Connect with us

Hi, what are you looking for?

KIA

Sebelum Membeli, Cek Dulu Kekurangan Kia Rio 2014

Kia Rio 2014.
Kia Rio 2014. (Sumber: Autofun)

Kia Rio menjadi salah satu mobil hatchback yang beredar di Indonesia, lalu apa saja kekurangan pada mobil tersebut?

Autos.id – Sejak diperkenalkan pada akhir tahun 2011, Kia Rio telah menjadi salah satu pilihan mobil di segmen hatchback di Indonesia. Mobil ini mulai dijual pada awal tahun 2012 dan menjadi pesaing langsung bagi Toyota Yaris, Suzuki Swift, Hyundai Avega, dan Honda Jazz.

Kia Rio, yang berasal dari Korea Selatan, adalah generasi ketiga dari keluarga Rio yang telah hadir di pasaran sejak tahun 1999. Saat diperkenalkan secara internasional, mobil ini berhasil meraih kesuksesan yang cukup besar. Berbagai penghargaan internasional berhasil diraihnya, baik di Eropa maupun di Amerika Serikat.

Tampilan Kia Rio 2014.

Tampilan Kia Rio 2014. (Sumber: Autofun)

Di Indonesia, mobil ini juga berhasil meraih kesuksesan saat pertama kali diluncurkan. Namun, popularitas KIA di tanah air mulai meredup seiring berjalannya waktu.

Meskipun tidak dapat dikatakan sebagai primadona utama di kelas hatchback, banyak orang yang tertarik dengan mobil ini karena handling-nya yang mengesankan dan ruang kabin yang kedap dan luas. Generasi keempat dari Kia Rio hadir pada tahun 2017 dan mengakhiri masa keberhasilan mobil ini.

Sementara itu, Kia Rio 2014 memiliki banyak pembaruan dan unggul dari segi tampilan serta fitur, ada juga beberapa kekurangannya.

Tampilan belakang Kia Rio 2014.

Tampilan belakang Kia Rio 2014. (Sumber: Autofun)

Kekurangan Kia Rio 2014

Terdapat beberapa kekurangan pada Kia Rio 2014. Salah satunya adalah penggunaan jenis transmisi otomatis konvensional.

Transmisi otomatis konvensional merupakan jenis transmisi otomatis yang umum digunakan. Namun, pada keluaran terbaru, Kia Rio sudah menggunakan jenis transmisi otomatis CVT atau semi-otomatis yang juga dikenal dengan sebutan transmisi triptonic. Fitur transmisi ini akan memberikan kemudahan bagi para pengguna.

Selain itu, kekurangan lainnya pada Kia Rio adalah pada tekstur ban yang terasa terlalu keras. Hal ini dapat menyebabkan suara yang berisik dan sensasi yang kasar saat dikendarai. Namun, kekurangan ini masih dapat diatasi dengan mudah dengan mengganti ban yang asli.

Baca juga: BMW E46, Harga Bekas, Keunggulan, dan Penyakitnya

Dasbor Kia Rio 2014.

Dasbor Kia Rio 2014. (Sumber: Autofun)

Kualitas material interior juga kurang memuaskan, dan interior mudah kotor. Selain itu, tipe terendah dari Kia Rio 2014 memiliki fitur yang minim. Terdapat juga bunyi-bunyian di area dasbor yang mengganggu.

Kekurangan utama Kia Rio 2014 yang paling mencolok adalah penurunan harga jual kembali yang signifikan. Alasan dari penurunan ini tidak jelas. Namun, hal tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi calon konsumen yang berencana membeli Kia Rio 2014.

Baca juga: Mau Beli Hyundai Creta? Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Autos.id – Tidah hanya pabrikan Hyundai, pabrikan otomotif asal Korea Selatan lainnya yaitu KIA juga turut menghadirkan varian model terbarunya di tahun 2024 ini....

Daftar Harga Mobil

Last updated on 24 Januari, 2024 Mobil SUV masih menjadi primadona untuk masyarakat Indonesia, entah mobil baru atau bekasnya. Autos.id – SUV adalah singkatan...

KIA

  Autos.id – Pada acara EV Day tahunan perusahaan, Kia telah mengungkapkan lebih banyak rincian mengenai model EV5 yang akan datang. Salah satu kabar...

Berita Otomotif

EV9 jadi mobil listrik kedua yang diproduksi Kia, bagaimana dengan spesifikasinya? Autos.id – Kia memperkenalkan EV9 secara resmi beberapa waktu lalu, sebuah SUV yang...

error: Content is protected !!