumber: Toyota Astra)

Kesamaan antara kedua model ini tidak berhenti di situ. Baik Camry maupun Accord adalah sedan ukuran menengah dengan kapasitas 5 penumpang. Keduanya menawarkan beragam sistem bantuan pengemudi canggih (ADAS) dan perangkat keselamatan elektronik yang mengesankan. Dan keduanya memiliki reputasi yang baik dalam hal keandalan, ketergantungan, dan nilai jual yang tinggi.

Penjualan dua kendaraan tangguh ini menunjukkan bahwa masih ada tempat bagi sedan 4 pintu. Dan berikut adalah perbandingan secara rinci antara Honda Honda Accord 2023 dan Toyota Camry 2023.

Baca juga: Toyota Camry, Tongkrongan Pejabat Budget Murah

Eksterior

Generasi ke-11 Honda Accord menampilkan desain yang lebih minimalis dan elegan. Pada bagian depan, terdapat gril dengan sentuhan jaringan hitam yang dikelilingi oleh lampu depan LED. Bumper depan diperbesar dengan saluran udara yang lebih lebar. Kap mesin pada mobil Honda Accord generasi terbaru lebih panjang dan ramping.

Beralih ke bagian samping, overhang pada bagian depan dan belakang terlihat lebih panjang. Accord hadir dengan dua pilihan velg, yaitu 17 inci untuk tipe LX dan EX, serta 19 inci untuk tipe Sport, Sport-L, dan Touring.

Pada bagian belakang, terdapat perubahan signifikan pada desain lampu belakang. Sekarang, Accord menggunakan lampu utama dengan lampu LED. Lampu belakang terlihat lebih ramping dan membentang ke bagian tengah mobil. Accord juga dilengkapi dengan bagasi yang lebih besar dan spoiler belakang.

Sementara itu, Toyota Camry versi terbaru memiliki dimensi panjang 4.885 mm, lebar 1.840 mm, dan tinggi 1.445 mm, dengan jarak sumbu roda sekitar 2.825 mm. Ketiga tipe Camry 2023 memiliki dimensi yang sama, sehingga Anda tidak perlu bingung memilihnya.

Tampilan Toyota Camry 2023 terlihat lebih maskulin dan tangguh. Terlihat dari gril yang lebih besar dan lampu depan LED yang tajam, dengan tambahan lampu kabut yang memberikan kesan tampilan yang tajam. Begitu pula dengan bagian belakangnya, dilengkapi dengan lampu belakang LED yang tegas dengan desain aerodinamis.

Pada bagian samping, mobil Camry didesain dengan sederhana dengan aksen krom di sepanjang jendela yang memberikan kesan mewah dan modern. Juga, pada bagian kaki, mobil sedan Camry ini menggunakan velg alloy aluminium berdiameter 17 inci.

Toyota Camry 2023 ini juga dilengkapi dengan knalpot ganda berujung krom yang memberikan performa mobil yang lebih optimal.

Baca juga: Honda Accord Generasi Terbaru Masuk Indonesia?

Dashboard Honda Accord 2023.

Dashboard Honda Accord 2023. (Sumber: Holy Honda)

Interior

Bagian interior Accord memiliki tampilan minimalis dan elegan. Sedan mewah ini memiliki dashboard yang mirip dengan adiknya, Honda Civic. Terdapat pola jaring-jaring logam pada kisi-kisi AC. Accord dilengkapi dengan kluster instrumen berukuran 10,2 inci. Untuk head unit, tersedia pilihan 7 inci dan 12,3 inci pada varian Sport, Sport-L, EX-L, dan Touring. Kedua pilihan head unit sudah dilengkapi dengan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay.

Interior Honda Accord 2023.

Interior Honda Accord 2023. (Sumber: Holy Honda)

Interior Accord juga tersedia dengan trim piano black dan perangkat sakelar yang diperbarui. Kursi depan dilengkapi dengan penstabil tubuh agar nyaman saat melakukan perjalanan jauh. Varian Sport hadir dengan jok hitam, setir berbalut kulit, dan pedal aluminium. Sementara varian EX-L, Sport-L, dan Touring dilengkapi dengan jok kulit.

Sementara itu, Toyota Camry terbaru memiliki desain interior yang modern. Terlihat dari fitur Convenient Rear Seat Control dengan pengaturan canggih untuk kenyamanan berkendara sepanjang perjalanan. Anda dapat memilih suasana interior kabin dengan kombinasi warna gelap (hitam) atau beige.

Tampilan dasbor Toyota Camry mengusung konsep desain Wooden Instrument Panel dengan tambahan fitur Head Unit berlayar sentuh berukuran 9 inci. Dilengkapi dengan sistem speaker JBL Sound System untuk pengalaman perjalanan yang lebih menyenangkan.

