Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

All New Avanza dan All New Xenia, Apa Bedanya?

All New Avanza dan All New Xenia.
All New Avanza dan All New Xenia. (Sumber: Zigwheels)

Last updated on 22 Mei, 2023

Meskipun menggunakan platform yang sama, ada penjelasan lengkap tentang perbedaan antara Avanza dan Xenia generasi terbaru.

Autos.id – Pada generasi terbaru, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia menawarkan perbedaan yang cukup signifikan, terutama dalam hal desain, fitur, dan spesifikasi. Berikut ini adalah perbandingan antara Xenia dan Avanza 2021 dari segi tersebut:

All New Avanza.

All New Avanza. (Sumber: Toyota Astra)

Dimensi

Hanya ada satu perbedaan yang mencolok antara All New Avanza dan All New Xenia versi mesin 1.3L, yaitu tingginya. Xenia memiliki tinggi sedikit lebih tinggi dibandingkan Avanza, dengan 1.690 mm dibandingkan 1.665 mm.

All New Xenia.

All New Xenia. (Sumber: Daihatsu)

Berikut adalah dimensi dari All New Xenia dan All New Avanza:

All New Xenia:

  • Panjang: 4.395 mm
  • Lebar: 1.730 mm
  • Tinggi: 1.690 – 1.700 mm
  • Ground Clearance: 195 – 205 mm
  • Jarak Poros Roda: 2.750 mm

All New Avanza:

  • Panjang: 4.395 mm
  • Lebar: 1.730 mm
  • Tinggi: 1.665 – 1.700 mm
  • Ground Clearance: 195 – 205 mm
  • Jarak Poros Roda: 2.750 mm

Perbedaan tinggi ini memiliki kepentingan tertentu, terutama karena Xenia dilengkapi dengan double blower di bagian atas interior. Fitur ini memberikan kesan ruang kabin yang lebih luas dan tampilan yang modern.

Baca juga: Berapa Sih Konsumsi BBM Toyota Avanza? Paling Irit?

Eksterior

Secara keseluruhan, Avanza dan Xenia mendapatkan perubahan yang signifikan pada tampilan eksterior, dengan kesan yang lebih maskulin dan berotot. Perubahan ini membawa kesegaran dibandingkan dengan desain sederhana pada generasi sebelumnya. Grille yang lebih besar dan lampu depan yang lebih tipis memberikan tampilan yang lebih ramping dan elegan.

Perbedaan terlihat pada bagian depan, di mana All New Xenia menampilkan kesan sporty dengan aksen berwarna merah pada fascia depan. Sedangkan Avanza memiliki sedikit perubahan pada rumah foglamp yang memiliki desain vertikal, sementara Xenia memiliki desain yang lebih mirip bumerang.

Meskipun keduanya menggunakan velg berukuran 16 inci, desain velg Avanza dan Xenia sedikit berbeda. Avanza masih mempertahankan velg standar, sementara Xenia menggunakan velg polished A/W yang memberikan kesan yang lebih maskulin.

Kedua mobil ini juga mengadopsi platform sasis baru, yaitu Daihatsu New Global Architecture (DNGA) dan Toyota New Global Architecture (TNGA). Hal ini membuat sasis menjadi lebih kokoh dan meningkatkan kenyamanan saat mengemudi. Selain itu, dimensi mobil juga diperbesar, sehingga memberikan ruang kabin yang lebih luas dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Interior All New Avanza dan All New Xenia.

Interior All New Avanza dan All New Xenia. (Sumber: Cintamobil)

Interior

Terdapat peningkatan tidak hanya pada eksterior kedua mobil ini, tetapi juga pada bagian dalamnya. Pembaruan desain dashboard memberikan kesan mewah dan meningkatkan tampilan premium dari mobil andalan Toyota dan Daihatsu ini. Namun, terdapat juga perbedaan antara keduanya.

Pertama, pada bagian dashboard, desain dalam Xenia terlihat lebih sporty dengan adanya aksen warna merah yang terlihat di seluruh dashboard. Di sisi lain, terdapat beberapa fitur yang dipotong pada Xenia. Misalnya, seatbelt reminder yang ada pada All New Avanza 2022 digantikan dengan card holder yang lebih praktis pada Xenia terbaru.

Untuk meningkatkan kenyamanan saat mengemudi, setir Xenia hanya dilengkapi dengan pengaturan tilt steering, sementara Avanza memiliki pengaturan tilt & telescopic pada setirnya. Beberapa tipe Xenia 2022 juga mendapatkan tombol Start/Stop Button dengan warna merah.

