Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Bingung dengan Toyota Vellfire dan Alphard? Ternyata Ini Perbedaannya!

Toyota Vellfire dan Alphard.
Toyota Vellfire dan Alphard. (Sumber: Tunas Toyota)

Autos.id – Vellfire dan Alphard memang terlihat mirip dari segi penampilannya. Namun, meskipun tampak serupa, ada perbedaan antara Toyota Vellfire dan Alphard. Baik Alphard maupun Vellfire adalah mobil MPV mewah yang diproduksi oleh Toyota. Dalam hal spesifikasi dan juga desain, berikut adalah perbedaan di antara kedua mobil mewah tersebut.

Toyota Vellfire.

Toyota Vellfire. (Sumber: Toyota Astra)

Dimensi

Dari segi ukuran atau dimensi, baik Alphard maupun Vellfire tidak memiliki perbedaan yang signifikan, kecuali dalam hal panjang. Toyota Alphard memiliki panjang 4.945 mm, sedangkan Vellfire memiliki panjang 4.935 mm.

Sementara itu, dalam hal lebar dan tinggi, kedua mobil ini memiliki ukuran yang sama persis, yaitu 1.850 mm untuk lebar dan 1.895 mm untuk tinggi.

Toyota Alphard.

Toyota Alphard. (Sumber: Toyota Astra)

Eksterior

Tampilan eksterior Vellfire terlihat lebih sporty dibandingkan Alphard yang terkesan elegan. Lebih jelas lagi, perbedaan dalam tampilan luar keduanya dapat dilihat pada desain gril depan. Pada bagian depan Vellfire, terdapat logo Toyota, sedangkan pada Alphard terdapat logo khusus.

Selain itu, Vellfire menggunakan gril dengan ornamen horizontal, di mana Alphard memiliki desain gril depan yang besar dan yang bentuknya kotak-kotak.

Jika melihat perbandingan lampu utama, Vellfire memiliki bentuk lampu yang terbelah dua, mirip dengan lampu utama Avanza. Sedangkan, lampu utama Alphard tidak terbelah.

Dasbor Toyota Vellfire.

Dasbor Toyota Vellfire. (Sumber: Toyota Astra)

Interior

Kedua jenis MPV mewah besutan Toyota ini memiliki fitur yang serupa, seperti tirai pada bagian penumpang yang fungsinya adalah melindungi dari sinar matahari. Selain itu, keduanya juga dilengkapi dengan Toyota Safety Sense (TSS) sebagai fitur keselamatan.

Keduanya juga memiliki color ceiling illumination, yaitu lampu interior yang dapat diatur dalam 16 warna berbeda. Tapi, perbedaannya terletak pada panel kayu coklat yang hadir di interior Alphard 2.5 G, yang tidak dapat ditemukan di Vellfire. Alphard yang merupakan versi kembar menggunakan panel kayu, namun dengan warna yang lebih gelap.

Tampilan speedometer Vellfire memberikan kesan yang lebih sporty dengan aksen warna merah, sedangkan Alphard 2.5 G tidak memiliki fitur tersebut. Jika Vellfire dibandingkan dengan Alphard 3.5 Q, Vellfire kalah dalam hal kemewahan.

Alphard 3.5 Q memiliki jok baris kedua dengan desain captain seat lengkap dengan fitur pemanas dan pendingin. Selain itu, Alphard 3.5 Q juga dilengkapi dengan panel pengontrol fitur infotainment.

Selain fitur-fitur yang disebutkan, Toyota Alphard 3.5 Q juga memiliki fitur keselamatan rear cross traffic alert yang membantu pengemudi dalam mendeteksi kendaraan di sekitarnya saat melakukan manuver mundur.

Baca juga: Inilah MG Maxus 9, Mobil Listrik yang Jadi Pesaing Langsung Toyota Alphard

Dasbor Toyota Alphard.

Dasbor Toyota Alphard. (Sumber: Toyota Depok)

Mesin

Toyota memberikan lebih banyak pilihan mesin dan varian untuk konsumen Toyota Alphard daripada Toyota Vellfire. Konsumen Toyota Alphard dapat memilih antara mesin 2.5 liter atau 3.5 liter, serta varian 2.5 G, 2.5 X, atau 3.5 Q.

Mesin 2.5 liter itu adalah mesin in-line, 4-silinder, 16-katup, DOHC, Dual VVT-i dengan kapasitas 2.494 cc. Mesin itu dikombinasikan dengan transmisi CVT (Continuous Variable Transmission) dan sehingga menghasilkan daya maksimal sebesar 180 PS dan torsi maksimal 234 Nm.

Sedangkan mesin 3.5 liter pada varian Alphard tertinggi memiliki kapasitas 3.456 cc, 6-silinder, 24-katup, DOHC, dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin terbesar Alphard ini dapat menghasilkan daya sebesar 300 PS dan torsi maksimal sebesar 360 Nm.

Di sisi lain, konsumen Toyota Vellfire hanya mendapat satu varian, yaitu 2.5 G AT, yang menggunakan mesin 2.5 liter. Mesin ini juga digunakan pada varian Alphard 2.5 G dan 2.5 X.

Harga

Terakhir membahas perbedaan harga, Toyota membanderol Vellfire mulai dari Rp1.399.800.000. Sedangkan Alphard memiliki tiga macam harga tergantung varia, yaitu Rp1.229.400.000, Rp1.385.000.000 dan Rp1.661.700.000.

Baca juga: Spesifikasi GAC Trumpchi M8 2023, MPV Premium China Yang Mirip Lexus LM

 

Sumber: Toyota Astra

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 16 April, 2024 Autos.id – Ajang IIMS 2024 resmi ditutup pada 25 Februari lalu. Pameran itu berhasil menampilkan 187 exhibitor dengan...

Mobil

Last updated on 27 Maret, 2024 Autos.id – Perkembangan mobil ramah lingkungan tengah menjadi trend pada saat ini di pasaran otomotifnya. Dalam hal ini,...

Berita Otomotif

Toyota Transmover menjadi mobil yang ‘paling dekat’ dengan Toyota Avanza, dimana juga dipilih untuk jadi armada taksi. Autos.id – Toyota Transmover, pada dasarnya, merupakan...

Reviews

Timor adalah salah satu merk mobil yang hadir di Indonesia pada tahun 90an, dan produksinya dihentikan pada awal 2000an. Autos.id – Dalam dunia bisnis,...

error: Content is protected !!