Sistem kemudi Toyota Camry dilengkapi dengan fitur Advanced Steering Wheel (tipe V) yang terintegrasi dengan sistem Head Unit. Terdapat juga fitur Vibrant Color Head-Up Display dengan teknologi drive smarter dan fitur MID dengan layar TFT yang menarik dan informatif.

Interior Toyota Camry 2023.

Interior Toyota Camry 2023. (Sumber: Toyota Astra)

Fitur Keselamatan

Dalam hal fitur keselamatan, Honda Accord dilengkapi dengan berbagai fitur canggih. Sedan mewah ini dilengkapi dengan airbag lutut dan airbag samping belakang sebagai standar. Airbag pada Honda Accord dirancang untuk mengurangi risiko cedera kepala yang terkait dengan tabrakan depan dengan sudut miring.

Seperti model Honda lainnya, Accord menggunakan sistem Honda Sensing yang telah diperbarui. Pembaruan ini mencakup fitur peringatan titik buta, kontrol kecepatan adaptif, asisten pencegahan keluar jalur, dan asisten kemacetan. Fitur peringatan titik buta sekarang dapat mendeteksi objek hingga jarak 25 meter. Sementara itu, asisten kemacetan membantu pengemudi mempertahankan jalur pada kecepatan yang lebih rendah.

Fitur keselamatan Toyota Camry 2023.

Fitur keselamatan Toyota Camry 2023. (Sumber: Toyota Astra)

Sementara itu, Toyota Camry 2023 dilengkapi dengan fitur keselamatan berupa tujuh titik airbag SRS yang melindungi seluruh penumpang dan mengurangi risiko cedera saat terjadi kecelakaan.

Selain itu, Camry 2023 juga dilengkapi dengan fitur Rear Cross Traffic Alert (ROTA) untuk mendeteksi kendaraan atau objek di bagian belakang dan Blind Spot Monitor (BSM) yang menggunakan teknologi radar untuk mengidentifikasi objek di sekitar yang berada di titik buta.

Toyota Camry juga memiliki fitur keselamatan rem yang andal seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Braking-Force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA) yang mencegah ban selip atau tergelincir.

Baca juga: Hyundai Sonata 2024 Siap Hadang Toyota Camry!

Spesifikasi Honda Accord 2023.

Spesifikasi Honda Accord 2023. (Sumber: Holy Honda)

Mesin

Generasi ke-11 Honda Accord menawarkan dua pilihan mesin. Untuk tipe LX dan EX, Accord dilengkapi dengan mesin turbo 1,5 liter 4 silinder yang menghasilkan tenaga sebesar 192 hp dengan torsi 260 Nm.

Selain mesin turbo, Honda Accord 2023 juga hadir dengan varian mesin hybrid untuk tipe Sport, Sport-L, EX-L, dan Touring. Mesin 2,0 liter Atkinson Cycle dikombinasikan dengan motor listrik yang menghasilkan tenaga sebesar 204 hp dan torsi sebesar 335 Nm. Semua varian Honda Accord dilengkapi dengan transmisi CVT.

Mesin Toyota Camry 2023.

Mesin Toyota Camry 2023. (Sumber: Toyota Astra)

Sementara itu, Toyota Camry 2023 dilengkapi dengan mesin yang tangguh untuk memberikan performa yang handal, bahkan saat digunakan untuk perjalanan jauh. Menggunakan mesin 2AR-FE 4 silinder in-line 16 katup dengan teknologi DOHC Dual VVT-i berkapasitas 2.494 cc.

Camry memiliki tangki bahan bakar berkapasitas hingga 60 liter. Selain itu, mobil Camry dilengkapi dengan sistem transmisi otomatis 6 percepatan secara sekuensial untuk tipe 2.5 V dan 2.5 G. Tenaga maksimum yang dihasilkan adalah 183 PS per 6.000 RPM dengan torsi hingga 239 Kgm per 4.100 RPM.

Toyota Camry terbaru menggunakan suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang Double Wishbone untuk meredam getaran saat berkendara. Selain itu, dilengkapi dengan rem cakram ventilasi dan cakram padat untuk menjaga keseimbangan saat berada dalam kecepatan tinggi.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 25 Mei, 2024 Autos.id – Dengan bangga, Honda kembali mengeluarkan produk terbarunya, yakni Honda BR-V N7X Edition. Terdapat 3 varian tipe...

Mobil

Last updated on 3 Mei, 2024 Autos.id – Setelah sukses merancang konsep bersama dengan pabrikan otomotif asal Tiongkok, Dongfeng, Honda luncurkan produk terbaru mereka,...

Mobil

Autos.id – Di tengah merebaknya kendaraan elektrik, Honda turut memperkenalkan mobil listrik keluaran terbaru mereka. Tak tanggung-tanggung, pabrikan asal Jepang itu langsung mengeluarkan tiga...

Mobil

Last updated on 2 Mei, 2024 Autos.id – Di tengah gempuran mobil listrik kompak dengan harga terjangkau, Honda menghadirkan produk baru dengan harga yang...

error: Content is protected !!