Dapat dilihat bahwa Daihatsu fokus pada penyediaan fitur-fitur yang praktis, sementara Avanza menawarkan fitur-fitur yang lebih lengkap. All New Xenia memiliki berbagai ruang penyimpanan di bagian dalamnya, termasuk saku smartphone, holder cangkir di dashboard, dan card holder. Di sisi lain, Avanza menyediakan USB Port dan Power Slot baru untuk semua tipe mobilnya.

Baca juga: Selama 18 Tahun Daihatsu Xenia Sudah Terjual 700 Ribu Unit Lebih

Sistem keamanan All New Avanza.

Sistem keamanan All New Avanza. (Sumber: Toyota Astra)

Fitur

Avanza dan Xenia kini dilengkapi dengan head unit berukuran 9 inci yang lebih besar untuk fitur infotainment, meningkat dibandingkan dengan versi sebelumnya. Namun, terdapat perbedaan pada konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay yang belum tersedia pada Avanza. Bahkan Xenia tipe tertinggi sudah dilengkapi dengan kamera 360 derajat seperti yang terdapat pada Toyota Veloz 2022.

Dalam hal keselamatan, baik Toyota maupun Daihatsu telah memasukkan fitur keselamatan yang canggih untuk kedua mobil ini. Toyota menggunakan Toyota Safety Sense (TSS), sementara Daihatsu menyematkan fitur bernama Advanced Safety Assist (ASA). Namun, hanya Avanza yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur seperti Blind Spot Monitoring Assist dan Rear Crossing Traffic Alert.

Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ternyata Inilah Perbedaan Antara Toyota Avanza dan Veloz terbaru

Mesin All New Avanza.

Mesin All New Avanza. (Sumber: Carmudi)

Mesin

Perihal mesin, terdapat lebih banyak kesamaan dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Daihatsu tidak lagi memasarkan Xenia dengan mesin 1.000 cc, dan menggantinya dengan dua pilihan mesin yang sama dengan Toyota Avanza 2022, yaitu mesin berkapasitas 1.3 liter dan 1.5 liter.

Mesin 1.3 liter mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 93 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 121 Nm pada 4.200 rpm. Sementara mesin 1.5 liter menghasilkan tenaga keluaran 103 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 138 Nm pada 4.200 rpm yang lebih besar. Keduanya dilengkapi dengan transmisi manual 5-percepatan dan CVT otomatis.

Transmisi otomatis sebelumnya yang menggunakan 4 percepatan telah diganti dengan transmisi CVT otomatis. Perubahan ini meningkatkan pengalaman berkendara yang lebih halus. Dengan penggerak roda depan (FWD), efisiensi juga meningkat secara signifikan. Tes internal Daihatsu menunjukkan bahwa Xenia mencapai konsumsi bahan bakar sekitar 18 km/liter.

Mesin All New Xenia.

Mesin All New Xenia. (Sumber: Daihatsu)

Harga

Berikut adalah daftar harga untuk All New Avanza:

  • 1.3 E M/T: Rp233.100.000
  • 1.3 E CVT: Rp247.800.000
  • 1.5 G M/T: Rp257.800.000
  • 1.5 G CVT: Rp272.500.000
  • 1.5 G CVT TSS (Spot Order*): Rp298.500.000

Dan berikut adalah daftar harga untuk All New Xenia:

  • All New Xenia 1.5 R CVT SC: Rp 267.450.000
  • All New Xenia 1.5 R CVT SC ADS: Rp 276.550.000
  • All New Xenia 1.5 R CVT ASA: Rp 275.850.000
  • All New Xenia 1.5 R CVT ASA SC*: Rp 277.350.000

Baca juga: Daftar Harga Lengkap Toyota Terbaru Bulan Mei 2023

 

Sumber: Toyota Astra & Daihatsu Indonesia

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 19 April, 2024 Autos.id – Tidak hanya mobil bertenaga listrik, mobil bertenaga BBM pun masih terus menunjukkan eksistensinya. Berbagai merek terus...

Mobil

Last updated on 27 Maret, 2024 Autos.id – Perkembangan mobil ramah lingkungan tengah menjadi trend pada saat ini di pasaran otomotifnya. Dalam hal ini,...

Daftar Harga Mobil

Daihatsu Gran Max jadi salah satu jenis mobil yang terlibat ‘skandal’ keselamatan di Jepang. Autos.id – Skandal yang melibatkan Daihatsu, yang telah berlangsung sejak...

Daftar Harga Mobil

Pihak Jepang melarang penjualan sejumlah mobil Daihatsu, termasuk Gran Max. Autos.id – Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata (MLIT) Jepang telah mencabut persetujuan tipe...

error: Content is protected !!