Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

SUV Berkarakter Sporty, All New KIA Seltos jadi Pesaing Kuat Honda HR-V

Last updated on 22 Januari, 2020

All New Kia Seltos hadir untuk memperketat persaingan pasar SUV.

Jakarta, Autos.id  –  Setelah sempat beberapa tahun vakum dari pasar otomotif Indonesia, PT Kreta Indo Artha (KIA) yang kini sebagai pemegang merek KIA secara resmi meluncurkan All New Kia Seltos di Jakarta baru-baru ini. Kehadiran lineup baru dalam segmen SUV dari Kia ini sekaligus membuktikan eksistensi merek Kia di industri otomotif Indonesia.

Andrew Nasuri, Presiden Direktur PT Kreta Indo Artha dalam sambutannya mengatakan, All-New Kia Seltos merupakan model penting bagi Kia karena Seltos memiliki peran penting dalam perluasan jejak global Kia.

“Kia kini telah mengadaptasi kekuatan dalam desain, kualitas dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di pasar Indonesia,” imbuhnya di sela-sela acara peluncuran.

Saat pertama kali debut globalnya di New Delhi, India, All-New Kia Seltos memperlihatkan terobosan baru dalam segmennya dan membawa value for money yang dibalut guratan desain atraktif, serta tertanam banyak teknologi mutakhir di dalamnya. Kepraktisan tetap tinggi untuk membawa lima orang penumpang dengan nyaman, ditambah fitur keselamatan yang lengkap.

Daya jelajah merupakan poin terpenting bagi sebuah SUV. Begitu pula Seltos yang mewarisi darah SUV Kia, mempunyai kapabilitas untuk diajak ke beragam medan melalui ground clearance tinggi dan disokong daya besar mesin 1,4-liter Turbo serta kedinamisan transmisi DCT. Kia Seltos siap dibawa untuk berkegiatan apa saja.

Rancangan wajah All-New Kia Seltos memperlihatkan ciri khas Kia dengan menegaskan grille ‘Tiger Nose’ sebagai identitas utama. Kali ini menampilkan pola baru. Harmonisasinya lebih menyatu, antara grille besar dengan headlamp berteknologi LED plus fitur Auto Light.

Bumper depan pun dirancang agresif penuh perhitungan. Utamanya agar tercipta sudut approach lebih tajam yang mendukung berkendara off-road. Kesan futuristik tergambar dari lampu kabut LED berbentuk “Ice Cube”. Skid plate depan dan belakang memperkuat unsur sporty.

Desain dashboard asimetris dirancang fokus ke arah pengemudi. Sentuhan high-tech tampak nyata lewat monitor infotainment dan panel instrumen. Meter cluster Supervision berupa monitor ukuran 7 inci, berisi ragam informasi penting seputar kendaraan.

Pusat sarana hiburan dan komunikasi terpampang jelas di bagian tengah. Monitor LCD sebesar 8 inci berisikan banyak fungsi untuk mempermudah aktivitas mengemudi. Selain Bluetooth voice recognition, head unit All-New Kia Seltos sudah dilengkapi Apple Car Play dan Android Auto. Layar monitor pun mampu menampilkan visual kamera belakang yang mempermudah proses parkir.

Untuk pasar Indonesia, All-New Kia Seltos mengusung mesin Kappa 4-silinder 1,4-liter (1.353 cc) turbocharger. Tenaga dihasilkan sebesar 140 PS di putaran mesin 6.000 rpm, dengan torsi maksimum 242 Nm di rentang 1.500-3.200 rpm. Seluruh daya tersalur menuju roda depan (FWD) melalui transmisi otomatis kopling ganda (DCT) 7-speed.

Menunjang kedinamisan berkendara, All-New Kia Seltos dilengkapi sistem Drive Mode Select. Terdapat pilihan mode mengemudi seperti: Normal, Eco, Sport, Mud dan Snow & Sand. Mode Eco memaksimalkan daya jelajah dengan menghemat penggunaan bahan bakar.

Sementara mode Sport meningkatkan respons mesin, transmisi dan kemudi untuk rasa berkendara sporty. Sedangkan mode Normal, merupakan keseimbangan terbaik kedua mode itu. Ada pula mode Mud, Snow & Sand yang akan mengubah karakter sesuai kondisi jalan dilalui. Selain itu, cruise control juga tersedia untuk varian tertinggi (EXP).

Struktur bodi All-New Kia Seltos terbuat dari campuran besi dan aluminium yang rigid namun tetap ringan. Komponen Advanced High-Strength Steel mampu mereduksi getaran yang ditimbulkan dari jalan, sekaligus menyerap energi tumbukan.

Enam titik airbag siap menjaga semua penumpang di dalam bila terjadi benturan. Terdiri dari airbag pengemudi, penumpang depan, samping dan airbag tirai.

Sistem Vehicle Stability Management Kia memastikan laju mobil selalu aman. Termasuk di dalamnya Electronic Stability Control dan Hill Start Assist, yang merupakan standar di semua varian. Fitur lain yang tak kalah penting juga tersemat, seperti Anti-lock Braking System, Brake-force Assist, Traction Control System dan empat titik sensor parkir

Hadir dengan 3 varian, E, EX dan EX+, All-New Kia Seltos ditawarkan dengan harga Rp 295 juta untuk varian E, Rp 320 juta untuk varian EX dan Rp 355 juta untuk varian tertinggi EX+ (on the road Jakarta) dan hadir dalam enam pilihan warna menarik ditawarkan: Glacier White Pearl, Aurora Black Pearl, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver dan Punchy Orange.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Daftar harga mobil Kia Indonesia terbaru di bulan Februari 2023 ini merupakan harga price list resmi dari ATPM PT Kreta Indo Artha dan sudah...

Mobil

Daftar harga mobil Kia terbaru ini belum termasuk diskon yang biasanya Anda dapatkan dari dealer dan termasuk harga On The Road Jakarta. Autos.id –...

Daftar Harga Mobil

Daftar harga mobil terbaru dari Kia ini merupakan harga On The Road Jakarta dan belum termasuk diskon yang biasanya diberikan oleh Dealer. Autos.id -Kurang...

Mobil

Beberapa produk lainnya seperti Kia EV6, Niro EV, Sportage, dan Sorento belum dijual secara resmi tetapi siap dijual mulai awal tahun depan. Autos.id –...